Beranda Devices Smart Computing Asus Umumkan Kartu Grafis GeForce Seri RTX 3060 Ti

Asus Umumkan Kartu Grafis GeForce Seri RTX 3060 Ti

-

Jakarta, Selular.ID – Asus mengumumkan rangkaian kartu grafis baru yang dilengkapi dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3060 Ti terbaru. Seri ini mencangkup lima model baru: ROG Strix, TUF Gaming, Asus Dual, Asus Dual Mini dan Asus KO GeForce RTX 3060 Ti.

Kartu grafis baru ini menghadirkan pendinginan yang ditingkatkan, PCB dan desain daya untuk melengkapi arsitektur Nvidia Ampere baru dan menghadirkan performa game 3D terbaru dan terbaik.

GPU Nvidia GeForce RTX 3060 Ti

Didukung oleh arsitektur Nvidia Ampere dan Nvidia RTX generasi kedua, platform PC game paling kuat di dunia untuk real-time ray tracing dan AI, GeForce RTX 3060 Ti menghadirkan gameplay 1080p dan 1440p yang luar biasa.

RTX 3060 Ti juga mendukung trifecta dari inovasi gaming GeForce, termasuk teknologi Nvidia DLSS yang mempercepat kinerja dan IQ-enhancing yang kini telah tersedia di lebih dari 25 game; Nvidia Reflex yang mengurangi latensi sistem (‘input lag’), membuat game menjadi lebih responsif dan memberikan pemain dalam multiplayer title yang lebih kompetitif sehingga memberikan keunggulan ekstra atas lawan; dan Nvidia Broadcast, rangkaian penyempurnaan audio dan video AI termasuk latar belakang virtual dan penghilang derau yang dapat diterapkan pengguna pada percakapan, panggilan Skype dan video meeting.

Jadi, apakah mereka memainkan PC title tradisional, menjalankan alur kerja produktivitas dan kreator, atau mengagumi ray-traced title terkini seperti Cyberpunk 2077, Call of Duty: Black Ops Cold War, Watch Dogs: Legion, dan banyak lainnya, GeForce RTX 3060 Ti memberikan pengalaman terbaik di kelasnya untuk semua orang dimanapun.

ROG Strix

Dari atas ke bawah, kartu grafis ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti menghadirkan desain termal yang kuat dan dioptimalkan untuk arsitektur Nvidia Ampere yang dinamis.

Dilapisi dengan aksen logam mencakup trio kipas Axial-tech yang telah disetel untuk memenuhi peran khusus. Kipas sentral memanfaatkan ring full-height barrier dan 13 bilah kipas yang memberikan peningkatan tekanan statis untuk mendorong udara melalui sirip heatsink dan ke penyebar panas GPU.

Kedua kipas di samping memiliki masing-masing 11 bilah dan ring half-height barrier untuk memungkinkan penyebaran yang lebih lateral dan untuk menyediakan aliran udara yang lebih baik melalui deretan pendingin. Turbulensi antar kipas berkurang karena pembalikan arah rotasi kipas pusat.

Heatsink yang lebih besar yang memenuhi sebagian besar footprint 2.9 slot dirancang untuk meningkatkan aliran udara. Untuk memanaskan plat dan masuk ke dalam susunan heatsink, teknologi MaxContact telah digunakan untuk memoles permukaan penyebar panas dan meningkatkan kehalusan pada tingkat mikroskopis. Kerataan ekstra memungkinkan kontak yang lebih baik dengan plat untuk meningkatkan perpindahan termal.

Selain rangkaian pendingin yang disempurnakan, komponen Super Alloy Power II, termasuk kapasitor rak paling atas, choke dan power stage, dengan mudah menghasilkan ratusan watt dalam sekejap. Komponen-komponen kartu disolder ke PCB menggunakan teknologi ekslusif Asus Auto-Extreme untuk memastikan sambungan yang tepat dan setiap kartu memenuhi spesifikasi ROG yang ketat untuk keandalan.

Juga termasuk header FanConnect II yang memungkinkan kipas PWM disetel berdasarkan suhu CPU dan GPU, memberikan asupan atau pembuangan ekstra untuk tugas-tugas 3D yang menuntut dan beban kerja komputasi.

Kalangan builder yang mencari cara cepat dan sederhana untuk menyesuaikan perilaku default kartunya dapat menjetikkan sakelar Dual BIOS onboard untuk memilih antara profil “kinerja/performance” dan “senyap/quite” tanpa software. Fitur kemudahan penggunaan lainnya adalah rangkaian sensor tegangan onboard yang memantau tegangan rel PSU.

Sirkuit ini cukup cepat untuk menangkap transien yang mengakibatkan voltase rel turun terlalu rendah. Jika itu terjadi, LED merah akan menyala untuk menunjukkan masalah pada power supply (catu daya), sehingga lebih mudah untuk men-debug sumber kerusakan selama bermain game.

Sisi depan kartu grafis menampilkan elemen RGB yang dapat disesuaikan dengan software Armoury Crate, dan bingkai logam yang diperkuat menambahkan lapisan pelindung yang meningkatkan daya tahan.

Membalik kartu akan menunjukkan pelat belakang logam dengan ventilasi lebar. Ventilasi ini memungkinkan udara panas keluar menuju kipas knalpot sasis alih-alih didaur ulang kembali ke pendingin GPU.

Dibawah GPU, braket menyediakan tekanan mounting yang konsisten antara plat dan heat spreader. Baja tahan karat digunakan pada braket I/O untuk melindungi port dan menyediakan dudukan yang lebih aman.

Kartu grafis ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti memberikan desain termal yang dinamis. Dipasangkan dengan kinerja luar biasa dari arsitektur Nvidia Ampere, ROG Strix memberi para gamer akses ke pengalaman baru, mulai dari frekuensi gambar yang luar biasa dalam title kompetitif, hingga alur game resolusi tinggi yang mulus dalam game AAA yang imersif.

TUF Gaming

Kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 3060 Ti memberikan daya dan pendinginan yang luar biasa kuat. Lapisan logam menampung tiga kipas Axial-tech yang kuat yang menggunakan bantalan kipas bola ganda yang tahan lama. Rotasi kipas telah dioptimalkan untuk mengurangi turbulensi, dan mode berhenti akan menghentikan ketiga kipas pada suhu rendah.

Sejalan dengan warisan TUF Gaming, komponen-komponen dipilih berdasarkan daya tahan dan kinerjanya. Selain choke dan MOSFET rak paling atas, kapasitor dengan sertifikasi tingkat militer membuat TUF Gaming unggul di antara para pesaing.

Proses manufaktur otomatis, menggunakan Teknologi Auto-Extreme, memastikan komponen ditempatkan dan dipasang dengan presisi tinggi, dan setiap kartu menjalani uji coba validasi 144 jam yang melelahkan untuk memastikan kinerja sempurna saat diperhitungkan.

Sebagian besar bagian belakang dibalut pelat belakang logam pelindung yang secara mencolok memiliki ventilasi lebar untuk mencegah penumpukan panas.

Dibawah GPU, sebuah braket memberikan tekanan mounting yang konsisten antara plat dan heat spreader. Baja tahan karat digunakan pada braket I/O untuk melindungi port dan menyediakan dudukan yang lebih aman. Sakelar Dual BIOS yang ditempatkan dengan nyaman memungkinkan penyesuaian profil kinerja default kartu tanpa software.

Asus Dual

Asus Dual GeForce RTX 3060 Ti memanfaatkan teknologi pendinginan canggih yang berasal dari kartu grafis andalan, menjadikannya pilihan sempurna untuk desain yang seimbang. Tampilan yang bersih cocok dengan estetika workstation dan rig gaming yang serupa. Dua kipas Axial-tech yang terbukti dan benar dirancang untuk memberikan aliran udara yang cukup ke heatsink, dan kipas berhenti secara otomatis pada suhu rendah.

Teknologi Auto-Extreme otomatis mengurangi tekanan termal pada komponen selama proses produksi dan menghindari penggunaan bahan kimia pembersih yang keras, sehingga menghasilkan presisi dan keandalan yang lebih baik, dampak lingkungan yang lebih sedikit, dan konsumsi daya produksi yang lebih rendah.

Pelat belakang aluminium dan braket I/O stainless steel membantu melindungi PCB dari flek yang tidak diinginkan. Kartu grafis Asus Dual GeForce RTX 3060 Ti siap untuk para gamer, konten creator dan enthusiast yang mencari pengalaman plug-and-play yang tangguh.

Asus Dual Mini

Kartu grafis ASUS Dual GeForce RTX 3060 Ti Mini terbaru dirancang khusus untuk sistem small-form-factor dan Intel® NUC 9 Extreme Kit serta Intel NUC 9 Pro Kit. Dengan panjang dibawah 20 cm, Dual Mini memberikan kompatibilitas yang luas dari desain yang ringkas sekaligus memberikan kinerja termal yang patut dicontoh. Produk ini memiliki fitur pendingin dua slot khusus yang terdiri dari heatsink besar dan dua kipas Axial-tech yang memberikan tekanan statis tinggi untuk menjaga suhu tetap terkendali. Pendinginan yang kuat didukung oleh keandalan Teknologi Auto-Extreme, menjadikan Dual MINI pilihan yang jelas untuk penggunaan jangka panjang pada sasis dengan small-form-factor.

Asus KO

Kartu grafis Asus KO GeForce RTX 3060 Ti diletakkan dalam rangka Asus Dual melalui lapisan yang dimodifikasi, pelumas bantalan kipas space-grade, kapasitor tahan lama dan pelat belakang berventilasi. Tampilannya menunjukkan pelat muka emas dan perak yang dilapisi dengan pencahayaan ARGB yang dapat disesuaikan untuk memberikan KO estetika unik yang dapat disesuaikan dengan software Aura.

Pendinginan dilakukan dengan heatsink besar yang memenuhi sebagian besar footprint kartu 2,7 slot, bekerjasama dengan pelat belakang berventilasi untuk mencegah penumpukan panas. Dua kipas Axial-tech berputar pada bantalan selongsong yang dibenamkan dalam pelumas space-grade, yang meningkatkan daya tahan dan menghasilkan profil akustik yang lebih senyap daripada desain bantalan bola ganda.

Komponen kartu dipasang menggunakan Teknologi Auto-Extreme, dan ini termasuk kapasitor yang tahan hingga 2,5 kali lebih lama dari standar industri. Kombinasi yang kuat antara estetika, pendinginan dan daya tahan menjadikan kartu grafis KO GeForce RTX 3060 Ti pilihan yang sempurna bagi kalangan gamer yang lebih suka memamerkan rig gaming mereka pada desktop.

Kartu grafis ROG Strix, TUF Gaming, Asus Dual dan Asus Dual Mini GeForce RTX 3060 Ti akan tersedia di seluruh dunia mulai bulan Desember 2020.

Kartu grafis Asus KO GeForce RTX 3060 Ti akan tersedia mulai bulan Desember 2020 di Amerika, Brasil, Jepang, Korea, Taiwan dan Australia.

Artikel Terbaru