BerandaNewsAMD Rilis FidelityFX Super Resolution, Bisa Tingkatkan Kualitas Grafik di Game

AMD Rilis FidelityFX Super Resolution, Bisa Tingkatkan Kualitas Grafik di Game

-

Jakarta, Selular.ID – AMD resmi merilis FidelityFX Super Resolution atau FSR. FSR adalah platform yang dirancang untuk meningkatkan framerate dan kualitas gambar sehingga dapat memberikan pengalaman bermain game dengan grafik yang memanjakan mata.

“Tujuan kami adalah untuk mengembangkan solusi upscaling kelas dunia yang canggih yang didasarkan pada standar industri yang dapat dengan cepat dan mudah diimplementasikan oleh para developer game, dan dirancang untuk para gamer benar-benar bisa bermain game,” ujar Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit AMD.

FSR adalah teknologi peningkatan spasial yang menggunakan algoritma rekonstruksi grafik canggih untuk menganalisis fitur dalam sumber gambar dan membuatnya naik ke resolusi target yang lebih tinggi.

Selain itu gambar juga dibuat tajam untuk meningkatkan kualitas dengan meningkatkan detail tekstur. Proses ini dilakukan di atas solusi anti-aliasing game yang ada.

Mudahnya, FSR akan mengambil gambar beresolusi lebih rendah dan kemudian merekonstruksinya menjadi gambar yang beresolusi lebih tinggi.

FSR juga memiliki empat mode kualitas, termasuk Ultra Quality, Quality, Balanced, dan Performance. Mode ini berguna untuk menyesuaikan kualitas gambar dengan performa.

Salah satu keuntungan utama yang dimiliki FSR adalah bahwa platform ini bersifat open source. Ini memungkinkan pengembang untuk mengimplementasikannya secara bebas di dalam game atau konsol game mereka.

Lebih penting lagi, teknologi ini dapat diaktifkan di hampir semua perangkat keras dari vendor mana pun, termasuk Nvidia dan Intel.

Ini berarti bahwa game dengan FSR akan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan opsi pada kartu grafis Nvidia atau bahkan solusi grafis onboard Intel.

Fitur ini sudah bisa digunakan di tujuh judul game, mulai dari 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance dan The Riftbreaker.

AMD telah mengumumkan bahwa fitur tersebut juga akan hadir di DOTA 2, Far Cry 6, dan Resident Evil Village pada akhir tahun ini. Perusahaan mengklaim bahwa lebih dari 40 pengembang game telah menjanjikan dukungan untuk fitur ini.

Artikel Terbaru