spot_img
BerandaDevicesWearable DevicesCounterpoint: Apple Kuasai Pasar Smartwatch Global

Counterpoint: Apple Kuasai Pasar Smartwatch Global

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar jam pintar global selama kuartal kedua 2 (Q2 2021) dilaporkan dikuasai oleh Apple Watch. Pada pasar ini pabrikan teknologi asal AS ini berhasil mempertahankan kepemimpinan di pasar smartwatch global dari periode lalu.

Berdasarkan data dari Counterpoint Global Smartwatch Shipments Tracker yang baru saja dirilis, mengungkap Huawei dan Samsung masing-masing menampati posisi kedua dan ketiga secara global.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Smartwatch Khusus untuk Anak-anak

Yang dalam laporan ini Huawei meraih pangsa pasar sebanyak 9,3 persen sementara Samsung memperoleh pangsa pasar 7,6 persen. Produsen teknologi asal Korea Selatan hanya meraih pangsa pasar 6,8 persen di Q2 2020, dan berhasil meningkat menjadi 7,6 persen di Q2 2021.

Laporan ini juga menyoroti walaupun Apple mempertahankan peringkat pertama, namun Samsung dan Garmin diketahui mencatatkan pengiriman smartwatch yang luar biasa di kuartal kedua 2021. Masing-masing sebesar 43 persen dan 62 persen secara YoY.

Dan Apple diketahui pula juga mengalami penurunan, yang dimana pada Q2 2020, mereka berhasil menguasai pasar hingga 30,1 persen, sedangkan pada Q2 2021 mengalami penurunan tipis menjadi 28.0 persen.

Baca juga: Fitbit Versa 3 Gapai Penghargaan Sebagai Best Smartwatch di Perhelatan Selular Award 2021

Penurunan tersebut juga mengindikasikan jika Apple perlu waspada terhadap persaingan dalam pasar smartwatch ini, mengingat persaingan semakin ketat dari merek-merek China dan India dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga :  Seperti Ini Tampilan Apple Watch Series 8

Meski pangsa pasar menurun, namun Apple Watch berhasil mencatatkan basis pengguna yang mencapai 100 juta untuk pertama kalinya.

Baca juga :  Siap-Siap Oktober, Jajaran Perangkat AioT Terbaru Realme Diperkenalkan ke Pasar

Counterpoint menjelaskan bahwa Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE menjadi smartwatch terlaris secara global. Ketiga smartwatch lain yang masuk dalam daftar adalah Samsung Galaxy Watch Active 2, Apple Watch Series 3, dan Imoo Z6-4G.

spot_img

Artikel Terbaru