BerandaNewsTelcoLaporan: Telkomsel Cepat Untuk Mengunduh, Tri Indonesia ‘Asyik’ Buat Gaming

Laporan: Telkomsel Cepat Untuk Mengunduh, Tri Indonesia ‘Asyik’ Buat Gaming

-

Jakarta, Selular.ID – OpenSignal, perusahaan analitik seluler global telah merilis laporan terbaru berjudul ‘Indonesia: Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juni 2021’.

Laporan ini disusun dari analisis pengalaman jaringan seluler Indonesia di lima jaringan nasional, Telkomsel, XL, Indosat, Tri Indonesia dan Smartfren baik secara nasional dan regional sepanajang Februari – Mei 2021.

Telkomsel berdasarkan catatan Opensignal, operator plat merah itu memiliki kualitas streming video seluler terbaik di Indonesia. Skor keseluruhan dalam hal ini adalah 62,7 poin (dalam skala 0-100). Sebaliknya, pengguna XL, Indosat, Tri Indonesia dan Smartfren merasakan berdasarkan laporannya diklaim meningkat, dibandingkan dengan laporan terakhir.

Baca juga: Selain Poco M3 Pro 5G, Smartphone 5G ini Juga Dibandrol Terjangkau!  

Pengguna Indosat Ooredoo menikmati peningkatan terbesar sebesar 4,7 poin, diikuti oleh peningkatan 3,2 poin yang dirasakan oleh pengguna di jaringan Tri Indonesia, yang dimana dalam laporan ini 3 Indonesia memperkecil selisih dengan Telkomsel dari 4,3 poin menjadi 1,1 poin dengan skor 61,7 poin. Sementara pengguna Smartfren dan XL merasakan peningkatan yang relatif kecil dengan masing-masing sebesar 2,4 dan 2,3 poin.

Lalu disektor game Opensignal dalam laporanya ini menetapkan Tri Indonesia menjadi yang terbaik dengan menerima skor 69,4 poin. Catatan menariknya, disemua operator para pengguna mengalami pengalaman bermain game multipemain yang jauh lebih baik menggunakan 4G dibandingkan dengan 3G. Temuan ini juga menyoroti bagaimana pentingnya mematikan layanan 3G sesegera mungkin dan menggunakan kembali spektrum untuk layanan 4G atau bahkan 5G yang lebih modern.

Selain gaming, disektor pengalaman aplikasi suara Tri Indonesia juga memperoleh skor tinggi dengan nilai 78,6 poin (dari 100), dibawahnya bertengger Telkomsel  dengan sekor 76,1.

Baca juga: Menakar ‘Potensi’ Merger di Era 5G Indonesia

Di sektor kecepatan unduhan, Telkomsel berhasil mempertahankan posisi teratas dengan kecepatan unduhan keseluruhan sebesar 13,4 Mbps. Secara keseluruhan, kecepatan unduh rata-rata di Indonesia telah meningkat secara menyeluruh, dibandingkan dengan laporan terakhir.

Peningkatan terbesar 1,7 Mbps terlihat oleh pengguna pada Tri Indonesia. Hasilnya, Pengalaman Kecepatan Unduhan operator kini telah melampaui angka 10 Mbps. Sementara itu, Smartfren tetap tertinggal di posisi terakhir, dengan pengguna yang merasakan kecepatan rata-rata 6,3 Mbps, meningkat 1,4 Mbps.

Artikel Terbaru