BerandaNewsEnterpriseGoogle Perpanjang Dukungan Browser Chrome di Komputer Windows

Google Perpanjang Dukungan Browser Chrome di Komputer Windows

-

Jakarta, Selular.ID – Awalnya dukungan aplikasi Google Chrome dan aplikasi Chromium Based lainnya untuk Windows 7 hanya dibatasi sampai 15 Juli 2021 saja, tepat 18 bulan sejak dihentikannya dukungan Windows 7 oleh Microsoft pada 15 Januari 2020 kemarin.

Namun, tampaknya ada perubahan,  Google  telah memperluas dukungan browser Chrome di Windows 7, dan berakhir pada 15 Januari 2022.

Google Chrome akan berhenti berfungsi di komputer yang menjalankan Windows 7 pada tahun 2022. Batas waktu berakhirnya dukungan telah diperpanjang enam bulan karena pandemi global.

Dilaporkan Tech Radar, Google melakukan perpanjangan durasi dukungan ini karena melihat lebih banyak orang yang beraktivitas di rumah akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Alasan dari ditambahkannya waktu dukungan ini karena kemungkinan besar Google masih menyadari bahwa masih banyak pengguna Windows 7 yang membeli Extended Security Update yang bisa dibilang makin mahal tiap bulannya, dan selain itu masih banyak organisasi besar yang masih menggunakan Windows 7 untuk keperluan bisnis mereka.

Dalam halaman pengumumannya, Google juga menambahkan bahwa banyak organisasi telah dijadwalkan untuk bermigrasi ke Windows 10 pada tahun ini, namun karena masalah pandemi, beberapa perusahaan menunda migrasi system operasi mereka. Selain itu sekitar 21% organisasi masih dalam proses migrasi dari Windows 7 ke Windows 10.

Microsoft memutuskan tidak lagi mendukung Windows 7 dan pengguna berisiko mengalami kerentanan keamanan. Para pengguna disarankan beralih ke Windows 10.

Baca Juga:Google Chrome Hadirkan Fitur Live Captions di Desktop

Menurut laporan NetMarketShare, sekitar 20,93 persen komputer yang mengakses internet masih menggunakan Windows 7. Artinya, ada jutaan komputer yang akan berhenti mendapatkan akses ke Google Chrome pada tahun 2022 mendatang.

Sebelum adanya perpanjangan durasi, pengumuman sebelumnya menyatakan Google Chrome akan berhenti memberikan dukungan di Windows 7 pada 15 Juli 2021. Google mengatakan akan terus mengevaluasi kondisi dan mengomunikasikan setiap perubahan tambahan di masa mendatang.

Artikel Terbaru