spot_img
BerandaNewsSaingi Google, Zoom Garap Layanan Email Sendiri

Saingi Google, Zoom Garap Layanan Email Sendiri

-

Jakarta, Selular.ID – Masa pandemi mengharuskan orang untuk bertemu secara online mendorong lonjakan tersendiri bagi platform video conference seperti Zoom. Kini, platform konferensi online itu dikabarkan tengah mengembangkan layanan email.

Langkah ini diambil Zoom untuk menperluas layanan platformnya, apalagi selama ini akses masuk ruang konferensi online membutuhkan akun email. Saat ini perusahaan sudah mengerjakan produk email, yang menurut laporan itu akan menjadi layanan email web. Zoom mungkin mulai menguji paling awal tahun depan.

Melansir dari The Verge, Kamis (24/11), Zoom tampaknya tak hanya ingin mengembangkan dari sisi email tetapi juga berencana membangun aplikasi kalender. Sayangnya, masih belum diketahui kapan perusahaan bakal mulai mengembangkan proyek tersebut.

Namun kedua ide tersebut merupakan jalan cerdas untuk dijelajahi Zoom. Terutama jika perusahaan-perusahaan lain mulai membawa karyawan kembali ke kantor, di sisi lain ketergantungan pada konferensi video menurun karena distribusi vaksin COVID-19 meningkat hingga tahun 2021.

Selain itu, banyak pesaing utama Zoom adalah platform konferensi video yang digabungkan sebagai bagian dari rangkaian aplikasi perusahaan yang lebih luas, misalnya Microsoft dengan platform Office 365 dan Google dengan bundel Workspace yang bersaing.

Baca juga: 5 Smartphone Dengan Kemampuan Kamera Zoom Super, Sikat!    

Kedua platform tersebut menawarkan produk kalender, email, dan konferensi video. Dengan demikian, masuk akal bagi Zoom jika berencana menambah email dan kalender untuk mencoba melengkapi penawarannya dan mengurangi Zoom dari platform tujuan tunggal.

Artikel Terbaru