spot_img
BerandaNewsRumourXiaomi Rancang Smartphone Modular Dengan Kamera Zoom Periskop

Xiaomi Rancang Smartphone Modular Dengan Kamera Zoom Periskop

-

Jakarta, Selular.ID – Smartphone modular masih belum berfungsi sebagaimana mestinya dan ponsel lipat menjadi lebih populer akhir-akhir ini beberapa perusahaan teknologi ternama berlomba-lomba meluncurkan ponsel lipat.

Dibandingkan dengan ponsel modular meskipun diluncurkan beberapa tahun setelah pengenalan ponsel modular. Namun hanya ada beberapa perusahaan yang meluncurkan smartphone modular seperti Motorola di bawah seri Moto Z dan Fairphone yang berbasis di Belanda termasuk di antaranya.

Sekarang, tampaknya Xiaomi yang berbasis di China dapat mengerjakan smartphone modular karena telah  mempatenkan untuk hal itu. Xiaomi telah mengajukan paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) untuk ‘perangkat elektronik’.

Dokumen yang terungkap beberapa minggu lalu, menjelaskan smartphone yang terbuat dari modul berbeda dengan fungsi berbeda. Render konsep smartphone berdasarkan gambar dalam aplikasi paten telah dibuat oleh Pembuat Konsep untuk LetsGoDigital.

Pada dasarnya ada tiga modul – yang pertama berisi motherboard dan sistem kamera, modul kedua untuk baterai sedangkan modul ketiga adalah yang membentuk bagian bawah telepon. Dua dari tiga modul tersebut memiliki fitur layar dan ketika keduanya dihubungkan bersama, akan terbentuk panel tampilan yang besar tanpa jahitan yang terlihat.

Modul dapat dipasang dan dilepas melalui mekanisme geser seperti rel. Perusahaan telah menunjukkan dan menjelaskan dua jenis modul kamera. Salah satunya adalah sistem kamera berbentuk persegi dengan pengaturan tiga kamera dan lampu kilat LED, desain yang kami lihat di smartphone Redmi 9C perusahaan.

Ada juga konfigurasi kamera vertikal dengan penyiapan quad-camera lensa di bagian bawah memiliki desain berbentuk persegi, menandakan kamera zoom periskop. Sedangkan untuk kamera depan, dokumennya tidak banyak terungkap.

Saat ini, kemungkinan akan menjadi lekukan lubang pada tampilan untuk menampung kamera depan, tetapi perusahaan juga dapat menggunakan teknologi kamera di bawah layar untuk ini. Co-founder dan CEO Xiaomi Lei Jun telah membagikan beberapa foto telepon modular Xiaomi Magic Cube di Weibo beberapa tahun yang lalu.

Meski ponsel tersebut tidak dirilis di pasaran, tampaknya perusahaan asal China tersebut masih bermain-main dengan idenya dan bisa meluncurkan smartphone dengan konsep serupa di masa mendatang.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru