spot_img
BerandaTipsPanduan Agar Chrome di Android Bisa Lebih Gesit

Panduan Agar Chrome di Android Bisa Lebih Gesit

-

Jakarta, Selular.ID – Keterbatasan perangkat keras atau perangkat lunak di android membuat kinerja dari Chrome semakin melambat. Meskipun kami tidak dapat memberikan spesifikasi yang berkinerja lebih baik, kami dapat menawarkan beberapa kiat dan trik untuk mempercepat Chrome untuk Android.

Cara mempercepat Chrome untuk Android

  1. Percepat Chrome dengan mengaktifkan Lite Mode
Ada dua faktor utama yang berperan saat mengukur kinerja browser yaitu perangkat keras dan kecepatan data.
Tidak masalah jika memiliki smartphone tercepat di dunia. Browser hanya akan secepat kecepatan data yang dimiliki oleh anda memungkinkan hal yang sama berlaku sebaliknya.
Tetapi bagaimana jika anda bisa membuat smartphone menggunakan lebih sedikit data. Itulah yang sebenarnya dilakukan oleh fitur Mode Ringan Chrome untuk Android.
Intinya, mengaktifkan opsi ini akan mengirimkan data ke server Google untuk dikompresi dan dioptimalkan untuk pengalaman smartphone.
Mungkin tidak perlu memuat gambar besar itu hanya untuk ditampilkan di layar kecil. Ini tidak hanya akan membuat mengakses sedikit lebih cepat dan sebagai hasilnya mempercepat Chrome untuk Android, tetapi juga membantu mengurangi konsumsi data.

Cara mengaktifkan Lite Mode

1. Buka Chrome
2. Tekan tombol menu 3 titik di pojok kanan atas layar
3. Pilih Pengaturan
4. Gulir ke bawah dan pilih Mode Ringan
5. Aktifkan pengaturan
2. Membersihkan cache secara berkala
Cache sebenarnya adalah hal yang baik ini memuat data penjelajahan dan menyimpannya di memori eksternal pada smartphone. Saat memuat halaman, jauh lebih cepat bagi browser untuk hanya menarik data yang disimpan, daripada mendownloadnya dari awal lagi.
Masalahnya muncul ketika memiliki terlalu banyak data cache yang disimpan, karena file dapat terfragmentasi dan rusak, menyebabkan browser kinerja melambat. Pastikan untuk membersihkan cache browser secara berkala, hanya untuk menjaganya tetap segar. Ini akan membuat waktu pemuatan lebih lama tepat setelah fakta, tetapi semuanya akan segera terlihat lebih baik.

Cara membersihkan cache di Chrome

1. Buka Chrome
2. Tekan tombol menu 3 titik di pojok kanan atas layar
3. Pilih Pengaturan
4. Gulir ke bawah dan pilih Lite Mode
5. Aktifkan pengaturan
3. Preload halaman untuk browsing lebih cepat
Google terkadang terlalu pandai memprediksi apa yang akan anda lakukan. Semua keajaiban algoritmik itu juga dapat membantu mempercepat Chrome untuk Android. Peramban seluler dapat memuat situs web terlebih dahulu sebelum anda benar-benar mengaksesnya.
Artinya, situs akan sering dimuat sebelumnya bahkan sebelum anda memutuskan untuk membukanya. Itu membuat seluruh pengalaman jauh lebih cepat, tetapi ada satu sisi negatifnya. Masalah utama di sini adalah melakukan ini dapat membuang banyak data.
Ini tidak keren jika anda memiliki anggaran internet yang ketat, tetapi jika anda tidak keberatan membuang-buang megabyte, anda mungkin akan menikmati kecepatan tambahannya.

Cara mengaktifkan preload di Chrome

1. Buka Chrome
2. Tekan tombol menu 3 titik di pojok kanan atas layar
3. Pilih Pengaturan
4. Ketuk Privasi dan keamanan
5. Cari halaman Preload untuk browsing lebih cepat dan opsi pencarian dan aktifkan
4. Gunakan pintas Chrome di homescreen
Mengakses browser secepat mungkin adalah inginan setiap orang, jadi solusi yang paling masuk akal adalah beradaptasi dengannya dan menemukan cara sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan lebih cepat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pintas layar beranda untuk situs web yang paling sering dikunjungi.
Mungkin anda selalu memeriksa Otoritas Android mengapa tidak meletakkannya di layar beranda, Ini akan menghemat masalah untuk benar-benar masuk ke browser dan menemukan situs secara manual.

Cara membuat pintasan Chrome

1. Buka Chrome
2. Buka situs yang pintasannya ingin Anda buat
3. Tekan tombol menu 3 titik di pojok kanan atas layar
4. Pilih Tambahkan ke layar Utama
5. Edit judul sesuai keinginan Anda
6. Pilih Tambahkan
5. Selalu perbarui Chrome
Ingat Chrome mendapat pembaruan terus-menerus dan selalu berusaha untuk menjaga agar semuanya tetap efisien, menambahkan fitur, dan membunuh bug.
Selalu pastikan browser Chrome Anda ditingkatkan ke versi terbaru. Ini akan meningkatkan peluangnya agar berjalan lancar. Untuk melakukan ini, cukup buka Google Play Store, telusuri Chrome, dan pastikan sudah diperbarui.
6. Gunakan fitur eksperimental Chrome
Jika anda benar-benar ingin mempelajari lebih dalam Chrome untuk Android untuk melihat apakah anda dapat mempercepatnya, lihat bendera browser. Cukup ketik “chrome: // flags” di kotak URL dan maka akan dibawa ke eksperimen tersembunyi dari browser.
7. Pastikan menutup tab yang tidak digunakan
Anda bisa dengan mudah membuka banyak tab di Chrome, tapi ini bisa memperlambat pengalaman Anda. Pastikan untuk menutup semua tab yang tidak Anda perlukan dan bersihkan semuanya sehingga browser dapat beroperasi dengan ringan.
1. Buka Chrome
2. Ketuk ikon persegi di sudut kanan atas layar (di sebelah tombol menu 3 titik)
3. Tekan tombol X di pojok setiap tab yang ingin Anda tutup
Demikian tips membuat pengalaman berselancar di smartphone Android bisa lebih gesit. Selamat mencoba.
Baca juga :  Pengguna Iphone Waspada, Getaran Bisa Mempengaruhi Kinerja Kamera ¬†
spot_img

Artikel Terbaru