BerandaAppsMirip Instagram, Ini Fitur Baru WhatsApp

Mirip Instagram, Ini Fitur Baru WhatsApp

-

Jakarta, Selular.ID – WhatsApp sekarang memiliki fitur baru untuk  pengirim lebih banyak kontrol atas foto dan video mereka. View Once adalah fitur yang mampu membatasi penerima untuk membuka gambar lebih dari sekali.

WABetaInfo mencatat bahwa fitur tersebut sekarang diluncurkan ke penguji beta pada platform yang menjalankan versi 2.21.14.3. mengonfirmasi bahwa versi aplikasi juga mendukung fitur tersebut. Mereka yang menggunakan WhatsApp versi lama masih dapat menerima pesan Lihat Sekali, tetapi mereka tidak dapat menggunakan fitur tersebut untuk mengirim pesan.

Selain itu, fitur ini akan berfungsi di obrolan pribadi dan grup. Anda dapat melihat siapa yang telah membuka gambar dalam grup dengan menuju ke opsi info pesan.

Jadi bagaimana pengguna tahu jika seseorang  telah mengaktifkan View Once. Yah, itu akan sangat jelas karena opsi akan muncul saat mengirim media ke orang lain.

Berikut cara menggunakan View Once:

  1. Buka obrolan pribadi atau grup.
  2. Ketuk ikon penjepit kertas untuk melampirkan/merekam gambar/video.
  3. Setelah anda memilih gambar/video atau media baru yang diambil, ketuk ikon 1 di sebelah tombol Kirim.
  4. Pesan yang mengatakan “Foto/video diatur untuk dilihat sekali” akan muncul.
  5. Anda sekarang dapat mengirim media. Penerima akan diizinkan untuk melihatnya hanya sekali.

Meskipun fitur tersebut akan membatasi pengguna untuk melihat gambar atau video beberapa kali, itu tidak sepenuhnya aman. Pertama, WhatsApp tidak akan memberitahu anda jika penerima mengambil screenshot.

Lebih penting lagi, jika anda berbagi gambar atau video, dengan fitur View Once dalam grup yang berisi kontak yang diblokir, kontak ini masih dapat melihat media. Jadi secara realistis, View Once bukanlah cara yang pasti untuk memastikan bahwa gambar atau klip tidak disimpan atau dibagikan oleh orang lain.

Sementara itu untuk fitur View Once hanya tersedia di versi beta aplikasi sekarang, pendukung privasi akan berharap WhatsApp mengatasi masalah ini sebelum fitur tersebut tiba dalam versi stabil. Namun demikian, anda harus selalu memperhatikan apa yang anda kirim ke orang lain, bahkan jika lebih banyak fitur privasi masuk ke aplikasi chatting.

Artikel Terbaru