BerandaNewsAndroid 12 Membawa Sejumlah Fitur Baru, Salah Satunya Privasi

Android 12 Membawa Sejumlah Fitur Baru, Salah Satunya Privasi

-

Jakarta, Selular.ID – Selama konferensi pengembang Google I/O 2021 beberapa waktu lalu Google mengenalkan Android 12, dengan sistem operasi baru yang akan datang pada akhir tahun ini. Sistem operasi seluler tersebut digadang-gadang memperkenalkan banyak fitur baru yang akan membuat pengguna menjadi nyaman. Seperti diketahui, Google merilis Android 12 Beta publik pertamanya pada bulan Mei, menyusul versi Beta 2.

Terbaru, Google telah merilis versi beta terakhir untuk Android 12 minggu lalu. Android 12 versi final diprediksi akan terjadi dalam beberapa minggu lagi. Lebih jelasnya Google dikabarkan akan merilis Android 12 pada awal bulan Oktober, 2021.

Di dokumen internal tertulis, Android 12 akan dirilis pada 4 Oktober. Dokumen ini digunakan oleh Google untuk memberi tahu mitra produsen peralatan atau Original Equipment Manufacturer (OEM). Di dalam dokumen itu tertulis 4 Oktober yang disebut oleh Google sebagai Android Open Source Project (AOSP) rilis Android 12.

Sistem operasi atau operating system (OS) versi baru ini kabarnya memuat sejumlah fitur anyar Google juga mencatat bahwa Android 12 menyertakan beberapa perubahan baru pada privasi dan keamanan, terutama dengan dasbor privasi baru. Dasbor ini menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin anda bersama dengan informasi lain seperti akses mudah untuk menonaktifkan izin aplikasi dan melihat data apa yang sedang diakses.

Android 12 juga akan memperluas leverage ekosistem Android dengan memungkinkan ponsel Android dan perangkat lain yang terhubung untuk memberikan lebih banyak kenyamanan dalam keseharian pengguna dan koneksi WiFi.

Baca juga :  Melanggar Aturan, Rusia Denda Google hingga Rp3,3 Triliun

Perusahaan mengonfirmasi bahwa desain Android 12 akan menjadi perombakan visual terbesar dalam beberapa tahun. Android 12 menambahkan banyak fitur baru yang menarik lainnya, seperti animasi dan widget baru. Namun, fitur yang akan menarik perhatian pengguna untuk Android 12 adalah kemampuannya untuk mengubah warna UI, seperti widget dan layar kunci, setiap kali pengguna mengganti wallpaper ponsel mereka.

Baca juga :  Asus Berencana Lakukan Pembaruan Android 12 Untuk Beberapa Smartphonenya

Baca Juga:Android 12 Jadi Versi Beta Paling Banyak Diunduh

Menurut laporan Engadget, ponsel yang pertama kali akan menggunakan Android 12 sudah barang tentu ponsel milik Google, yakni Google Pixel. Dengan perilisan Android 12, maka hal tersebut juga bisa menjadi penanda jika Pixel 6 buatan Google yang disebut menggunakan sistem operasi Android 12, juga akan segera dirilis.

Sementara itu, untuk produsen ponsel pintar lainnya harus menunggu beberapa bulan sebelum sepenuhnya merilis Android 12. Hal tersebut mengingat perlu adanya adaptasi aplikasi dan sistem terlebih dahulu.

Artikel Terbaru