BerandaAppsLacak Posisi Anggota Keluarga Dengan Aplikasi Ini

Lacak Posisi Anggota Keluarga Dengan Aplikasi Ini

-

Jakarta, Selular.ID – Masyarakat kini bisa melacak keberadaan orang terkasih dengan sebuah aplikasi mobile. Cukup instal aplikasi gratis karya anak bangsa bernama Telekumo Family, pengguna akan menerima notifikasi saat anggota keluarga tiba di suatu lokasi yang sudah diseting di aplikasi sebelumnya.

Aplikasi Telekumo Family sudah bisa diunduh secara gratis di ponsel Android dan iPhone.

Pengembang aplikasi ini, Fox Logger, merupakan perusahaan yang menyediakan sistem pelacakan barang dan memproduksi alat pelacaknya berupa GPS Tracker untuk sektor logistik dan transportasi, serta Fox Logger ID Card untuk para karyawan perusahaan.

Peluncuran aplikasi laca Telekumo Family, dikatakan Alamsyah Cheung, Founder & CEO Fox Logger, didasari pada minimnya fitur yang ada pada layanan berbagi lokasi saat ini.

“Misalnya mereka tidak mempunyai opsi “simpan POI” (point of interest), sehingga ketika salah satu anggota keluarga kita sudah sampai di POI tersebut, tidak ada notifikasi yang kita terima. Dan masih banyak kekurangan lainnya,” ujar Alamsyah.

Alamsyah memaparkan, pada aplikasi Telekumo Family, halaman depan akan menyediakan peta dan titik keberadaan masing-masing anggota keluarga kita. Kemudian kita bisa membuat group chat, membuat POI dan absensi (dan bisa dikustom atau menggunakan machine learning untuk absen dengan wajah). Ketiga, ada internal chat antar anggota group.

“Biasanya, aplikasi tracking hanya menggunakan GPS, sehingga boros baterai. Nah, aplikasi Telekumo Family sudah menggunakan physical sensor, jadi hemat baterai. Kalau pengguna tidak bergerak jauh, aplikasi tidak akan mengirim data (GPS). Berbeda dengan aplikasi lain yang kalau kita tak bergerak, tetap mengirim data GPS,” paparnya.

Alamsyah menuturkan, aplikasi Telekumo Family ini bisa digunakan maksimal 5 orang dalam satu grup untuk anggota keluarga dan pertemanan. Selain aplikasi yang bersifat free, juga ada fitur layanan berbayar yang dapat digunakan untuk perusahaan guna memonitor pergerakan karyawannya, terutama tim sales atau canvaser mereka.

“Telekumo Family sangat tepat digunakan untuk memonitor pergerakan tenaga sales, supir, keliling, SPG/B, dan tenaga kerja lain yang aktivitasnya mobile,” tuturnya.

Terakhir, aplikasi Telekumo Family ini sifatnya Open API (Application Programming Interface), artinya pelanggan corporate bisa mengkustom aplikasi. Misalnya membuat alert atau menerima data pada saat tertentu saja.

Pengguna dari kalangan korporat sangat dimudahkan karena disediakan API untuk diintegrasikan dengan berbagai program yang mereka miliki sebagai user. Untuk mendapatkan fasilitas ini, cukup berlangganan Rp49 ribu perbulan.

Untuk mencobanya, masyarakat sudah bisa mengunduh aplikasi Telekumo Family di Play Store dan App Store secara gratis.

Artikel Terbaru