Beranda Insight Hasil Riset Google Buktikan Banyak Wanita Indonesia Ingin Berwirausaha

Hasil Riset Google Buktikan Banyak Wanita Indonesia Ingin Berwirausaha

-

Jakarta, Selular.ID – Hari ini Google merilis hasil penelitian untuk lebih memahami keinginan-keinginan terkait kewirausahaan dari perempuan Indonesia serta tantangan yang mereka hadapi.

Dora Songco, PMM Brand & Reputation Google Indonesia, memaparkan penelitian yang berjudul “Advancing Women in Entrepreneurship” menemukan bahwa 49% perempuan menyatakan diri sebagai pewirausaha dengan bisnis yang mereka jalankan sendiri.

[1] Women Wil Research by Google - Jumlah wirausahan dan yang tertarik menjadi wirausahawan di Indonesia

Lebih lanjut, Dora menyampaikan ada 45 persen perempuan berkata baru ingin memulai untuk berwirausaha. “Dari sisi laki-laki, 61 persen dari mereka berkata sudah menjadi wirausaha dan 34 persen menyatakan ingin berwirausaha,” sambungnya, Kamis (26/11).

Penelitian ini dilakukan dengan cara survei terhadap 990 perempuan dan 510 laki-laki dalam dua bulan pertama 2020 tentang alasan mereka memilih untuk bekerja serta hal-hal yang penting bagi mereka saat mencari pekerjaan.

Baca juga: Google Perpanjang Dukungan Browser Chrome di Komputer Windows

[1] Women Wil Research by Google - Jumlah wirausahan dan yang tertarik menjadi wirausahawan di Indonesia

Studi itu juga menyebutkan, 8 dari 10 perempuan yang sudah atau ingin berwirausaha di Indonesia mengungkapkan bahwa mereka ingin meningkatkan keterampilan dalam menjalankan bisnis. Misalnya, keterampilan berbisnis, pengelolaan uang, keterampilan digital dan hal serupa lainnya.

Sebanyak 83 persen diantaranya dikatakan Dora, menyatakan bersedia mengikuti pelatihan online, dan ini adalah angka tertinggi yang tercatat di Asia Tenggara. Di kawasan ini, pengguna internet perempuan menyebutkan bahwa mereka menghabiskan rata-rata 5,5 jam sehari untuk online, dengan 85 persennya menggunakan ponsel untuk mengakses internet.

Melihat itu, Veronica Utami, Marketing Director, Google Indonesia menyampaikan bahwa ada peluang untuk menggunakan pelatihan online sebagai cara memenuhi keinginan belajar keterampilan tambahan dan mendukung kesuksesan pewirausaha perempuan.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 mengharuskan acara pelatihan dan berjejaring lebih banyak digelar secara online. “Kita memiliki kesempatan bagus untuk memanfaatkan sikap terbuka mereka terhadap pelatihan online,” ujar Veronica.

Lebih lanjut, Veronica mengatakan bahwa Kita harus memanfaatkan minat perempuan untuk belajar online dan membuka lebih banyak kesempatan berjejaring online.

“Melalui Women Will, kami ingin membangun komunitas perempuan yang merasa cukup percaya diri dalam berwirausaha untuk membantu menopang dan mencukupi kebutuhan keluarga, yang kita tahu sangatlah penting bagi perempuan Indonesia.” tandasnya.

Artikel Terbaru