spot_img
BerandaNewsRumourApple Kembangkan Fitur Mendeteksi Depresi dan Kecemasan di iPhone Masa Depan

Apple Kembangkan Fitur Mendeteksi Depresi dan Kecemasan di iPhone Masa Depan

-

Jakarta, Selular.ID – Apple Inc. dilaporkan sedang mengembangkan perangkat lunak baru dalam teknologi gadget yang mampu mendeteksi stres, kecemasan, dan autisme.

Seperti dilansir dari New York Post, fitur penurunan kognitif yang dilaporkan akan menggunakan data pribadi yang dikumpulkan oleh sensor pada perangkat Apple seperti iPhone dan Apple Watch. Ini mencakup informasi yang berkaitan dengan pola tidur pengguna, aktivitas fisik, perilaku mengetik, dan banyak lagi.

Disebutkan Apple sedang mengembangkan software tersebut bersama para peneliti dari University of California, Los Angeles. Deteksi depresi dan penurunan kognitif ini akan menggunakan data pribadi ekstensif yang dikumpulkan oleh sensor pada perangkat Apple seperti iPhone dan Apple Watch. Data-data yang dikumpulkan tersebut termasuk informasi pola tidur pengguna, aktivitas fisik, perilaku megnetik, dan lain-lain.

Sebanyak 3.000 sukarelawan pengguna Apple Watch dan iPhone dipelajari data-datanya. Studi tersebut dikabarkan mulai pada 2021 ini. Fase pilot sudah dimulai 2020 melibatkan data dari 150 peserta. Apple juga bermitra dengan perusahaan farmasi Biogen Inc. yang melakukan penelitian tentang penurunan kognitif pada penyakit Alzheimer.

Kolaborasi ketiga yang dilaporkan dalam pengembangan perangkat lunak adalah dengan Duke University yang menggunakan kamera iPhone untuk mengamati perilaku fisik anak-anak dan membantu mendeteksi autisme.

Proyek tersebut kabarnya masih dalam tahap penelitian awal dan belum ada konfirmasi apakah produk tersebut nantinya akan diperkenalkan ke publik atau tidak. Hingga saat ini, Apple belum mengeluarkan pernyataan atau komentar apa pun atas laporan terkait hal itu.

iPhone masa depan bakal dilengkapi pengukuran suhu
Apple juga sebelumnya dikabarkan sedang menyiapkan inovasi baru untuk iPhone masa depan. Informasi sebelumya menyebutkan dalam daftar Kantor Paten dan Merek Dagang AS atau United States Patent and Trademark Office (USPTO) terdapat paten berjudul ‘Camera Attachment and Image Data Processing for Temperature Measurement, kamera tempelan dan pemrosesan data citra untuk pengukuran suhu.

Baca juga :  Samsung Diprediksi Bakal Kantongi Laba Kuartal Terbaiknya di Tahun Ini

Meskipun Apple belum mengumumkan secara resmi terkait untuk apa paten itu, tapi dari penjelasan serta gambar yang ada di paten USPTO sudah cukup menjelaskan bahwa paten kamera temperatur ini ditujukkan untuk smartphone iPhone masa depan.

Baca juga :  Oppo Ajak Gen Z Ungkapkan Emosi dalam #ForgottenEmotion Challenge

Dalam paten tersebut, dijelaskan Apple menggunakan kamera yang bisa menaksir suhu tubuh berdasarkan citra yang dilihat. Kamera tersebut merupakan perangkat terpisah, begitu di tempelkan ke iPhone, ponsel akan menjadi alat pengukur suhu. Kamera tambahan ini akan bersifat pasif, atau tidak membutuhkan daya.

Artinya, kamera pengukur suhu ini akan dilengkapi dengan kerangka agar bisa dipasangkan dengan kamera iPhone dan teknologi pengukuran suhu temperature reactive material (TRM).

Cara kerja dari kamera ini adalah mendeteksi temperatur dari suatu objek ketika kamera ini diarahkan ke objek tersebut dan akan muncul dalam bentuk angka. Selain angka temperatur, kamera ini juga akan mendeskripsikan temperatur suatu objek lewat sebuah warna.

Baca Juga:Chip Bionic A15 di iPad Mini 2021 Kurang Bertenaga Dibandingkan iPhone 13

Ketika warnanya semakin merah, hal tersebut mendakan bahwa objek memiliki temperatur yang tinggi. lebih lanjut, kamera ini nantinya tidak akan tersemat pada smartphone iPhone masa depan. Hal tersebut lantaran teknologi yang ada di kamera tersebut sangat sulit dan hampir mustahil untuk disematkan pada smartphone manapun.

Maka dari itu, dalam paten ini dapat dilihat bahwa Apple merencakan kamera ini sebagai produk terpisah iPhone masa depan. Sampai sekarang, masih belum ada informasi resmi terkait waktu rilis kamera temperatur perangkat iPhone masa depan ini.

 

 

spot_img

Artikel Terbaru