spot_img
BerandaNewsFinTechLaporan: Ovo dan Gopay Jadi Platfrom Pembayaran Digital Terpopuler Masyarakat

Laporan: Ovo dan Gopay Jadi Platfrom Pembayaran Digital Terpopuler Masyarakat

-

Jakarta, Selular.ID – Agensi riset pasar, Kadence International Indonesia meluncurkan hasil penelitian terbarunya, guna menakar mengetahui pola Perilaku Pengguna pembayaran digital dan Layanan Keuangan di Indonesia.

Dalam riset yang melibatkan 1.000 responden melalui survei online di beberapa kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang, dimulai pada Juli 2021. terungkap 44% responden menggunakan pembayaran digital setidaknya 4 kali dalam seminggu untuk melakukan 5 jenis transaksi online (pembelian pulsa, pemesanan makanan, belanja online, pembayaran tagihan dan transportasi) dan setidaknya melakukan transaksi offline di 1-2 merchant dalam 3 bulan terakhir.

Temuan ini merupakan cerminan perubahan perilaku masyarakat termasuk dalam bertransaksi, khususnya karena dipicu terjadinya pandemi Covid-19.

Baca juga: Waspada! Investasi Bodong Berkedok Fintech Berizin Marak Beredar

Hal ini pun turut mendorong tingkat penggunaan pembayaran digital di Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi pembayaran digital meningkat dari Rp145 triliun di 2019 menjadi Rp205 triliun di 2020.

Kemudian berdasarkan kesadaraan merek, responden menilai bahwa Ovo merupakan platform pembayaran digital yang paling mereka kenal dengan perolehan persentase sebesar 96%, disusul  GoPay dengan raihan 95%.

Selanjutnya, Dana juga memiliki tingkat kesadaran merek yang cukup tinggi yaitu sebesar 93%, di mana angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan ShopeePay (81%). Walaupun ShopeePay memiliki kesadaran merek yang lebih rendah, namun ShopeePay mampu mendapatkan pengguna aktif sebanyak 57%, lebih besar dari pengguna aktif Dana yaitu 46%. Hal ini tentu memperlihatkan bagaimana ShopeePay memiliki posisi yang kuat di mata masyarakat.

Baca juga :  Bank DBS dan Kredivo Tingkatkan Limit Joint Financing Menjadi Rp1 Triliun Rupiah

Apabila dianalisis lebih lanjut dari jumlah pengguna aktif, Ovo juga mendominasi dengan perolehan skor sebesar 71%, disusul GoPay sebesar 64%. Khususnya dalam hal transaksi pemesanan makanan online, Ovo bersaing ketat dengan GoPay, namun tepat memimpin transaksi pemesanan makanan online dengan skor 81%, sedangkan GoPay memperoleh persentase sebesar 75%.

Baca juga :  Infografis: Layanan OVO Semakin Meluas

Baca juga: Volume Transaksinya Fintech Pinjaman Online Alami Penurunan Secara Global  

Pola yang sama terlihat dalam hal transaksi offline dimana Ovo juga merupakan platform pembayaran digital yang paling banyak digunakan, salah satunya untuk transaksi di warung, Ovo unggul dengan skor 38% sementara Dana menempati posisi kedua dengan skor 36%.

Dengan kondisi pengguna aktif terbesar, 31% responden juga menjadikan Ovo sebagai merek yang paling sering mereka gunakan, disusul oleh GoPay (25%), dan ShopeePay (20%) dibanding platform pembayaran digital lainnya.

spot_img

Artikel Terbaru