BerandaDevicesSamsung Bikin Memori LPDDR5 uMCP, Performa Tinggi untuk Smartphone Menengah

Samsung Bikin Memori LPDDR5 uMCP, Performa Tinggi untuk Smartphone Menengah

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung Electronics telah mengumumkan bahwa mereka telah mulai memproduksi massal solusi memori terbaru, paket multichip berbasis LPDDR5 UFS (uMCP). Ini mengintegrasikan DRAM LPDDR5 tercepat dengan flash UFS 3.1 NAND terbaru. Perangkat memori ini akan memberikan kinerja tingkat atas, dengan jangkauan yang jauh lebih luas bagi para pengguna smartphone.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut mengungkapkan bahwa uMCP baru ini dapat memberikan kecepatan tinggi dan kapasitas penyimpanan besar dengan daya yang sangat rendah.

Ini akan memungkinkan lebih banyak konsumen untuk menikmati berbagai aplikasi dan fitur 5G yang sebelumnya hanya tersedia pada model unggulan premium.

Fitur-fitur tersebut termasuk fotografi tingkat lanjut, permainan dengan grafis yang tinggi, dan juga augmented reality (AR).

Memori buatan Samsung ini menawarkan peningkatan hampir 50 persen dalam kinerja DRAM, dari 17 gigabyte per detik (GB/dtk) menjadi 25GB/dtk.

Disertai juga dengan kinerja flash NAND dua kali lipat, dari 1,5 GB/dtk menjadi 3GB/dtk , dibandingkan dengan solusi UFS 2.2 berbasis LPDDR4X sebelumnya.

Ini juga membantu dalam memaksimalkan efisiensi ruang di dalam smartphone dengan mengintegrasikan penyimpanan DRAM dan NAND ke dalam satu paket ringkas yang hanya berukuran 11.5mm x 13mm,

Dimensi ini memungkinkan lebih banyak ruang bagi produsen untuk menjejalkan fitur-fitur lainnya.

Dengan kapasitas DRAM mulai dari 6GB hingga 12GB dan opsi penyimpanan dari 128GB hingga 512GB, Samsung uMCP dapat dengan mudah disesuaikan untuk mengakomodasi beragam kebutuhan smartphone 5G di seluruh segmen menengah dan atas.

Sejauh ini, Samsung telah berhasil menyelesaikan pengujian kompatibilitas uMCP LPDDR5 dengan beberapa produsen smartphone global dan mengharapkan perangkat yang dilengkapi uMCP untuk memasuki pasar mulai bulan Juni ini.

Artikel Terbaru