spot_img
BerandaTipsCara Mengatur Konferensi Video Jarak Jauh

Cara Mengatur Konferensi Video Jarak Jauh

-

Jakarta, Selular.ID – Salah satu hal tersulit akibat pandemi covid-19 bagi banyak orang adalah berpisah dengan orang-orang tersayang bagi mereka. Meskipun sulit, bagaimanapun, sebagian besar teknologi telah datang untuk kita.

Teknologi telah menyediakan cara untuk berbicara, melihat, dan bermain dengan orang-orang yang terpisah dari kita. Lebih banyak dari kita sekarang menggunakan aplikasi seperti Zoom, House Party, Skype, FaceTime, dan lainnya untuk nongkrong dari jarak jauh.

Tetapi bagaimana jika orang tersayang yang ingin anda ajak bicara tidak menginstal aplikasi apa pun di perangkatnya dan bagaimana jika mereka tidak tahu cara menyiapkan telepon konferensi. Bagaimana jika mereka tidak maju dengan teknologi, atau mereka memiliki keterbatasan yang mencegah mereka untuk berinteraksi dengan perangkat pintar.

Dimana ada kemauan disitu ada jalan, meskipun mungkin tidak ada solusi untuk setiap skenario, ada cara untuk mengatasi hambatan ini di sebagian besar kasus. Baca terus, dan mari kita jelajahi beberapa opsi untuk menyiapkan keluarga dengan solusi konferensi video, meskipun anda tidak dapat menawarkan dukungan teknis secara langsung.

Cara mengatur panggilan konferensi dengan Echo Show

Sejauh ini, pilihan terbaik untuk membuat anggota keluarga yang memiliki permasalahan terhadap teknologi atau teknofobia memulai konferensi video adalah memberi mereka Pertunjukan Gema. Ini memiliki keuntungan yang signifikan dalam menawarkan fungsi “drop-in” Alexa.

Drop-in memungkinkan anda muncul di perangkat Echo orang lain kapan saja, tanpa diminta selama mereka sebelumnya telah memberikan izin. Ini pada gilirannya berarti anda dapat mengatur panggilan konferensi dengan orang yang dicintai meskipun mereka tidak dapat membuka perangkat untuk menekan “jawab”, misalnya. anda memberikan satu untuk ibu anda, karena dia selalu mengarahkan telepon ke dahinya.

Karena anda harus memilih siapa yang dapat masuk ke perangkat apa pun melalui pengaturan, anda mungkin perlu mengatur perangkat terlebih dahulu sebelum mengirimnya. Demikian juga, seseorang harus siap membantu menghubungkan perangkat ke Wifi.

Setelah diatur, teman atau kerabat anda akan dapat menerima panggilan tanpa melakukan apa pun dan bahkan mampir ke orang-orang hanya dengan bertanya kepada Alexa. Anda bahkan dapat menelepon dari perangkat Android atau iOS dengan aplikasi terpasang. Dan jika anda khawatir tidak akan pernah mendapatkan kedamaian sesaat, anda juga dapat menentukan waktu yang ditetapkan untuk mengaktifkan fitur drop-in.

Cara mengatur panggilan konferensi di Zoom atau Skype dari jarak jauh

Opsi lainnya adalah menginstal Zoom, Skype, WhatsApp, atau aplikasi serupa ke perangkat Android, perangkat iOS, atau PC Windows. Ini mungkin lebih disukai jika anda berharap untuk ikut serta dalam obrolan grup besar, atau jika tertarik untuk bermain game, dll.

Bergantung pada perangkat apa yang digunakan orang yang ingin anda telepon, mereka mungkin sudah menginstal aplikasi ini. Dalam hal ini, jika anda dapat memberitahu mereka tentang proses penyiapan melalui telepon, maka anda siap melakukannya.

Namun, jika orang lain tidak memiliki aplikasi tersebut, atau jika mereka tidak yakin cara menyiapkan panggilan konferensi bahkan dengan instruksi anda, mungkin perlu menangani sendiri penyiapannya.

Dalam hal ini, anda dapat meminta mereka untuk mengirimkan perangkat keras kepada anda, kemudian menginstal perangkat lunak tersebut atas nama mereka. Ini memang menimbulkan risiko kebersihan kecil, tetapi anda dapat menguranginya dengan mengikuti panduan kami untuk membersihkan ponsel atau tablet.

Saat menginstal perangkat lunak konferensi video, gunakan kesempatan ini untuk menginstal juga TeamViewer atau Splashtop Remote. Ini akan memberi anda kemampuan untuk mengakses perangkat dari jarak jauh dan mengontrolnya atas nama pemiliknya. Jika orang yang Anda sayangi tidak dapat meluncurkan aplikasinya sendiri, atau jika mereka cenderung mengalami kesulitan, anda dapat menawarkan bantuan tanpa meninggalkan rumah.

Merekomendasikan menggunakan PC Windows jika memungkinkan, karena ini memiliki dukungan paling banyak untuk berbagai solusi berbagi layar yang berbeda dan dapat dikontrol dari sistem operasi lain. Anda bahkan dapat membangunkan PC dari jarak jauh dari mode tidur menggunakan Wake On LAN dan penerusan port. Ini akan membutuhkan koneksi ethernet kabel.

Jika berpikir bahwa orang yang anda cintai akan lebih baik dilayani oleh tablet atau ponsel, Android adalah cara terbaik. Meskipun akun Splashtop default tidak mengizinkan anda mengontrol perangkat Android atau iOS, TeamViewer menyediakan layanan ini melalui aplikasi lain yang disebut TeamViewer QuickSupport.

Mungkin anda juga beruntung mendorong orang yang Anda cintai untuk menginstal QuickSupport sendiri, karena menginstal aplikasi adalah proses yang relatif mudah. Perangkat lunak ini tidak mendukung semua perangkat Android, jadi pastikan Anda melakukan riset sebelum berinvestasi pada perangkat keras baru.

 

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru