Beranda News Tiga Operator Bersaing Ketat Memperebutkan Frekuensi 2,3 GHz  

Tiga Operator Bersaing Ketat Memperebutkan Frekuensi 2,3 GHz  

-

Jakarta, Selular.ID – Telkomsel, Tri Indonesia, dan Smartfen berhasil lolos, sementara Xl Axiata tersingkir dari seleksi evaluasi administrasi dalam seleksi penggunaan pita frekuensi radio 2,3 GHz pada rentang 2360-2390 MHz.

Berdasarakan siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Senin (14/12), tim seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz pada Rentang 2360-2390 MHz untuk keperluan penyelenggara jaringan bergerak seluler menyatakan telah selesai melakukan evaluasi administrasi.

Sesuai lampiran I keputusan ketua tim seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz, jika dalam hasil evaluasi administrasi hanya terdapat tiga peserta seleksi yang lulus tahapan evaluasi administrasi dan memiliki waktu pengiriman dokumen permohonan (timestamp) yang sama, maka proses seleksi akan dilanjutkan ke penentuan peringkat melalui aplikasi pencatatan waktu.

baca juga: Pemerintah Lelang Frekuensi 2,3 GHz  

Peserta seleksi yang lulus evaluasi administrasi sebagaimana dimaksud dapat melakukan pengambilan username dan password pada 14 Desember 2020 Pukul 13.00-15.00 WIB di Sekretariat Tim Seleksi. Sedangkan penentuan peringkat melalui aplikasi pencatatan waktu sebagaimana dimaksud pada angka 5, akan dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Desember 2020.

Sebelumnya Kemenkominfo telah membuka lelang untuk pengguna Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz pada rentang 2360–2390 MHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler.

Sebagai informasi, frekuensi 2,3 GHz sebelumnya dihuni oleh operator telekomunikasi Broadband Wireless Access (BWA), namun kini pemerintah telah mencabut izin frekuensi milik tiga operator BWA tersebut pada Desember 2018 lalu, yaitu PT First Media (KBLV), PT Internux (Bolt) serta Jasnita Telekomindo. Pemerintah memutuskan tidak memperpanjang lisensi operator BWA dan mengalihkan frekuensi itu untuk layanan bergerak seluler.

Artikel Terbaru