Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap realme Buds Air 2, Andalkan ANC dan Segudang Kemampuan Lain  

realme Buds Air 2, Andalkan ANC dan Segudang Kemampuan Lain  

-

Jakarta, Selular.ID – Perangkat True Wireless Stereo (TWS) kini sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita di era digital. Bentuknya simple tanpa kabel, membuat kita (pengguna) anti ribet saat mengenakanya, terlebih earbuds kekinian sudah mengantongi berbagai macam teknologi canggih dan fitur andal di dalamnya.

Nah, realme yang dikenal sebagai brand-nya anak muda baru saja merilis realme Buds Air 2, sebuah perangkat TWS super canggih dikelasnya. Perangkat yang hadir dengan mengusung slogan Noise Off, realme On itu sudah membawa kemampuan Active Noise Cancellation (ANC), yang bisa dibilang paling direkomendasikan untuk diboyong, dikisaran harga Rp 600 ribuan.

Mau tahu seperti apa kemampuan dari realme Buds Air 2 ini, simak berikut ulasanya:

Tampilan Mempesona

realme Buds Air 2 masih membawa desain lengkung seperti generasi sebelumnya namun hadir dengan desain dua warna,  yang realme sebut sebagai Two-tone Color Splicing Design. Terinspirasi dari kilau perhiasan, realme Buds Air 2 memiliki dua varian warna: Closer Black dan Closer White dimana Closer Black memiliki perpaduan warna hitam dan biru sementara Closer White memadukan warna silver dan putih. Alhasil melalui kombinasi dua warna stylish itu membuat earbuds ini kian menarik dipandang ketika terkena pantulan cahaya. Sangat pas dimanfaatkan untuk menunjang penampilan/gaya keseharian Anda.

Baca juga: Review realme 8 Pro: Kamera Smartphone 108MP dengan Fitur Trendi Berkreasi Tanpa Batas

Ditambah berat realme Buds Air 2 ini super ringan, yaitu hanya 4,1 gram, atau lebih ringan dari selembar kertas ukuran A4 membuat perangkat ini sangat nyaman dikenakan. realme Buds Air 2 ini dibekali tiga ukuran eartips berbeda (S/M/L), sehingga pengguna dapat memilih ukuran yang paling sesuai telinga.

Bebas Dari Kebisingan

Kemudian yang juga menarik dari realme Buds Air 2 ini sudah mendukung ANC, sebuah fungsi yang umumnya hanya terdapat di earbuds dan headphones kelas flagship. Dalam usaha ini, bisa dikatakan realme merupakan salah satu brand tersukses untuk membawa fitur peredam kebisingan untuk semua kalangan, yang tadinya hanya terbatas pada produk high-end saja sulit tersentuh oleh kebanyakan pengguna.

Yang perlu Anda ketahui dengan ANC hingga 25dB ini, realme Buds Air 2 mampu menyumbat kebisingan dari luar melalui mikrofon penerima, termasuk kebisingan pesawat, kereta, dan alat transportasi lainnya. realme Buds Air 2 juga dilaporkan dapat meredam kebisingan peralatan elektronik rumah tangga, sehingga pengguna dapat menikmati musik sambil bekerja atau belajar tanpa terganggu.

Kemudian sistem peredam bising ini juga sukses berfungsi berkat pada mikrofon ganda yang terdapat di realme Buds Air 2. Didukung dengan algoritma peredam bising ENC sehingga membentuk sistem peredam bising yang kuat, yang secara siginifikan dapat meredam kebisingan dari lingkungan sekitar saat digunakan untuk bertelepon.

Baca juga: Review Amazfit T-Rex Pro

Hal lain tak kalah penting, realme Buds Air 2 ini juga memiliki Transparency Mode, yang memungkinkan pengguna juga dapat mendengarkan suara sekitar dalam satu kali klik. Walaupun hadir dengan desain in-ear, berkat mode ini, pengguna dapat tetap berbicara dengan orang lain tanpa melepas realme Buds Air 2.

Pada bagian chipsetnya, realme secara eksklusif telah menyesuaikan generasi baru chip cerdas untuk mengurangi kebisingan – Chip R2. Keunggulan utama dari chip ini adalah kemampuannya untuk mendukung ANC, yang juga disertai dengan kinerja komputasi yang fantastis, efisiensi energi yang lebih baik, koneksi yang lebih stabil, dan kualitas panggilan yang lebih tinggi.

Pada chip R2, daya tahan baterai telah meningkat hingga 80% dan latensi telah berkurang hingga 35% pada kondisi yang sama. Sinyal penerima dan transmisi telah ditingkatkan hingga 3dB dan 2dB. Chip ini juga sudah mendukung Bluetooth 5.2 dengan koneksi stabil walau mengalami interfensi multi-device dan jarak transmisi hingga 10 meter.

Pengalaman Audio Kelas Dunia

Untuk pengalaman dari sisi audio, realme menggaet musisi papan atas dunia The Chainsmokers untuk urusan membangun kualitas audio realme Buds Air 2.

The Chainsmokers dalam video testimoni yang diunggah realme mengatakan sangat senang diundang realme sebagai Special Invited Tuner Chief Tuner untuk menentukan kualitas suara, termasuk pemilihan material, dan penyetelan audio curve. Pada bagian hardware, realme Buds Air 2 menggunakan material yang terbaik, sebab The Chainsmokers meyakini bahwa hardware memainkan peran penting dalam menghasilkan suara yang maksimal.

Untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman suara di realme Buds Air 2, dari sekian banyak pilihan material, The Chainsmokers telah memilih diamond-like carbon diaphragm, dimana bahan tersebut biasanya hanya ada pada flagship earbud atau headphone dengan harga yang tinggi (sekitar 2 hingga 20 jutaan). Kekerasan, ketahanan korosi, dan karakterisktik lain dari bahan ini memberikan sensitivitas respon yang sangat baik di bagian depan dan belakangnya.

Setelah dilakukan penyesuaian beruang kali, distorsi pada realme Buds Air 2 telah berhasil diturunkan hingga kurang dari 0.5%, standar tertinggi di industri yang tercatat hingga kini.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi ‘Terkini’ Smartphone Oppo

Kemudian realme Buds Air 2 juga dilengkapi dengan solusi peningkatan bass terbaru yaitu Bass Boost+ sebagai fitur yang paling direkomendasikan dan diciptakan oleh The Chainsmokers bersama dengan realme Music Studios.

Fitur ini dapat sepenuhnya memanfaatkan kekuatan foil dinamis dan diafragma DLC yang besar, memberikan pengalaman kekuatan bass seperti mendengarkan musik secara langsung (live). Kini pengguna dapat dipastikan dapat meningkatkan pengaturan bass untuk rekaman, musik elektronik, rock, dan lainnya.

Baterai Tahan Lama

Klaim ringan bukan berarti masa pakai baterai singkat. realme Buds Air 2 memiliki total penggunaan selama 25 jam. Dengan satu kali pengisian daya, earbuds sendiri akan dapat digunakan hingga 5 jam.

realme Buds Air 2 juga sudah mendukung pengisian daya cepat. Dalam 10 menit pengisian, realme Buds Air 2 dapat digunakan selama 120 menit.

Fitur Audio Lengkap

realme Buds Air 2 juga mendukung audio AAC berkualitas tinggi, yang merupakan algoritme pengkodean rasio kompresi tinggi untuk ketepatan musik dan pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Untuk memenuhi kebutuhan gamers muda ketika bermain games menggunakan headphone, realme meningkatkan Game Mode dengan latensi serendah 88ms, yang sudah direduksi hingga 35% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Suara dan gambar akan semakin selaras ketika digunakan saat bermain game. Game Mode sendiri bisa diaktifkan melalui pengaturan di aplikasi realme Link.

Baca juga: Realme Narzo 30 Akan Ditenagai Helio G95 dan RAM 6GB

Berbicara soal realme Link, realme menghadirkan pengaturan EQ untuk realme Buds Air 2. Kustomisasi realme Buds Air 2 melalui realme Link App juga dapat mengatur fungsi touch control untuk menyalakan/mematikan mode ANC.

Fitur Cerdas Lainnya

Masih sama seperti generasi realme Buds Air sebelumnya, realme Buds Air 2 masih menghadirkan fitur cerdas seperti Open-up Auto Connection, Google Fast Pair, Smart Wear Detection, dan Intelligent Touch Controls.

Catatan pentingnya, realme Buds Air 2 juga telah mendukung IPX5 water resistant, atau tahan air terhadap cipratan, hujan, dan keringat pada skenario penggunaan sehari-hari yang super aktif.

Real Quality

Sebelum diproduksi massal, realme Buds Air 2 juga telah melewati pengujian ketat selama proses produksi untuk memastikan durabilitasnya saat digunakan sehari-hari dalam berbagai kondisi. Beberapa pengujian yang dilakukan pada realme Buds Air 2 antara lain: 5.000x lepas pasang port pengisian daya, 10.000x buka tutup case, 2.000x stabilitas port pengisian daya, 2.500x ketahanan air tombol fungsi -20/60℃ 168, jam pengujian suhu 65℃/RH95% dan 168 jam pengujian pada suhu/kelembaban tinggi.

Kesimpulan

Sebagai sebuah TWS kelas dunia, karena menggandeng The Chainsmokers, realme Buds Air 2 memang selayaknya menawarkan kualitas audio yang mumpuni.

Selain mengandalkan ANC dan Transparency Mode, ternyata hardware dan software realme Buds Air 2 mengalami peningkatan besar-besaran. Mulai dari chipset, ketahanan baterai, konektivitas serta bobot.

Baca juga: Rekomendasi 5 Smartphone Untuk Menunjang Kegiatan Bisnis  

Jika dihitung dengan seksama, seharusnya harga TWS dengan spek seperti ini ada di kisaran harga 5  hingga 10 jutaan, namun realme membanderolnya dibawah Rp 600,000 saja.

Bagi kami ini lebih dari cukup untuk merekomendasikan realme Buds Air 2 untuk Anda yang sedang mencari TWS spek tinggi dengan desain kekinian namun tetap terjangkau. realme Buds Air dapat didapatkan di JD http://bit.ly/realme-buds-air-2-jd dan situs resmi realme http://bit.ly/realme-buds-air-2

Artikel Terbaru