BerandaTipsSuka Fotografi? Intip 4 Jenis Fitur Portrait Pada Kamera Smartphone

Suka Fotografi? Intip 4 Jenis Fitur Portrait Pada Kamera Smartphone

-

Jakarta, Selular.IDPortrait photography atau fotografi portrait adalah teknik fotografi yang menangkap gambar orang sebagai subjek foto secara dekat atau dengan latar belakang blur atau berbeda. Namun, saat ini portrait juga sering digunakan untuk berbagai macam gaya. Terdapat empat genre alias jenis fotografi portrait yang bisa dipelajari dan mungkin salah satunya sesuai dengan minat Anda. Mereka diantaranya meliputi :

1.Portrait Tradisional

Portrait tradisional sering kali menggambarkan subjek yang melihat ke arah kamera atau berpose. Teknik ini akan membantu subjek terlihat terbaik. Seringkali, portrait tradisional dilakukan di studio dengan latar belakang/background yang formal.

Genre ini cenderung menyukai komposisi portrait yang paling tradisional. Jenis fotografi portrait ini umumnya hanya mencakup kepala dan bahu subjek, meskipun ini bukan aturan yang mutlak. Fotografer biasanya akan memilih background berwarna solid, dan penekanan foto terutama pada wajah subjek. Kombinasi lampu studio dan background yang sederhana akan menyempurnakan subjek fotografi pengguna sehingga terlihat menawan.

2.Portrait Candid

Portrait candid adalah hasil tangkapan foto yang tidak direncanakan. Berbeda dengan portrait tradisional, contoh terbaik dari genre portrait ini adalah fotografi di jalanan yang menampilkan orang–orang (human interest).

Jenis fotografi portrait ini berupaya menangkap momen asli dari orang-orang yang berkegiatan di ruang terbuka. Untuk dapat menghasilkan foto candid terbaik, seorang fotografer seringkali harus berbaur di kerumunan dan memotret subjek yang menarik.  Momen-momen unik muncul spontan dan tak terduga sehingga seorang fotografer perlu membawa kamera sedekat mungkin dengan jangkaun tangannya.

3.Self Portrait

Self Portrait adalah salah satu jenis fotografi yang paling sederhana karena hanya melibatkan satu orang yakni si pemotret. Teknik ini sekarang lebih dikenal dengan nama selfie atau swafoto. Bagi seorang fotografer pemula, teknik self portrait bisa menjadi salah satu cara untuk belajar fotografi secara otodidak.

Bahkan, saat ini pengguna sudah bisa melakukannya dengan perangkat smartphone. Agar lebih mudah, pengguna bisa menggunakan tripod untuk menghilangkan tampilan selfie dan lengan yang diperpanjang. Coba gunakan timer pada smartphone agar Anda bisa lebih kreatif lagi dalam menghasilkan foto.

4.Portrait Pasangan, Keluarga atau Grup

Portrait tak melulu sebatas pada subjek satu orang saja. Foto dengan pasangan, keluarga dan kelompok bermain juga merupakan jenis fotografi yang bisa diambil secara portrait. Foto dengan subjek lebih dari satu orang seringkali lebih sulit dilakukan dibanding portrait seorang diri.

Apabila Anda ingin memotret grup, maka tunggu sampai semua subjek terlihat gayanya lebih natural dan menampilkan senyum atau tertawa lepas. Contoh group portrait yang populer adalah foto keluarga.

Baca juga:Review Oppo A54: Smartphone Rp2 Jutaan yang Kaya Fitur, Cocok Untuk Multitasking

Kini, fotografi portrait memang sudah menjadi tren untuk kalangan anak muda. Oleh karenanya, Oppo terus mengembangkan fitur-fitur kamera yang salah satunya mendukung jenis fotografi ini. Sejak hadir di perangkat Oppo Reno3, fitur portrait semakin canggih kemampuannya.

Apalagi, Oppo kian menyempurnakan teknologi artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan untuk mendukung foto portrait di seri Oppo Reno4 yakni fitur AI Color Portrait. Fitur ini dapat membuat latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan objek orang dalam foto akan tampil sesuai dengan warna aslinya.

Di generasi berikutnya, Oppo Reno5 dan Oppo Reno5 F, kemampuan portrait diperluas untuk videografi.  Oppo akan terus mengembangkan fitur-fitur portrait yang semakin mumpuni di perangkat penerus seri Oppo Reno6 yang membawa taglineEvery Emotion, in Portrait“. Menurut informasi sementara di kanal YouTube dan laman web resmi Oppo Indonesia, seri baru Oppo Reno6 ini akan mengoptimalisasikan kamera, baik untuk keperluan fotografi, videografi, maupun lifestyle, terutama bagi pengguna muda.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru