spot_img
BerandaNewsSocial MediaHaruskah Membayar untuk Zoom Meetings?

Haruskah Membayar untuk Zoom Meetings?

-

Jakarta, Selular.ID – Zoom Meetings menjadi salah satu platform konferensi video teratas sejak pandemi dimulai. Pengguna platform ini salah satunya untuk pendidikan online, mengadakan pertemuan, dan bahkan metode praktis untuk tetap berhubungan dengan anggota keluarga. Meski begitu, banyak orang mungkin tidak memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu Zoom Meetings dan apa yang bisa dilakukannya.

Salah satu tantangan terbesar yang ingin ditangani Zoom Meetings adalah komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya yang tidak bisa dilakukan secara langsing. Kita semua mengalami dampak dari penyebaran virus COVID-19, dan Zoom Meetings memudahkan  aktivitas yang tidak bisa dilakukan selama berada didalam rumah melalui  video.

Apa itu Zoom Meetings?

Jadi, apa itu Zoom Meetings? Ini adalah platform konferensi video dari sebuah perusahaan bernama Zoom. Ini memungkinkan pengguna untuk mengadakan rapat online sambil bekerja dari jarak jauh atau pun melakukan. Perangkat lunak ini memungkinkan untuk video HD serta audio dan mendukung hingga 1.000 peserta per sesi, meskipun jumlah pastinya tergantung pada paket yang anda miliki.

Zoom Meetings memiliki semua fitur yang dibutuhkan perusahaan untuk mengadakan rapat online, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Peserta dapat bergabung dari komputer atau perangkat seluler di mana pun di dunia selama mereka memiliki koneksi internet.

Mereka dapat menyalakan kamera sehingga orang lain dapat melihatnya atau mematikannya untuk menjaga privasi. Setiap individu juga dapat mengontrol mikrofon mereka untuk memberi perhatian penuh kepada siapa pun yang berbicara.

Zoom Meeting menawarkan banyak fitur berguna lainnya, beberapa di antaranya dapat anda lihat di bawah tentang fitur utama untuk Zoom Meetings.

Rekam pertemuan: Semua pertemuan dapat direkam dengan menekan sebuah tombol. Anda dapat menyimpan rekaman di perangkat atau mengunggahnya ke cloud. Ini memungkinkan pengguna yang tidak dapat menghadiri rapat / webinar langsung untuk melihatnya nanti.

Berbagi layar: Peserta dapat berbagi layar mereka dengan orang lain, yang berguna untuk berbagai presentasi dan materi pendidikan.

Obrolan: Setiap Rapat Zoom memiliki fitur obrolan terintegrasi, memungkinkan peserta untuk berkomunikasi satu sama lain selama rapat dan juga dapat mengajukan pertanyaan.

Mengangkat tangan secara virtual: Saat Anda ingin berbicara atau mengajukan pertanyaan, Anda dapat memberi isyarat kepada moderator dengan mengangkat tangan secara virtual. Ini meningkatkan komunikasi selama rapat, mencegah banyak orang berbicara sekaligus.

Jajak pendapat: Seorang tuan rumah dapat membuat jajak pendapat dan membagikannya dengan peserta dalam rapat untuk mengumpulkan tanggapan dan pendapat mereka tentang topik tertentu. Ini berguna untuk pemungutan suara pada berbagai keputusan terkait bisnis, misalnya.

Bisukan peserta: Penyelenggara rapat memiliki kemampuan untuk mematikan mikrofon peserta mana pun. Ini adalah fitur penting yang digunakan ketika seseorang lupa bahwa mereka memiliki mikrofon dan keadaan menjadi tidak kondusif, misalnya.

Fitur lain yang termasuk dalam Zoom Meetings adalah latar belakang virtual yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan yang diinginkan sebagai latar belakang selama rapat. Ini adalah opsi yang bagus bagi mereka yang tidak ingin orang-orang melihat keadaan bagian belakang mereka.

Sementara Touch Up My Appearance, yang pada dasarnya adalah filter yang memperhalus kulit pengguna, membuat tampilan pengguna Zoom Meetings terlihat lebih menarik untuk pertemuan penting tersebut.

Privasi yang ada untuk Zoom Meetings sendiri ketika pengguna sedang melakukan Rapat Zoom. Ini mendukung enkripsi ujung ke ujung yang memastikan tidak ada yang bisa mengintip rapat apa yang sedang terjadi ketika dimulainya Zoom Meetings.

Pengguna juga dapat menambahkan beberapa ekstensi ke Rapat Zoom jika memang membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dalam perangkat lunak. Sekarang, pengguna dapat menambahkan Firefox, Chrome, atau Safari untuk dukungan browser. Jika ingin menginginkan email, Zoom menawarkan plugin Gmail, Outlook, dan Office 365.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk Zoom Meetings?

Kabar baiknya bagi pengguna aplikasi Zoom Meetings bahwa penggunaan aplikasi ini memiliki paket gratis yang tersedia. Namun, memiliki banyak batasan, sehingga tidak cocok untuk sebagian besar bisnis.

Paket gratis ini memungkinkan pengguna menampung hingga 100 peserta dan mengambil bagian dalam pertemuan satu lawan satu tanpa batas, yang keduanya merupakan manfaat penting. Sayangnya, masalahnya datang dalam bentuk batas waktu 40 menit yang ketat di semua rapat.

Baca juga :  Gaet LG, Tiktok Sambangi TV Pintar?

Jika pengguna merasa tidak puasa dengan paket gratis yang ditawarkan oleh Zoom Meetings, maka pengguna harus membayar. Harga yang ditawarkan oleh Zoom Meetings terjangkau, mulai dari hanya $ 14,99/bulan. Pengguna dapat melihat semua paket harga bersama dengan fitur yang masing-masing termasuk dalam gambar di bawah ini.

Harga  ini berlaku untuk setiap penyelenggara, bukan per peserta. Ini berarti pengguna tidak perlu membayar biaya bulanan untuk setiap peserta yang mengikuti rapat atau webinar. Orang lain dapat bergabung secara gratis, tetapi penyelenggara rapat harus membayar langganan bulanan.

Baca juga :  Tips Mengaktifkan Gopay di Tokopedia

Semakin banyak host yang dimiliki maka, semakin tinggi tagihan bulanannya. Perlu diingat bahwa setiap pengguna dapat menghosting bahkan tanpa membayar, mereka hanya akan dibatasi untuk semua fitur paket gratis seperti panggilan tidak lebih dari 40 menit.

Perlu diketahui bahwa setiap paket juga menawarkan berbagai add-on. Ini termasuk kemampuan untuk meningkatkan jumlah peserta yang dapat bergabung dalam rapat, opsi untuk menambahkan penyimpanan rekaman cloud ekstra, dan banyak lagi lainnya.

Apakah Zoom Meetings layak dilakukan?

Mungkin banyak pertanyaan mengapa harus membayar Zoom Meetings jika dapat memilih layanan gratis seperti Skype. Sejumlah alasan mengapa itu bukan ide terbaik.

Meskipun Skype gratis dan tidak memiliki batas waktu untuk rapat seperti versi gratis Zoom, Skype memiliki sejumlah batasan lainnya. Yang pertama adalah hanya 50 orang yang dapat bergabung dalam obrolan grup. Dan juga tidak dapat membisukan mikrofon dari salah satu peserta dalam panggilan, yang merupakan fitur yang pasti diperlukan selama pertemuan online.

Ada fitur lain bahwa Skype dan layanan serupa lainnya yang kurang termasuk kemampuan untuk mengangkat tangan ketika seseorang ingin berbicara, di antara banyak lainnya. Skype dirancang untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk keperluan orang banyak dalam satu.

Jika sering mengadakan rapat online, terutama dengan banyak orang, sebaiknya pengguna membayar biaya bulanan untuk software seperti Zoom Meetings dengan harga awal $ 14,99/bulan.

Namun, Zoom bukan satu-satunya perangkat lunak konferensi video yang tersedia. Pemilik Skype, Microsoft menawarkan Microsoft Teams, yang menggabungkan konferensi video dan perpesanan menjadi satu layanan yang juga menyertakan banyak fitur lainnya. Hangouts Meet Google juga merupakan opsi yang bagus, tetapi ini adalah bagian dari langganan G Suite perusahaan yang juga menyertakan ruang penyimpanan cloud tambahan dan fitur lainnya. Opsi lainnya termasuk GoToMeeting dan Zoho Meeting, serta banyak lainnya.

Apa itu Ruang Zoom?

Zoom Meetings bukan satu-satunya layanan yang ditawarkan perusahaan. Memiliki Ruang Zoom, yang mengacu pada pengaturan perangkat keras (monitor, kamera, dll.) Yang diperlukan untuk meluncurkan Rapat Zoom di ruang yang telah dibuat untuk melakukan rapat.

Untuk layanan Zoom Rooms sendiri pengguna memerlukan biaya tambahan bulanannya $ 49/room selain biaya yang sudah dikeluarkan untuk software Zoom Meetings. Ini mencakup apa yang didapat oleh pengguna tampilan penjadwalan Ruangan Zoom yang digunakan untuk melihat rapat yang akan datang dan menjadwalkan rapat baru.

Selain itu, dilengkapi dengan reklame Digital yang memungkinkan Anda berbagi gambar, video, dan URL ke layar di Ruang Zoom saat Anda tidak menggunakannya untuk rapat Zoom.

Zoom Rooms dirancang untuk pengguna dengan kapasitas ratusan atau bahkan ribuan orang yang ingin melakukan rapat. Mereka dapat dengan cepat menjadi penyiapan yang mahal juga karena perlu membeli monitor, mikrofon, dan semua perangkat keras lain yang diperlukan secara terpisah ini bukan bagian dari langganan bulanan $ 49.

Apa itu Zoom Chat?

Seolah-olah video call dan konferensi belum cukup, untuk mengganti sistem IM tempat kerja pengguna. Zoom Chat adalah alternatif untuk layanan seperti Slack, dan ini adalah salah satu fitur terbaru di Zoom.

Keunggulan dari fitur ini dapat menghilangkan beberapa masalah penjadwalan dari video meeting, karena Zoom Chat memungkinkan pengguna membuat rapat sendiri di mana saja dan kapan saja. Pengguna juga dapat membatasi rapat untuk grup tertentu dalam organisasi milik mereka. Zoom Chats dirancang untuk bekerja pada desktop dan seluler, dan memungkinkan untuk berbagi file penting seperti file kerja dengan tim Anda.

spot_img

Artikel Terbaru