spot_img
BerandaNewsMarket UpdateTop 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q1-2021

Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q1-2021

-

Jakarta, Selular.ID – Di tengah pandemi, dinamika pasar ponsel tetap memanas. Memasuki bulan Mei, sejumlah lembaga riset mulai mengeluarkan hasil laporannya mengenai kondisi pasar selama kuartal satu 2021.

Di industri smartphone tanah air, laporan Canalys menunjukkan bahwa kinerja Oppo kembali digdaya pada tiga bulan pertama di tahun ini.

Menurut Canalys, lima besar vendor smartphone di Indonesia untuk periode Januari-Maret 2021 masih dihuni oleh lima vendor yang sama seperti dua tahun terakhir. Hanya saja, posisi mereka silih berganti. Top 5 brand smartphone di nusantara pada Q1-2021 adalah Oppo (24%), Samsung (19%), Vivo (19%), Xiaomi (18%), dan Realme (12%).

Vendor yang identik dengan warna hijau itu meraih market share sebesar 24% atau naik sebanyak 39% dibandingkan kuartal sama tahun lalu. Padahal, di akhir tahun 2020 Oppo masih menduduki posisi kedua dengan raihan yang sama besar, 24% (Canalys).

Di posisi kedua dan ketiga diduduki oleh Samsung dan Vivo, yang menurut perhitungan Canalys, meraup pangsa pasar yang sama besar yakni 19%. Samsung menjadi satu-satunya vendor di Lima Besar yang mencatat penurunan market share dari kuartal sama tahun lalu, sebesar -5%, tetapi berhasil menguatkan cengkeramannya ke posisi Runner-up dari posisi buncit (peringkat lima) di kuartal sebelumnya.

Sedangkan pangsa pasar Vivo naik sebanyak 17% dibandingkan tahun lalu, tetapi posisinya malah merosot ke nomor tiga, dari pemegang mahkota pasar smartphone Indonesia di kuartal sebelumnya.

Di posisi buncit, Xiaomi dan Realme, sama-sama turun satu peringkat. Kalau kuartal keempat 2020 Xiaomi berhasil menempati posisi tiga dan Realme di nomor empat, kini keduanya harus memberi jalan pada mantan penguasa Samsung yang memanjat tiga posisi dari lima ke dua, yang memaksa Xiaomi turun ke posisi empat dan Realme ke peringkat lima.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru