BerandaNewsRumourSamsung Siapkan Exynos 2200 dengan GPU 'Voyager'

Samsung Siapkan Exynos 2200 dengan GPU ‘Voyager’

-

Jakarta, Selular.ID – Sebuah postingan mengatakan chipset smartphone milik Samsung kemungkinan akan dikenal sebagai Exynos 2200, akan dibangun pada proses 4nm.

Chip tersebut tampaknya akan didasarkan pada teknologi 4LPP (4nm Low Power Plus) Samsung, yang tidak banyak diketahui, kecuali bahwa itu akan menjadi peningkatan kecil dari proses FinFET 5nm yang digunakan untuk Exynos 2100.

Teknologi 4nm milik Samsung akan menjadi implementasi pertama dari struktur MBCFETTM generasi berikutnya Multi Bridge Channel FET dan menurut perusahaan, teknologi ini menggunakan teknologi Gate All Around FET atau yang dikenal dengan GAAFET untuk mengatasi keterbatasan kinerja dan skala fisik dari arsitektur FinFET.

Namun, SoC premium Qualcomm mendatang, Snapdragon 895, diduga juga akan diproduksi oleh Samsung menggunakan node yang sama.

Ice Universe mengatakan bahwa Exynos 2200 diberi kode nama “Pamir” dan GPU-nya, yang dibuat bekerja sama dengan AMD, secara internal dikenal sebagai “Voyager.” GPU tersebut akan menampilkan teknologi grafis AMD RDNA 2 dan Samsung diperkirakan akan mengumumkannya bulan ini.

Mungkin perlu beberapa waktu sebelum melihatnya beraksi karena perangkat bertenaga Exynos 2200 pertama tidak akan tiba hingga Januari 2022.

Menurut laporan yang masih belum bisa dikonfirmasi, chip tersebut akan memiliki CPU Cortex X2 baru Arm sebagai inti utamanya dan akan menempel pada konfigurasi CPU tri-cluster.

Exynos 2100 sudah merupakan langkah ke arah yang benar, dengan Samsung membuang inti khusus untuk desain Arm, dan GPU baru dapat menempatkannya pada pijakan yang sama dengan chip Bionic seri-A Apple.

Artikel Terbaru