spot_img
BerandaNewsMarket UpdateTop 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q2-2021

Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q2-2021

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah tujuh tahun hadir di Indonesia, Xiaomi akhirnya mampu merebut mahkota penguasa pasar smartphone nusantara. Debut perdana melalui Redmi 1s pada Agustus 2014, akhirnya produsen Mi Mix ini bertengger di posisi puncak.

Menurut laporan firma riset Canalys, perusahaan menduduki posisi nomor satu vendor smartphone di Indonesia pada kuartal kedua 2021. Lima besar vendor smartphone Indonesia pada periode April-Juni 2021 berturut-turut adalah Xiaomi (28%), Oppo (20%), Samsung (18%), Realme (12%) dan Vivo (12%).

Dalam laporannya, Xiaomi tercatat lompat dari posisi 4 kuartal lalu ke posisi puncak, dan kini memiliki pangsa pasar sebesar 28 persen, naik sebanyak 112 persen dibandingkan kuartal sama tahun lalu.

Sementara di posisi runner-up ada jawara kuartal lalu yakni Oppo yang mencatat pertumbuhan 2 persen Y-o-Y dengan raihan market share 20 persen.

Dengan kenaikan 23 persen dibandingkan kuartal dua tahun 2020, Samsung mampu meraup pasar 18 persen dan mengukuhkan posisinya di nomor 3, merosot dari posisi 2 di Q1.

Sedangkan Realme dan Vivo menggenggam market share yang sama besar (12 persen) namun dengan pertumbuhan negatif 28 persen bagi Vivo.

Menanggapi hasil riset, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse merilis surat kepada para Xiaomi Fans untuk merayakan pencapaian ini dengan menyebutnya mustahil terjadi tanpa dukungan dari tim Xiaomi Indonesia, mitra yang berdedikasi, rekan media yang dihormati, tech reviewer yang luar biasa, dan yang paling utama adalah Xiaomi Fans yang loyal sejak hari pertama merek ini hadir di Indonesia.

“Terima kasih telah percaya dan berdiri bersama kami untuk mewujudkan mimpi yang ambisius yakni menghadirkan inovasi kepada setiap warga Indonesia,” tulis Alvin dalam suratnya.

Jika ditelaah, setelah Samsung bertekuk lutut di hadapan Oppo pada kuartal ketiga 2019 silam (IDC), posisi puncak penguasa pasar smartphone di Indonesia senantiasa silih berganti. Setelah Oppo, Vivo juga pernah mencicipi posisi terhormat itu pada kuartal ketiga 2020. Dan kini giliran rival senegaranya, Xiaomi.

Artikel Terbaru