BerandaAppsSaingi Clubhouse dan Twitter Space, Spotify Ciptakan Greenroom

Saingi Clubhouse dan Twitter Space, Spotify Ciptakan Greenroom

-

Jakarta, Selular.ID – Clubhouse nampaknya memang cocok menyandang julukan pelopor aplikasi obrolan berbasis Audio. Hingga kini, banyak kompetitor yang berlomba menghadirkan aplikasi serupa Clubhouse. Sekarang, giliran aplikasi musik streaming Spotify yang ikut-ikutan menciptakan aplikasi serupa.

Spotify mengumumkan Greenroom, pesaing baru untuk kategori aplikasi obrolan suara streaming. Meski Greenroom membawa branding Spotify, tetapi ini merupakan aplikasi yang terpisah.

Aplikasi tersebut bekerja dengan premis dasar yang sama seperti Twitter Spaces dan Clubhouse. Satu pengguna cukup membuat ruang audio saja dengan pendengar yang dapat mendengarkan dan berpartisipasi. Pencipta ruangan dapat mengontrol siapa yang berbicara pada sesi tersebut.

Spotify memposisikan Greenroom sebagai cara untuk terhubung dengan orang-orang untuk “bergabung dengan percakapan”. Musik, olahraga, dan budaya dihadirkan sebagai topik diskusi, tetapi sepertinya pengguna dapat membuat ruang tentang topik apa pun.

Saat ini, Greenroom hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Baik pengguna iOS dan Android dapat mengunduh aplikasi Greenroom sekarang dan masuk menggunakan akun Spotify. Terdapat juga serangkaian syarat dan ketentuan terpisah dari Spotify yang harus pengguna setujui sebelum menggunakan.

Baca juga: Mengenal Clubhouse, Aplikasi Baru Berbasis Audio Yang Viral Berkat Elon Musk

Sebagai tambahan informasi, Clubhouse merupakan aplikasi yang dirancang secara sederhana, didirikan oleh Paul Davidson. Konsep dari clubhouse ini adalah sosial media Eksklusif yang berbasis audio.

Di dalam clubhouse terdapat banyak room dan diisi oleh beberapa pembicara yang membahas topik-topik tertentu. Tampilan di dalamnya hanya menampilkan foto profil dari beberapa peserta yang disertai dengan audio dari masing-masing pengguna.

Kesannya seperti webinar atau talkshow tetapi hanya audio saja. Semua pembicara terjadi secara live dan tak dapat direkam, pengguna hanya bisa mendengar jika diundang ke ruang obrolan Clubhouse tersebut.

Awalnya, aplikasi ini hanya dapat digunakan di perangkat IOS saja, tetapi sekarang pengguna Android sudah bisa menikmati aplikasi yang viral berkat Elon Musk ini.

Artikel Terbaru