spot_img
BerandaNewsCara Gampang Backup Email di Gmail

Cara Gampang Backup Email di Gmail

-

Jakarta, Selular.ID – Storage berbasis cloud masih menjadi metode penyimpanan yang sering digunakan oleh para pengguna perangkat mobile dan komputer. Layanan storage cloud Google One masih jadi aplikasi favorit pengguna mobile dan komputer. Karena Google One menyediakan kapasitas storage gratis cukup besar, yakni 15GB.

Melalui Google One, anda dapat mengakses layanan Google seperti Gmail, Google Drive, Google Photos dan lainnya. Selain Google One, Gmail menjadi layanan email yang paling banyak digunakan pengguna perangkat mobile dan komputer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Layanan Gmail pastinya sudah terintegrasi dengan layanan cloud Google One.

Dengan Gmail, Google sebenarnya telah menyediakan tools yang memudahkan anda untuk mengekspor semua data anda keluar dari Google, bukan hanya email anda. Tools tersebut bisa menyimpan semua email dan data anda ke dalam file .MBOX yang kemudian dapat anda simpan di tempat lain dan transfer ke layanan email yang berbeda nantinya.

Baca juga: Agar Keuangan Aman dari Serangan Siber, Ikuti 5 Langkah Penting Berikut Ini

Sebagian besar pengguna Gmail, sangat bergantung pada teknologi cloud Google One. Namun sebagaian orang suka menggandakan file atau mencadangkan email ke penyimpanan alternatif. Penyimpanan alterfnatif tersebut bisa berupa cloud yang berbeda, atau ke hard disk dan flash disk.

Kali ini tim Selular memberikan tips backup email Gmail. Berikut cara backup email Gmail.

Baca juga :  Rendahnya Literasi Pengaruhi Pemanfaatan Ekonomi Digital Indonesia

  1. Pertama buka situs web Google Takeout.
  2. Scroll ke bawah dan cari Mail dan pastikan kotak dicentang. Sekedar informasi, Google Takeout adalah tools yang mengekspor semua informasi terkait Google anda. Jadi jika anda hanya ingin mengekspor email, pastikan semua kotak lainnya tidak dicentang.
  3. Klik Next Step dan ikuti instruksi selanjutnya.
  4. Kemudian tunggu sampai email anda diekspor.
  5. Selanjutnya anda akan menerima file .MBOX yang berisi semua email anda.
Baca juga :  Xiaomi Siap Untuk Produksi Kendaraan Listrik Pada Tahun 2024

Sekedar informasi, .MBOX adalah format file yang biasa digunakan oleh email. File .MBOX berisi teks biasa sehingga anda bisa membukanya di editor teks.

Namun, itu mungkin tidak harus diformat atau dikategorikan secara berurutan. Jadi, anda hanya akan melihat dinding teks yang sangat besar, tetapi masih bisa berguna jika anda ingin mencari email tertentu. Jika anda ingin membuka file .MBOX, anda dapat mengimpornya ke aplikasi email anda, miasalnya Mozilla Thunderbird.

Bagaimana? Gampang kan? Selamat mencoba.

spot_img

Artikel Terbaru