Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Realme Narzo 20: Gaming OK, Untuk Kerja Pun Lancar Jaya

Review Realme Narzo 20: Gaming OK, Untuk Kerja Pun Lancar Jaya

-

Jakarta, Selular.ID – Realme secara resmi meluncurkan Narzo 20 dan 20 Pro di Indonesia, ponsel yang hadir dengan performa gahar itu dikhususkan bagi para gamers muda.

Kali ini tim Selular berkesempatan menjajal Narzo 20 yang memiliki harga jual resmi sebesar Rp2.199.00. Untuk harga ‘segitu’ pastinya sangat terjangkau, dan untuk lebih detailnya bagaimana performa smartphone ini, coba simak ulasan Narzo 20 berikut ini.

Performa Memumpuni

Karena ponsel ini hadir, kemudian langsung ditujukan untuk para gamer sepertinya langsung saja kita bahas soal performanya. Narzo 20 dilengkapi dengan chipset bertenaga, dengan mengusung Chipset MediaTek Helio G85 yang bertenaga.

Baca juga: Canggih, Smartphone Realme Bakal Bertenaga Snapdragon 888 5G

Chipset ini memiliki fitur octa-core yang kuat dengan clock hingga 2.0GHz dan dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang kuat untuk menghadirkan pengalaman bermain yang luar biasa. Karena untuk prosesor gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di Antutu Benchmark, sebuah skor yang menakjubkan untuk sebuah smartphone di rentang harga Rp 2 jutaan.

Lalu untuk menopang keunggulan itu, Narzo 20 menyamatkan varian RAM dan memori 4GB+64GB yang didukung slot 3 kartu: 2 untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD hingga 256GB.

Dalam penggunaan gaming, semasa pemakaian Narzo 20 berjalan sangat lancer dan bisa dipastikan dapat melumat semua game kelas berat kekinian.

Saat bermain game PUBG misalnya penulis tidak merasakan kendala apapun saat bermain game, rasanya mabar bersama rekan kantor berjalan hikmat, dan tidak ada lag, suhu panas kadang dirasakan tapi semua masih dalam batas normal.

Baterai Bongsor

Dari sektor performa itu, yang paling wajib disyukuri dari Narzo 20 yaitu kapasitas baterai yang memang sangat bongsor sebesar 6000 mAh, dilengkapi dengan 18W Quick Charge type-C.

Dari sektor dapur daya, ini sebenarnya perlu kita aperesiasi. Karena meski baterainya besar Narzo 20 bisa masih tetap terlihat cukup ramping alias tidak terlalu tebal, namun ketika digenggam dari segi bobot tidak bisa dipungkiri, karena terasa cukup berat.

Baca juga: 5 Smartphone Yang Cocok Diboyong Di Penghujung 2020

Kemudian dari segi kemampuanya menurut pengujian realme Lab, realme narzo 20 dapat bertahan selama 45 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Tampilan ‘OK’

Tampilan dari Narzo 20 cukup mempesona, dengan membawa inspirasi desain yang filosofis yaitu Victory(kemenangan) yang unsur V dari kata victory itu terukir jelas dibagian belakang bodi smartphone ini.

Meski masih menggunakna material plastik, tapi kesan kokoh bisa Anda rasakan dan kemudian bodi dari Narzo 20 ini tidak terasa licin sehingga cukup nyaman digengam, apalagi jika Anda memang aktif gaming.

Di bodi belakangnya, terdapat rumah kamera berbentuk persegi yang estetik sekaligus pemindai sidik jari. Di sebelah kiri terdapat slot sim, sementara sebelah kanan terdapat tombol power dan volume.

Kemudian pada bagian depan, Narzo 20 membawa layar 6,5 inci dengan rasio 20:9, sangat nyaman dipandang karena terasa sangat lega, sehingga sangat menjawab kebutuhan sebagai ponsel gaming atau bagi yang doyan nonton film atau konten lucu di sosial media.

Baca juga: Sharp AQUOS Zero 2 Raih Penghargaan Smartphone Terbaik 2020

Dan layar pada ponsel ini mengadopsi konsep mini drop dengan rasio layar hingga 88,7%. Display Narzo 20 memiliki tingkat kecerahan maksimal 560 nits, beresolusi 720×1600 piksel alias HD+, kemudian sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Daya Bidik

Meski didedikasikan untuk gaming, Narzo 20 tetap disamatkan sektor kamera yang bisa dibilang menarik. Pada bagian kamera utamanya, yang terletak pada bagian belakang kiri atas terdapat tiga buah mata lensa.

Yang susunanya terdiri dari 48 MP f/1.8 + 8 MP f/2.3 + 2 MP makro. Dan sama seperti smartphone kekinian juga dikemas dengan fitur fotografi yang OK punya, seperti Chroma Boost, HDR, AI Beauty, Super Nightscape, Mode Pro, Slo-Mo, Ultra Macro, dan fitur yang umum ditemukan pada HP Realme.

Kesan ketika menggunakan menjepret objek gambar melalui Narzo 20 cukup puas, detail yang diberikan terlihat baik, apalagi jika cakupan kamera hanya untuk sosial media, katajaman kamera ponsel ini cukup menjawab.

Untuk kamera selfie, ponsel ini membawa daya bidik setajam 8 MP f/2.0. Memang tidak bisa dielakan untuk kamera depan mungkin terasa kurang maksimal, tapi tetap menjawab kebutuhan apalagi disituasi pandemi seperti saat ini yang menuntut kita untuk selalu aktif meeting online, spesifikasi dan daya baterai sangat membantu.

Lalu untuk kegiatan rekam-merekam, Narzo 20 sudah bisa merekam dalam resolusi 1080p baik 30 fps maupun 60 fps. Dan untuk kamera depan mampu merekam video beresolusi 1080p 30 fps.

Kaya fitur

Realme UI yang berbasis pada Android 10 memang memiliki tampilan yang nyaman, dan dibangun cukup baik dengan membawa sejumlah fitur menarik, sebut saja seperti pembukaan kunci sidik jari yang cepat, mendukung pengenalan wajah yang juga cepat merespon, kemudian ada juga FM Radio, dan aneka sensor seperti accelerometer, proximity, Compass, GPS dan lain sebagainya. Kemudian sebagai catatan ponsel ini tidak membawa fitur NFC.

Kesimpulan

Ponsel ini sudah pasti menjawab kebutuhan, diluar dari kodratnya sebagai ponsel gaming. Karena untuk bermain game sudah pasti memumpuni, dengan sektor dapur pacu yang sedemikian kuat. Tapi bagi yang memang ingin mencari smartphone untuk menunjang aktivitas harian, Narzo 20 pun sudah pasti bisa diandalkan.

Baca juga: Hadang Pusaran Hoaks ‘Melumat’ Vaksin Covid-19  

Ini karena kapasitas Narzo 20 baterai yang dimilikinya, dijamin awet digunakan seharian, apalagi yang memang memiliki jadwal pekerjaan yang padat, dan dituntun untuk selalu aktif.

Artikel Terbaru