spot_img
BerandaNewsSocial MediaPlin-plan, WhatsApp Batal Batasi Fitur yang Tolak Aturan Privasi Baru

Plin-plan, WhatsApp Batal Batasi Fitur yang Tolak Aturan Privasi Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak 15 Mei 2021 kemarin, WhatsApp berlakukan kebijakan yang menghimbau para penggunanya untuk melakukan aktivasi privasi baru. Bahkan, Facebook yang merupakan pemilik dari WhatsApp, pernah mengatakan jika pengguna menolak untuk mengatur privasi baru, maka konsekuensi yang didapat ialah mereka bakal kehilangan akses sejumlah fitur di WhatsApp.

Kemudian sekarang, WhatsApp justru mengurungkan niat tersebut. Perusahaan akhirnya membatalkan pembatasan fitur WhatsApp untuk pengguna yang tidak menerima kebijakan privasi baru aplikasi.

“Mengingat diskusi baru-baru ini dengan berbagai otoritas dan pakar privasi, kami ingin menjelaskan bahwa kami tidak akan membatasi fungsionalitas cara kerja WhatsApp bagi mereka yang belum menerima pembaruan,” kata juru bicara WhatsApp, seperti yang dilansir melalui The Verge.

Kebijakan baru WhatsApp tersebut menuai kontroversi serta menimbulkan kekhawatiran pengguna WhatsApp jikalau nantinya data pribadi mereka tersebar akibat aturan privasi baru ini.

Terkait itu, WhatsApp menegaskan bahwa penyebab perusahaan berubah pikiran bukan karena kecemasan akan kebocoran data pengguna. Sejauh ini, WhatsApp masih bungkam terkait alasannya.

Baca juga:Jangan Klik Update WhatsApp Pink!

Kebijakan Baru yang Dibatalkan

Berbicara soal fitur yang sempat akan dibatasi ke pengguna WhatsApp yang enggan melakukan aktivasi privasi baru diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Pengguna tak bisa lagi mengunggah status dalam aplikasi WhatsApp.
  2. Pengguna tak bisa meneruskan atau forward pesan dari satu obrolan ke obrolan lain.
  3. Pengguna tak dapat mengelola dan menggunakan pesan broadcast serta membuat grup baru, tetapi masih dapat ditambahkan dalam grup dari orang lain, itupun jika pengaturan privasi memungkinkan.
  4. Pengguna tak dapat mengutip pesan alias mention anggota dalam grup, dan tak dapat mengirim pesan suara, stiker, serta jenis media lain di dalam aplikasi WhatsApp.
  5. Pengguna tak akan bisa mencadangkan riwayat chat, jika menonaktifkan pencadangan otomatis.
  6. Pengguna tak dapat menggunakan layanan Click To Chat.
  7. Pengguna tak dapat mengekspor riwayat obrolan.
  8. Pengguna WhatsApp di iPhone tak dapat melihat media yang di-download, jika belum diekspor ke galeri sebelumnya. Sedangkan untuk WhatsApp versi Android, pengguna masih dapat melihat media dengan menggunakan aplikasi Manajer File.
Baca juga :  Dari Backchannel sampai Creator Commons, Ini 5 Fitur Terbaru Clubhouse
Baca juga :  Facebook Portal Go, Portal Plus, dan Smart Screen Mulai Tersedia untuk Meeting Online

Kendati begitu, kedepannya WhatsApp masih akan terus mengingatkan pengguna dari waktu ke waktu hingga mereka menerima pembaruan. Perusahaan berharap pendekatan ini dapat memperkuat pilihan pengguna.

Tonton juga video di bawah ini:

spot_img

Artikel Terbaru