spot_img
BerandaNewsMenkominfo Ingatkan Pentingnya Ketersediaan Talenta Digital Nasional  

Menkominfo Ingatkan Pentingnya Ketersediaan Talenta Digital Nasional  

-

Jakarta, Selular.ID – Keberadaan SDM bertalenta digital menurut Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate menjadi bagian penting dalam menjawab kemajuan teknologi.

“Sudah kita ketahui bersama, bahwa perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai sendi kehidupan, termasuk sumber daya manusia dan tenaga kerja,” ujarnya, dalam Kuliah Umum Virtual Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STMM Yogyakarta.

Baca juga: RUU PDP Dikebut, Tapi Ruang Pendidikan Berbasis Kurikulum Siber Belum Menjadi Prioritas?

Menurut Menkominfo, di masa depan banyak pekerjaan akan berubah bahkan hilang, sehingga setiap orang juga perlu berubah dan menyesuaikan diri dengan banyak jenis pekerjaan baru yang tumbuh.

“Kita perlu ingat bahwa Robots could take humans job’s, but Robots will also create jobs for humans. Seolah-olah sekarang internet sudah seperti oksigen. Sangat penting bagi kita, ada internet kita bekerja dengan normal. Namun ketika tidak ada, maka kita merasa kehilangan suatu yang sangat esensial dalam hidup,” jelas Johnny.

Sebagai tambahan, berdasarkan data Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia tengah mengalami digital talent gap (kesenjangan talenta digital), yang dimana membutuhkan sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun atau rata-rata 600.000 talenta digital per tahun.

Baca juga: BSSN Ingatkan Bahaya Serangan Siber yang Merasuk Ruang Sosial  

Kemudian jika mengacu pada survei IMD World Digital Competitiveness tahun 2019, daya saing Indonesia masih berada di peringkat 56 dari 63 negara. Angka ini termasuk rendah dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN.

Baca juga :  Ini Spesifikasi Huawei P50 Series

Lalu pada kesempatan itu, Johnny juga menegaskan infrastruktur telekomunikasi juga sangat penting untuk menstimulus SDM digital nasional untuk mendukung transformasi yang begitu cepat. Hal itu juga merupakan perhatian Presiden Joko Widodo dalam mempercepat transformasi digital melalui 5 sektor.

Baca juga :  Flex Mode dan Auto Framing Jadi Fitur Jagoan di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

“Sektor pertama terkait dengan akses infrastruktur digital dan layanan internet. Kedua, roadmap transformasi digital di berbagai aspek. Ketiga, percepatan integrasi pusat data nasional.  Keempat, penyiapan kebutuhan SDM talenta digital. Dan kelima, regulasi serta model pembiayaan infrastruktur digital,” sambungnya.

Baca juga: Kasus Pembobolan Akun Jenius BTPN, Selaras dengan Tingginya Pencurian Data Pribadi di Tanah Air

Maka melalui penyediaan jaringan 4G yang menjadi tulang punggung teknologi digital Indonesia, baik yang dibangun oleh Kementerian Kominfo maupun kerja sama dengan operator seluler nasional, bakal menghadirkan pemerataan akses internet di seluruh tanah air dan akan terjawab di tahun 2022.

“Adapun kondisi terkait dengan 4G dan jumlah desa di Indonesia bahwa dari total jumlah desa dan kelurahan di Indonesia sebanyak 83.218, yang belum ter-cover 100% 4G adalah sebanyak 12.548 desa,” terangnya.

spot_img

Artikel Terbaru