BerandaInsightUjung Tombak Implementasi 5G, Talenta Digital Lokal!  

Ujung Tombak Implementasi 5G, Talenta Digital Lokal!  

-

Jakarta, Selular.ID –Pengembangan 5G di Indonesia harus dilakukan secara komprehensif, hal ini penting dilakukan karena diposisikan sebagai lompatan besar, bagi inovasi digital di Indonesia.

Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan dalam menghadirkan potensi yang demikian besar, dirinya menyebut dibutuhkan 5 aspek kebijakan yang komprehensif.

Baca juga: Penting! Implementasi 5G Bergantung Pada Ekosistem yang Dibangun

“Yaitu regulasi, ketersediaan spektrum frekuensi radio, model bisnis yang efisien dan fleksibel, infrastruktur yang memadai, serta kesiapan perangkat, ekosistem, dan talenta digital,” ujarnya dalam Webinar bertajuk ‘5G dan Peran Insinyur Elektro dalam Pengembangan Transformasi Digital Indonesia’.

Dan dari 5 aspek itu yang tidak kalah penting ialah pemanfaatan teknologi dengan beragam aplikasi lokal dan talenta digital, yang ia nilai sebagia kunci pengembangan 5G untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri sesuai dengan Roadmap Indonesia Digital 2021-2024 yang telah dirampungkan Kementerian Kominfo.

“Aplikasi lokal perlu terus dikembangkan karena dapat menjadi killer apps pada teknologi 5G. Untuk itu, pengembang lokal berbasis komunitas perlu terus diberikan kesempatan dan pembinaan berkelanjutan,” ungkapnya.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa 5G Hanya Menyapa Kota Besar 

Untuk mewujudkannya, Kementerian Kominfo menyelenggarakan program Digital Talent Scholarship (DTS). Program ini memiliki kurikulum guna memperkaya skill yang sesuai untuk era 5G agar kompetensi SDM dapat semakin advance.

“Adopsi dan inovasi teknologi yang semakin terdorong karena hadirnya 5G disebabkan kapabilitas dari 5G itu sendiri, sehingga tidak hanya meningkatkan user experience di sisi human-to-human communications, tetapi juga di sisi human-to-machine communications dan machine-to-machinecommunications,” jelas Ismail.

Dengan demikian, melalui kehadiran 5G di Indonesia, adopsi dan inovasi teknologi diharapkan akan semakin terakselerasi guna mendorong transformasi digital pada 4 sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintah digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Artikel Terbaru