spot_img
BerandaTipsIni Dia Tips Hemat Baterai pada Smartphone

Ini Dia Tips Hemat Baterai pada Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Permasalahan baterai smartphone cepat habis menjadi sebuah permasalah cukup menyebalkan. Disamping itu industri smartphone berlomba-lomba membuat perangkat menjadi lebih hemat energi karena baterai semakin besar, tetapi masa pakai baterai masih menjadi perhatian sebagian besar pengguna.

Selain mengandalkan fitur dan teknologi yang dihadirkan oleh smartphone, ada baiknya juga Anda mengidentifikasi penyebabnya dan menemukan solusi dari pemborosan baterai pada ponsel yang setidaknya Anda kenakan saat ini.

Berikut beberapa kemungkinan mengapa ponsel Anda terus boros baterai:

  1. Pastikan seberapa sering Anda menggunakan GPS, Wifi, dan Bluetooth

Di tahap ini sebaiknya Anda intropeksi diri, dan menjadari seberapa sering anda menggunakan GPS, Wifi, dan Bluetooth lalu kemudian membiarkannya tetap aktif setiap saat.

Memang GPS, Wifi, dan Bluetooth daya yang dikonsumsi dari fitur tersebut tidak lah besar, tetapi ketiga fitur tersebut sangat sering dikenakan, jadi meski sedikit tetapi jika sering ujungnya boros juga.

  1. Penggunaan kamera

Tak dipungkiri tampil narsis, dan hobi mengabadikan gambar pada smartphone juga sangat memakan daya baterai. Perlu Anda sadari mengambarik foto atau video membutuhkan banyak energi lho. Jadi alangkah baiknya, gunakan secukupnya  untuk mendapatkan daya tahan baterai awet hingga seharian, tentu solusi ini butuh penyesuaian momen yang Anda miliki.

  1. Suhu dingin sebabkan baterai boros

Yang juga jarang banyak orang ketahui, suhu yang lebih rendah mempengaruhi masa pakai baterai secara signifikan. Roger Gurney, pemilik Arctic Tech Solutions, mengungkapkan bahwa baterai lithium-ion dapat berhenti mengeluarkan listrik dalam cuaca yang sangat dingin.

Bahkan dirinya menjabarkan  paparan cuaca dingin yang konstan dapat merusak baterai secara permanen. Solusi yang baik adalah menjaga ponsel tetap dekat dengan anda, agar suhu tubuh tetap terjaga.

  1. Tetap up-to-date

Pembaruan perangkat lunak sering kali disertai dengan peningkatan masa pakai baterai, jadi sebaiknya selalu perbarui ponsel anda ke versi perangkat lunak terbaru yang tersedia.

  1. Andalkan power bank

Nah, solusi terakhir yang bisa Anda andalkan ialah gunakan cadangan daya, mengunakan power bank. Tentu cara ini sudah menjadi solusi unggulan agar smartphone Anda tetap terjaga dari sisi daya, apalagi bagi Anda yang memang hobi berpergian.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru