spot_img
BerandaNewsRumourRumor: Samsung Bersiap Ganti Android dengan OS Baru

Rumor: Samsung Bersiap Ganti Android dengan OS Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung bisa menjadi salah satu perusahaan pertama yang menggantikan Android OS dengan Google Fuchsia, sistem operasi open source yang telah dikerjakan oleh perusahaan Mountain View sejak 2016 silam.

Tidak seperti Android, Fuchsia OS tidak hanya ditujukan untuk smartphone dan tablet, tetapi untuk berbagai produk, dengan penekanan pada perangkat yang terhubung.

Ini juga akan lebih bisa diperbarui daripada Android, yang berarti konsumen tidak perlu bergantung pada pabrikan ponsel mereka untuk pembaruan baru. Untuk OEM, ini akan mengurangi beban pemeliharaan.

Akhir tahun lalu, Google membuka Fuchsia untuk kontribusi publik dan belum lama ini Samsung menjadi kontributor. Perusahaan menambahkan cuplikan kode yang terkait dengan “Flash-Friendly File System”, yang sering disingkat menjadi “F2FS”. Ini adalah sistem file open source yang dirancang oleh Samsung untuk arsitektur penyimpanan flash dan dianggap lebih cepat daripada sistem file ext4 yang digunakan oleh banyak perangkat Android.

Sejauh mana keterlibatan Samsung dalam Fuchsia OS tidak jelas, tetapi leaker Ice Universe mengindikasikan bahwa perangkat Samsung masa depan bisa menampilkan platform baru tersebut. Dan jika Google akhirnya memutuskan untuk mengganti Android dengan OS baru, Samsung dan OEM lainnya tidak punya pilihan lain.

Masih belum tahu kapan Fuchsia OS akan siap untuk dirilis. Penantiannya mungkin tidak akan lama, karena daftar Bluetooth baru-baru ini menunjukkan Nest Hub menjalankan Fuchsia 1.0.

Namun, mungkin perlu beberapa waktu sebelum versi komersial pertama diluncurkan, karena Google kemungkinan hanya akan mengizinkan pengembang mencoba OS, sebagai awalan.

Tampaknya Android 12 akan menjadi pusat perhatian selama Google I/O 2021 yang akan datang. Jadi jangan berharap ada wacana mengenai Fuchsia selama acara tersebut.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru