Vivo Garap Chipset Buatan Sendiri Untuk Smartphone Terbarunya

Jakarta, Selular.ID – Minimnya pasokan chipset saat ini serta terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat dengan Cina, menjadi alasan kuat sejumlah perusahaan Cina termasuk beberapa produsen smartphone bergegas membangun bisnis semikonduktor.

Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa Vivo tengah menggarap chipset ISP buatannya yang akan diberi nama chipset Yueying. Terhembus pula kabar yang menyatakan bahwa chipset ini kemungkinan bakal mengawali debutnya pada bulan September 2021.

Lalu, dikatakan pula bahwa perangkat pertama yang akan memakai chipset ISP buatan Vivo ialah smartphone series terbaru Vivo X70. Perusahaan secara aktif dikabarkan telah merekrut spesialis untuk team pembuatan prosesor ini.

Dalam berita terkait, Oppo juga dikabarkan sedang bekerja untuk chipset buatannya. Perusahaan ini dikatakan telah berhasil mengumpulkan tim 1000 insinyur, yang kemungkinan chipset buatan Oppo ini bakal perdana mendarat  di series terbaru Oppo Find X4 yang akan datang.

Baca juga: Vivo Bakal Punya Smartphone dengan Desain Mirip iPod?

Sebelumnya, Xiaomi sudah meluncurkan prosesor gambar pertamanya, yakni Surge C1. Sedikit menengok ke belakang, pada tahun 2017 silam, Xiaomi meluncurkan prosesor seluler Surge S1, yang digunakan pada sepasang smartphone bermerek, tetapi tidak pernah tersebar luas.

Berbeda dengan Surge S1, chip baru ini merupakan chip pemrosesan gambar independen untuk smartphone. Ini menggunakan algoritme canggih untuk memungkinkan ponsel cerdas melakukan pemrosesan gambar tingkat lanjut. Surge C1 bertanggung jawab untuk fokus otomatis, keseimbangan putih, dan eksposur otomatis. Perusahaan mengklaim bahwa chip baru ini meningkatkan efisiensi pencitraan digital hingga 100%.

Tonton juga video di bawah ini: