MacBook Pro Terbaru Bakal Didukung Chip M2

Jakarta, Selular.ID – Apple sedang mengembangkan chip versi generasi berikutnya dari chip silikon Apple M1, yang untuk sementara disebut M2. Sebelumnya Chip ini diyakini akan dikirim paling cepat pada tahun 2021.

Namun Apple Insider mengabarkan bahwa Apple akan merilis chip M2 tersebut di tahun 2022, tepatnya di paruh pertama tahun tersebut. Sayangnya, detil tanggal pasti perilisan chip Apple M2 ini tidak diungkapkan ke publik.

Meskipun detail tanggal belum diungkap, pelan-pelan spesifikasi Apple M1 terungkap.
Menurut laporan, MacBook Air 2022 dapat ditenagai oleh chip M2. Apple juga sedang mengerjakan versi yang lebih baik dari prosesor M1, M1X yang dapat melengkapi MacBook Pro 14 dan 16 inci yang baru.

Seperti diketahui Chip Apple M1 dibuat menggunakan node proses 5nm TSMC. Namun, sesuai laporan tersebut, dugaan chip M2 diharapkan akan diproduksi menggunakan prosesor 4nm TSMC. Proses node 4 nm berarti prosesor yang akan datang akan lebih hemat daya dan bertenaga dibandingkan dengan pendahulunya.

Tak hanya itu, Chip M2 diharapkan memiliki total delapan inti yang mencakup empat inti berkinerja tinggi, dan empat inti hemat energi. Prosesor ini juga berspekulasi untuk menampilkan core grafis yang ditingkatkan.

Terlepas dari ukuran node mereka, Apple M2 dan M1X akan memiliki jumlah core yang sama di bagian CPU mereka, yaitu 10. Di sisi grafis, beberapa rumor menunjukkan kehadiran 32 core untuk Apple M1X, yang mana Apple M2 harus berisi angka yang lebih rendah.

Baca Juga:Apple Mulai Produksi Macbook Pro Baru Pertengahan 2021

Perusahaan diperkirakan akan meluncurkan prosesor M1X dengan jajaran Apple MacBook Pro 2021. Apple juga diperkirakan akan meluncurkan model iPhone 13 musim gugur ini, diikuti oleh MacBook Air yang didesain ulang tahun depan.

Sebuah laporan minggu ini mengklaim bahwa MacBook Pro 14 dan 16 inci 2022 akhirnya memasuki produksi massal dan diharapkan diluncurkan akhir tahun ini sebagai bagian dari musim gugur yang sibuk Apple.