BerandaNewsRumourTidak Ada Ponsel Baru dengan Snapdragon 780G Tahun Ini

Tidak Ada Ponsel Baru dengan Snapdragon 780G Tahun Ini

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa brand smartphone hadir dengan menggunakan chip milik Qualcomm Snapdragon terbaru namun bukan Qualcomm Snapdragon 780G meskipun perusahaan tersebut menjadikannya sebagai chip utama untuk tahun 2021.

Mungkin dalam beberapa waktu kita tidak akan melihat peluncuran smartphone yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 780G. Informasi baru-baru ini muncul yang mengungkapkan bahwa chip tersebut dalam persediaan terbatas dan mungkin tidak tersedia di smartphone untuk sementara waktu.

Menurut seorang blogger di situs Weibo, situs web microblogging Tiongkok, @数码闲聊站 (stasiun obrolan digital) baru-baru ini membagikan postingan di platform media sosial miliknya. Dalam hal ini, dia mengatakan bahwa dia mengharapkan gelombang smartphone baru akan meluncurkan fitur Snapdragon 778G SoC.

Namun, dia mengatakan bahwa tidak ada perangkat baru dengan Snapdragon 780G yang diharapkan diluncurkan karena pasokan terbatas dan lebih lanjut menambahkan bahwa masalah ini juga dapat memengaruhi produksi Xiaomi Mi 11 Lite.

Dalam postingan online ini, direktur produk Xiaomi, Wang Teng menambahkan bahwa chipset dari Qualcomm sedang kekurangan pasokan karena kapasitas produksinya yang terbatas saat ini.

Meskipun, pejabat raksasa teknologi China mengatakan bahwa Mi 11 Lite masih akan dikirimkan karena perusahaan dapat mengamankan sedikit stok prosesor yang tersisa. Dengan kata lain, Mi 11 Lite adalah satu-satunya handset terbaru yang menggunakan SoC ini untuk saat ini dan kita mungkin tidak melihat perangkat baru yang menampilkan prosesor ini untuk sementara waktu sekarang.

OEM juga kemungkinan harus menunggu produksi chipset meningkat untuk memasukkannya ke dalam penawaran mereka. Bagi mereka yang tidak sadar, Snapdragon 780G dari Qualcomm adalah chip kelas atas untuk handset kelas menengah.

Snapdragon 780G dibangun pada proses 5nm dan fitur inti Cortex-A78 clock 2.4GHz dipasangkan dengan tiga core Cortex-A78 clock 2.2GHz, dan empat core Cortex-A55 yang clock 1.9GHz. Untuk grafis, chip ini dilengkapi dengan GPU Adreno 642.

Eksekutif Qualcomm tidak menjelaskan mengapa Snapdragon 780G sulit ditemukan. Namun, itu juga dibangun menggunakan proses manufaktur 5 nanometer yang tetap canggih dan dengan demikian permintaan tinggi.

Kombinasikan kekurangan chip global dengan persaingan ketat untuk pasokan 5nm yang tersedia A14 Apple dan Snapdragon 888 Qualcomm adalah dua contoh yang menonjol dan 780G mungkin sulit untuk dibenarkan.

Artikel Terbaru