TWS Terbaru Harga Mulai Rp300 Ribuan

TWS Vivan Life 200NC Dukung Teknologi yang Mampu Redam Kebisingan
TWS Vivan Life 200NC Dukung Teknologi yang Mampu Redam Kebisingan

Jakarta, Selular.ID – Sejauh ini sejumlah brand telah merilis True Wireless Stereo (TWS), Earphone jenis true wireless berbeda dengan earphone wireless biasa dengan kabel yang menghubungkan kedua earpiece-nya, sebab earphone true wireless menggunakan 2 earpiece yang terpisah dan bisa digunakan secara mono maupun stereo.

Karena penggunaanya yang praktis dan kekinian tak mengherankan jika aksesoris ini menjadi pilihan pengguna smartphone, selain untuk mendengarkan musik juga dapat diandalkan untuk meeting secara online.

Kali ini Selular rekomendasikan TWS yang cukup terjangkau yakni berada di kisaran Rp300 hingga Rp1 jutaan, yang bisa kalian pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan, tentunya dengan kualitas yang cukup baik. Berikut pilihanya:

Oppo Enco Free
Rp1.599.000

Oppo melengkapi TWS anyarnya dengan AI noise reduction yang bisa mereduksi gangguan suara dari luar. TWS ini juga sudah dilengkapi dengan IPX4 untuk ketahanan terhadap air.
Dengan driver berukuran 13,4mm dan menjanjikan bass lebih dinamis Selain itu, Oppo juga membekali dua eartips cadangan berukuran M dan L yang bisa diganti-ganti kapan pun. Di ujung bawah earphone terdapat mikrofon utama sementara di sisi atas terdapat mikrofon sekunder.

Fitur yang cukup menarik adalah touch control (kontrol sentuh) di earphone sebelah kiri. Touch control ini ditandai oleh sebuah garis bewarna abu-abu. Sebagaimana namanya, pengguna bisa mengontrol volume dengan mengusap area garis abu-abu itu ke atas untuk menaikkan volume suara dan mengusap ke bawah untuk mengecilkannya.
Oppo Enco Free dibekali baterai berkapasitas 31 mAh sementara casing-nya memiliki baterai berkapasitas 410 mAh. Baterainya bisa diisi melalui port USB type C yang berada di sisi bawah. Oppo mengklaim, dengan volume 50 persen earphone bisa digunakan selama lima jam dalam sekali isi daya. Sementara casing bisa bertahan 25 jam dalam sekali charge.

Oppo Enco W51
Rp1.099.000

Oppo Enco W51 mengemas driver dinamis 7mm di setiap bud dan memiliki rentang respons frekuensi 20Hz ~ 20KHz. Dilengkapi dengan diagram graphene komposit TPU Ganda untuk meningkatkan respons audio dan kinerja treble. Selain itu, Enco W51 mendukung kontrol sentuh dan deteksi keausan serta fitur peredam bising hybrid untuk musik dan panggilan.

Salah satu fitur utama Oppo Enco W51 ialah menggunakan tiga mikrofon pada setiap bud bersama dengan chip reduksi gangguan digital inti ganda untuk mengurangi kebisingan hingga 35 dB. Ini dapat meredam bising cukup layak, Enco W51 jelas tidak menghalangi semua suara dunia luar.

Oppo Enco Air
Rp999.000

TWS besutan Oppo yang hadir dalam dua opsi warna yaitu misty white dan misty black ini, mengusung desain ergonomis yang dibuat untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Desain semi-in-ear telah teruji dan dibentuk agar sesuai dengan lekukan alami telinga manusia dengan nyaman. Bobot satu Earphone hanya 3,75 gram.

Lalu, berkat sertifikasi IPX4, pengguna tak perlu khawatir jika Oppo Enco Air True Wireless tidak sengaja terciprat oleh air. Oppo Enco Air True Wireless Earphone juga dirancang untuk penggunaan streaming sepanjang hari, sehingga dapat bertahan hingga 4 jam jika digunakan berkelanjutan. Saat digunakan dengan casing pengisi daya, pengguna dapat menikmati musik hingga 24 jam.

Kemudian, TWS Oppo Enco Air juga mengadopsi teknologi beamforming mikrofon ganda yang dimana pada setiap Earphone memiliki dua mikrofon internal yang sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal
Tersedia juga algoritma AI intensif yang memanfaatkan DNN untuk meredam kebisingan. Algoritma peredam bising pintar ini merangsang pendengaran binaural manusia untuk membedakan dan memisahkan suara manusia serta kebisingan latar belakang secara real-time.

Realme Buds Air 2
Rp799.000

Realme Buds Air 2 mengusung fitur Active Noise Cancellation (ANC) untuk mengurangi kebisingan hingga 25dB. Fitur ini juga mampu menyaring sebagian besar suara frekuensi rendah, termasuk gemuruh pesawat, kereta bawah tanah, dan moda transportasi lainnya. TWS ini juga mampu meredam kebisingan peralatan rumah tangga, membuat pengguna dapat membenamkan diri dalam musik yang dimainkan atau bekerja tanpa merasa terganggu.

Realme Buds Air 2 ditenagai chip hemat energi R2 terbaru, yang mampu meningkatkan waktu penggunaan hingga 80 persen. TWS ini bisa digunakan untuk memutar musik hingga 120 menit dengan waktu pengisian daya hanya 10 menit.

Realme Buds Air 2 Neo
Rp599.000

TWS ini punya dua varian warna, yakni Active Black dan Calm Grey. Buds Air 2 Neo ini juga mengusung desain kekinian dengan batu permata yang futuristik bernama Gleaming mirror design.

Realme Buds Air 2 Neo hadir dengan teknologi ANC yang mampu mengurangi kebisingan hingga 25dB. Sehingga mampu meredam kebisingan yang tidak diinginkan, dan memberikan kualitas output suara memukau saat bermain gim, menonton video, atau mendengarkan audio. Realme Buds Air 2 Neo menggunakan 10mm Dynamic Bass Boost Driver untuk hasil audio yang maksimal.

Realme Buds Air 2 Neo dapat memenuhi kebutuhan suara saat memainkan gim dengan Game Mode yang ditingkatkan. Dengan latensi super rendah sebesar 88ms, TWS ini memberikan pengurangan latensi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Baterai pada Realme Buds Air 2 Neo juga memungkinkan para penggunanya memiliki masa pakai hingga 28 jam.

Baca Juga:FreeBuds 4 Ramaikan Persaingan TWS

Realme Buds Q2
Rp399.000

Realme Buds Q2 tersedia dalam dua varian warna yaitu biru dan hitam. TWS ini memiliki ketahanan hingga 20 jam total pemakaian dan diklaim menjadi TWS yang terjangkau dan lengkap di kelasnya.

Realme Buds Q2 memiliki driver besar 10mm yang menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi, Peek&Tpu, untuk pengalaman mendengarkan audio yang luar biasa. Material Peek mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi. Semntara PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat.

TWS ini menggunakan solusi realme Bass Boost+ yang telah diperbarui. Saat pengguna beralih ke Gaming Mode atau menonton film, Realme Buds Q2 mampu menghasilkan 88ms Super Low Latency untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio.