BerandaNewsSecurityGawat! Hacker Cina Diduga Susupi 10 Kementerian dan Lembaga Negara di Indonesia

Gawat! Hacker Cina Diduga Susupi 10 Kementerian dan Lembaga Negara di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Sekumpulan hacker asal Cina lagi-lagi berulah. Sekarang, laporan terbaru yang dilansir dari TheRecord Media mengungkap bahwa peretas Cina tersebut dikatakan telah berhasill menyusupi sepuluh Kementerian dan Lembaga Pemerintah Indonesia, termasuk yang menjadi sasaran empuknya adalah akses data milik Badan Intelijen Negara (BIN) Indonesia.

Penyusupan yang ditemukan oleh Insikt Group divisi penelitian ancaman Recorded Future itu, diduga kuat ada kaitannya dengan Mustang Panda, yang dimana itu merupaka kelompok peretas asal Cina yang memang memiliki kebiasaan sebagai penyadap di jagat maya. Lalu, target operasinya sendiri pun berada di Wilayah Asia Tenggara.

Menurut peneliti Insikt, mereka pertama kali menemukan aksi pembobolan yang dilakukan oleh group peretas dari Mustang Panda pada bulan April 2021 kemarin. Penemuan tersebut disadari para peneliti Insikt pada saat mereka mendeteksi server command and control (C&C) malware PlugX, yang dioperasikan oleh grup Mustang Panda, berkomunikasi dengan host di dalam jaringan pemerintah Indonesia. Lebih lanjut, komunikasi tersebut kemudian kembali ditelusuri lebih dalam, dan rupanya aksi tersebut sudah berlangsung sejak Maret 2021.

Berbicara soal malware PlugX, itu dikenal sebagai aplikasi backdoor yang dapat mengambil alih sepenuhnya komputer yang disusupinya. Ketika komputer atau server terinfeksi PlugX, pengirim malware dapat mengendalikan dan megirim sejumlah perintah dari jarak jauh.

Peneliti Insikt Group memberi tahu pihak berwenang Indonesia tentang penyusupan tersebut pada bulan Juni tahun ini dan kemudian lagi pada bulan Juli. Pejabat tidak memberikan umpan balik untuk laporan tersebut.

Baca juga :  Pengamat: Pengawasan Jangan Hanya Pinjol Ilegal Tapi Juga yang Legal  

Selain Badan Intelijen Negara (BIN) yang menjadi salah satu target peretasan, sayangnya masih belum diketahui kementerian dan badan Lembaga Indonesia apa yang menjadi sasaran penyusupan sekelompok Hacker asal Cina tersebut. Lalu, masih belum terungkap juga apa motif dibalik penyadapan yang dilakukan oleh Mustang Panda terhadap pemerintahan Indonesia ini.

Terkait aksi pembobolan Mustang Panda ini, masih dilansir dari TheRecord Media, kabarnya Insikt Group sendiri telah melaporkan aksi pembobolan tersebut kepasa otoritas terkait di Indonesia sebanyak dua kali di bulan Juli dan Agustus 2021 kemarin.

Baca juga :  Peretas Bobol Situs Pemerintah, Dimanfaatkan Untuk Iklan Judi Online?

Tetapi, dikatakan bahwa otoritas Indonesia tak menggubris atas laporan penyadapan yang dilayangkan Insikt Group tersebut. Kendati begitu, seorang sumber mengatakan kepada Insikt Group bahwa pihak berwenang telah mengambil langkah untuk mengidentifikasi dan membersihkan sistem yang berhasil diretas.

Selang beberapa hari usai informasi dari sumber terpercaya itu beredar, sekolompok peneliti Insikt mengonfirmasi bahwa host di dalam jaringan pemerintah Indonesia masih terhubung dengan server malware Mustang Panda.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru