Beranda News Social Media Instagram Rilis Fitur Recently Deleted

Instagram Rilis Fitur Recently Deleted

-

Jakarta, Selular.ID – Instagram baru saja mengenalkan fitur terbaru yang segera digulirkan ke pengguna di iOS, kemudian Android. Fitur ini diberi nama Recently Deleted yang punya fungsi mirip galeri foto atau video di smartphone.

Sesuai namanya, fitur ini akan menyimpan konten Instagram yang baru saja pengguna hapus. Konten di bagian fitur ini masih akan tersimpan selama 30 hari sebelum akhirnya dihapus permanen.

Seperti dilaporkan Engadget, fitur ini.juga
memungkinkan pengguna untuk menyimpan kembali foto, video, reels, IGTV video, dan Stories yang dihapus secara tidak sengaja atau tanpa sepengetahuan pengguna. Seperti diretas oleh pengguna lain.

Jadi jelasnya fitur Recently Deleted juga dapat digunakan untuk mengembalikan konten yang dihapus oleh peretas atau hacker. Kabarnya, untuk menghapus konten permanen di fitur Recently Deleted dibutuhkan verifikasi sang pemilik akun Instagram jadi hacker tidak akan bisa menghapus sepenuhnya.

Dengan catatan pengguna telah berhasil mendapatkan kembali akun Instagram mereka yang sebelumnya diakses pihak lain.

Ketika mendapatkan kembali akun, pengguna bisa memulihkan hal-hal yang sudah dihapus, dengan asumsi konten tersebut dihapus belum lebih dari 30 hari.

Pasalnya, ketika pengguna mau menghapus konten secara permanen, Instagram kini akan meminta pengguna untuk mengkonfirmasi bahwa mereka adalah pemilik akun yang sah baik melalui email maupun SMS.

Baca Juga:Ini yang Membuat TikTok Lebih Unggul Dari Instagram

Dengan begitu, ketika peretas berhasil menebak username dan sandi Instagram seseorang, mereka tidak akan bisa menghapus konten pengguna tersebut secara permanen.

Tentu dengan asumsi smartphone atau email milik pengguna tetap berada di tangan pemiliknya.

Di dalam aplikasi Instagram pengguna bisa masuk ke bagian pengaturan atau Settings kemudian Account dan pilih menu Recently Deleted. Fitur ini disebut pihak Instgagram juga membantu penggunanya yang akunnya sempat diretas atau dibobol hacker.

Artikel Terbaru