BerandaNewsSecurityBug iOS Membuat WiFi iPhone Tidak Bisa Hidup Permanen

Bug iOS Membuat WiFi iPhone Tidak Bisa Hidup Permanen

-

Jakarta, Selular.ID – Laporan mengenai bug menimpa iPhone. Bug sistem operasi iOS besutan Apple ini tidak terjadi di semua bagian, melainkan hanya pada bagian konektivitas WiFi.

Dua minggu lalu disebutkan bug aneh tersebut menyebabkan perangkat mereka tidak dapat terhubung ke titik akses WiFi saat digerakkan.

Dilaporkan Mashable, meskipun begitu, bug memiliki perbaikan sederhana meskipun tidak nyaman dan dapat dengan mudah dihindari dengan tidak menghubungkan ke jaringan nirkabel dengan simbol di namanya.

Tetapi ternyata ada bug iPhone lain dengan karakteristik yang hampir mirip, hanya saja hampir tidak mungkin untuk dihindari dan lebih sulit untuk diperbaiki juga.

Kerentanan asli melibatkan titik akses WiFi atau AP yang menggunakan tanda persen (%) dalam nama mereka. Dalam banyak bahasa pemrograman, simbol ini digunakan untuk menunjukkan bahwa karakter yang mengikutinya dimaksudkan sebagai perintah daripada huruf yang akan ditampilkan.

Di suatu tempat dalam kode iOS, ini dapat merusak kemampuan platform untuk terhubung ke jaringan WiFi apa pun sepenuhnya. Cukup dengan mengatur ulang pengaturan jaringan telepon membuat semuanya kembali normal.

Bug asli itu hanya dapat dipicu jika pengguna mencoba terhubung ke jaringan WiFi seperti itu, sesuatu yang paling harus dihindari sejak awal, bahkan tanpa bug ini. Sayangnya, eksploitasi kedua ini bahkan tidak memerlukan interaksi pengguna apa pun.

Menurut peneliti keamanan yang sama yang secara terbuka mengungkapkan bug pertama, bahkan berada dalam jangkauan jaringan bernama “%secretclub%power” sudah cukup untuk kehilangan semua fungsi WiFi dan kemampuan untuk terhubung ke jaringan WiFi.

iPhone masih bisa diperbaiki, tetapi tidak sesederhana mengatur ulang pengaturan jaringan. Pengguna harus mengatur ulang telepon sepenuhnya atau memulihkan dari cadangan jika tersedia. Seseorang sebenarnya masih dapat mencoba mencadangkan iPhone mereka saat dalam keadaan ini, tetapi mereka juga harus secara manual mengedit daftar jaringan cadangan untuk menghapus nama AP yang menyinggung.

Bug WiFi iPhone pertama lebih merupakan gangguan yang menunggu pengguna yang ceroboh. Namun, yang kedua ini adalah bug keamanan yang parah yang dapat dieksploitasi oleh siapa saja yang memiliki kontrol atas router WiFi atau hotspot.

Baca Juga:Update Youtube iOS, Google Perbaiki Bug

Sejauh ini, Apple tetap diam tentang masalah ini, tetapi bug baru ini dapat mendorongnya untuk setidaknya mengakuinya dan menjanjikan perbaikan segera.

Kedepannya Apple diharapkan dapat memperbaiki Bug iOS ini, sehingga masalah serupa tidak akan muncul lagi di waktu mendatang.

Artikel Terbaru