spot_img
BerandaNewsMarket UpdateiPhone 13 Jadi Senjata Apple Perkuat Dominasi di Pasar Smartphone 5G

iPhone 13 Jadi Senjata Apple Perkuat Dominasi di Pasar Smartphone 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Kinerja Apple tahun ini terbilang turun naik. Laporan lembaga riset Canalys, mengungkapkan bahwa sepanjang kuartal pertama 2021, telah terjadi perubahan pada posisi top five. Xiaomi yang pada periode sebelumnya berada di posisi ketiga, kini mampu menjegal Apple.

Vendor yang bermarkas di Beijing itu, telah menggamit 17% pangsa pasar global, tepat di belakang Samsung (19%), namun di depan Apple (14%). Dua vendor China lainnya, Oppo dan Vivo melengkapi daftar lima vendor teratas. Dua vendor yang bernaung di bawah BBK Group itu, masing-masing menggenggam 10% pangsa pasar.

Meski harus lengser ke posisi ketiga, namun Apple sejauh ini masih menjadi penguasa pasar smartphone 5G. Apple mengirimkan sekitar 40,4 juta perangkat iPhone 12 selama kuartal pertama 2021, menurut data baru yang dibagikan oleh Strategy Analytics. Angka tersebut menunjukkan Apple telah mempertahankan cengkeramannya di pasar smartphone 5G global, meskipun menunjukkan penurunan 23% dibandingkan dengan kuartal keempat 2020, ketika Apple mampu mengirimkan 52,2 juta unit.

Apple menikmati penjualan yang booming di pasar smartphone 5G dalam tiga bulan setelah peluncuran iPhone 12, model pertama yang dilengkapi 5G. Namun sejak itu para pesaingnya telah meningkatkan skala bisnis mereka di pasar smartphone 5G dengan merilis model-model terbaru.

Vendor Cina Oppo menempati posisi kedua pada kuartal yang sama, mengirimkan 21,5 juta unit untuk pangsa pasar 15,8%, naik 55% dari kuartal keempat tahun lalu. Vendor China lainnya Vivo, berhasil mengirimkan 19,4 juta unit, naik 62% pada kuartal terakhir.

Baca juga :  Apple Menggila, Raih 75% Laba Pasar Handset Global Sepanjang Q2 2021

Samsung menempati posisi keempat dengan 17 juta handset 5G yang dikirimkan, menghasilkan hanya 12,5% dari pasar tetapi pertumbuhan 79% yang cukup besar pada Q4 2020. Xiaomi mengirimkan 16,6 juta unit selama kuartal tersebut, mengambil 12,2% dari pasar, naik 41% kuartal- lebih dari seperempat.

Dengan kompetisi yang semakin ketat, tentu tidak mudah bagi Apple dalam mempertahankan posisi puncak di pasar smartphone 5G. Meski demikian, tak ada yang memungkiri bahwa kehadiran iPhone 13 yang baru saja diluncurkan, menjadi senjata baru bagi Apple untuk tetap berada di posisi itu.

Baca juga :  Belum Edar di Indonesia, Produksi iPhone 13 Ternyata Tersendat Pasokan Chip

Tahun lalu, iPhone 12 Apple menyumbang 24% dari semua pengiriman smartphone 5G secara global, meskipun peluncurannya terlambat pada bulan Oktober. Tahun ini, dengan peluncuran iPhone 13 dan keinginan kuat untuk iOS, Counterpoint memprediksi Apple dapat mengambil hingga 33% dari semua pengiriman smartphone 5G global pada akhir 2021.

spot_img

Artikel Terbaru