BerandaNewsTelcoIndihome Gangguan, Telkom: Ada Masalah pada Sistem Komunikasi Kabel Laut JaSuKa

Indihome Gangguan, Telkom: Ada Masalah pada Sistem Komunikasi Kabel Laut JaSuKa

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak Minggu (19/9) layanan internet Telkom Group, baik fixed (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) mengalami gangguan. Keluh kesah pengguna terpantau ramai dituangkan di media sosial, bahkan hingga pagi ini banyak warganet yang mengaku terhambat kegiatanya karena persoalan tersebut.

Dalam keteranganya, Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication Telkom menyebut, pihaknya menemukan adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak.

Dan sekarang pihaknya telah menemukan titik yang menjadi sumber dari gangguan tersebut.

“Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut,” ujar Pujo dalam pernyataan resmi, Senin (20/9).

Lalu karena titik permasalahan sudah terindentifikasi, Pujo menyebut pihaknya akan segera mempersiapkan upaya perbaikan infrastruktur sesegera mungkin, sehingga layanan kembali berangsur pulih seperti sedia kala.

Untuk saat ini, jalur internet dialihkan sementara (rerouting), dan dilakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa, dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

Warganet masih mengeluh

       Meski sudah dalam proses perbaikan, dan telah rerouting. Layanan internet miliki Indihome tampaknya masih belum berjalan maksimal. Dalam pantauan tim selular, sejumlah warganet masih sibuk berkicau mengeluhkan layanan perusahaan telekomunikasi berplat merah tersebut.

Bahkan gangguan yang dialami Indihome sampai meringsek masuk ke tranding Twitter.  Yang di mana warganet banyak mempertanyakan persoalan tersebut, dan tidak sedikit juga yang turut mengkritik atau juga panik karena alami gangguan saat kesibukan pada Senin pagi melanda.

Baca juga :  Tren Merger Operator Seluler, Mastel: Pemerintah Perlu Bersiap Hadapi Era Industri yang Terkonsolidasi

Seperti misalyna akun Twitter @heycrecendo yang mengaku ada kelas pagi, namun terhimpit gangguan layanan Indihome.

Atau ada juga @muhinung, juga sama kesibukan pagi harinya juga terhambat lantasan sinyal internet dari Indhihome bermasalah.

Baca juga :  Kue Besar 5G Ada di Sektor Industri, Telkomsel: Positioning Power dan Benefit yang Dimiliki Lebih Besar

Namun tampaknya, layanan internet tidak alami gangguan secara merata, sejumlah warganet berujar tidak alami gangguan tersebut, dan masih bisa beraktivitas secara normal dan lancar.

Tim redaksi Selular yang tinggal di daerah Bekasi Timur pun, merasa layanan Indihome tidak alami gangguan yang begitu signifikan, karena masih dapat melalukan berbagai aktivitas, seperti gaming, streaming video, membuka sosial media dan lain sebaginya.

Artikel Terbaru