Beranda News Pengoperasian S Pen Samsung Galaxy Z Fold3 Masuk Tahap Final

Pengoperasian S Pen Samsung Galaxy Z Fold3 Masuk Tahap Final

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung mengumumkan tengah mengembangkan ponsel lipat terbaru yaitu Galaxy Z Fold3. Ponsel ini disebut-sebut akan berbeda dari generasi sebelumnya. Samsung Galaxy Z Fold3 akan memiliki layar yang sedikit lebih kecil dari pendahulunya, Z Fold2. Namun dapat menyisipkan S Pen di dalam body-nya.

Hal ini tidak mengherankan, pasalnya perangkat lipat yang akan datang akan menjadi yang pertama mendukungan stylus, sekaligus menjadi pembanding dari produk pendahulunya.
Bocoran terkait dukungan fitur pena pintar itu sejatinya sudah muncul beberapa waktu lalu. Namun, Samsung baru saja menyelesaikan pengembangan fiturnya pada pekan ini. Dalam paten desain yang dipublikasi oleh LetsGoDigital juga memperlihatkan bahwa Samsung menempatkan S Pen pada bagian engselnya.

Lebih lanjut, laporan terbaru  menyebut bahwa niat Samsung memboyong S Pen di seri smartphone lipatnya itu sudah memasuki tahap final. Kabarnya Samsung telah berhasil mengaktifkan kompatibilitas S Pen untuk Galaxy Z Fold3. Dengan begitu, Samsung pun digadang-gadang sudah mempersiapkan produksi massal dari seri tersebut.

Dukungan fitur S Pen diperangkat Galaxy Fold3 itu sebenarnya terbilang sulit untuk diterapkan. Pasalnya, seri Galaxy Fold sangat rentang pada bagian layar, sehingga ponsel harus mendapatkan lapisan layar baru agar kompatibel dengan S pen seperti layar OLED atau kaca ultra-tipis. Layar pada ponsel lipat yang mengalami masalah ialah Galaxy Z Fold2. Ponsel lipat itu dikatakan mudah tergores dengan kuku penggunanya.

Seperti dilaporkan sebelumnya, secara spesifikasi, bagian layar dari Z Fold3 akan memiliki luas menjadi 7,55 (dibandingkan dengan 7,59 pada Fold2), sedangkan tampilan luar akan menyusut dari 6,23, menjadi 6,21 di sisi lain. Smartphone lipat ini akan memiliki kecepatan refresh 120 Hz dan teknologi layar LTPO.

Baca Juga:Layar Galaxy Z Fold3 mengecil, Xiaomi Garap 3 Ponsel Lipat Sekaligus?

Yang menarik dari smartphone lipatnya itu, memiliki varian lipat yang berbeda. Dan kabarnya semua akan memasuki pasar pada 2021, yang diprediksi merupakan tahun yang sangat menarik bagi ponsel lipat.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah ponsel lipat terkait pengembangan S Pen pada ponsel barunya itu. Namun rumor yang beredar, Samsung bakal memulai produksi massal Galaxy Z Fold 3 pada Juli 2021 dan akan dirilis pada September 2021.

 

 

Artikel Terbaru