Beranda News Tips Membeli Ponsel Android Berkualitas Sesuai Budget

Tips Membeli Ponsel Android Berkualitas Sesuai Budget

-

Jakarta, Selular.ID – Sekarang ini pilihan ponsel Android yang memiliki spesifikasi bagus dan berkualitas namun murah meriah cukup beragam. Sehingga hal biasa jika kebanyakan pengguna ponsel kerap kebingungan jika memilih ponsel baru.

Dalam memilih ponsel, kalian memang harus rajin bertanya kepada si penjual. Nah kali ini Selular, berikan tips membeli ponsel Android yang bagus dan berkualitas sesuai dengan budget dan kebutuhan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut tipsnya.

1. Perhatikan Prosesor atau CPU (Central Processing Unit).

Kalian bisa tanyakan kepada penjual Prosesor atau CPU yang mendukung ponsel teesebut. Jika spesifikasi cpu yang digunakan rendah, tidak mengherankan jika smartphone Android terasa lemot dan sering lag walaupun masih baru dan tidak banyak menginstal aplikasi.

Pilih prosesor dengan merk ternama seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra jika memiliki budget yang tinggi. Jika sebaliknya, dapat memilih prosesor dengan merk mediatek (MTK) atau Intel. Pilihlah seri tertinggi dari chipset yang anda pilih, contohnya, jika di qualcomm snapdragon untuk kelas low device biasanya menggunakan seri 200 dan 400.

Untuk kelas mid (menengah) biasanya menggunakan seri 600 dan untuk kelas flagship atau tertinggi biasanya memakai seri 800.

2. Cek RAM (Random Access Memory)

RAM berguna ketika pengguna menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka semakin besar juga memory yang dibutuhkan. Dengan RAM besar, penggun dapat berpindah-pindah antar aplikasi dengan lancar.

Pilihlah kapasitas RAM minimal 2 GB, lebih besar tentu lebih baik. Pilihlah jenis RAM terbaru seperti LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4 (Lebih tinggi seri lebih cepat). Dan pilihlah RAM dengan frequensi tinggi (satuanya MHz).

Baca Juga Tips Hemat Data di Android

3. Internal ROM Storage

Demi memenuhi kebutuhan multimedia, internal sangat penting karena dengan internal storage yang luas pengguna dapat leluasa menyimpan berbagai file seperti video, musik, arsip, dokumen dan sebagainya. Selain itu juga, jika internal luas maka pengguna dapat leluasa menginstal banyak aplikasi dan game yang berukuran besar.

Pilihlah Android dengan internal minimal 16 GB, dan merekomendasikan 32 GB atau lebih karena saat ini Android membutuhkan banyak ruang kosong untuk menyimpan berbagai file aplikasi dan game.

Jangan lupa cek ketersediaan slot micro-sd tambahan. Dengan adanya sdcard external maka kalian tidak perlu khawatir tentang masalah storage jika nantinya internal storage penuh.

4. GPU (Graphics Processing Unit)

Sesuai namanya, fungsu GPU adalah sebagai pemroses grafis. Dengan memilih GPU yang baik maka performa 2D dan 3D Android akan sangat cepat dan lancar. Contohnya ketika kita menonton video dan game, tidak akan ada lag maupun stuttering yang mengganggu jika GPU nya mumpuni.  Selain lancar, menggunakan GPU mumpuni juga dapat memanjakan mata kita karena tampilan grafis yang memukau, detail dan jernih.

Pilihlah juga GPU dengan tipe mumpuni sesuai budget seperti Adreno (Snapdragon), Mali (Exynos, MTK), Nvidia Tegra, VideoCore Broadcome, PowerVR dan lainya. Pilihlah seri tertinggi dari tipe diatas, Contohnya Adreno 540, Mali-T720 MP4, Tegra K1, PowerVR G6430 dan jika budget tinggi, pilih yang terbaru dan tercepat.

5. Layar atau Display

Pilihlah teknologi layar terbaik seperti Super Amoled, IPS, atau TFT. Cari layar dengan kerapatan pixel yang tinggi, biasanya dalam satuan ppi (pixel per inchi). Dan yang terpenting selain teknologi layar yaitu resolusi,  pilihlah resolusi 1280×720 HD keatas. Lebih baik jika memilih resolusi 2K atau 4K tentunya sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Tidak kalah penting, jangan lupa pilih smartphone Android dengan layar yang dilengkapi pelindung anti gores seperti Gorilla Glass, Dragontail, dan sebagainya agar layar anda aman dari goresan-goresan yang tidak di inginkan.

6. Sistem Operasi

Pilihlah Android dengan OS versi terbaru agar dukungan aplikasi lebih luas dan banyak. Pilihlah Android M 6.0 ke atas. Pilihlah vendor atau brand smartphone yang jelas dalam memberikan update sistem operasi. Kadang kala vendor enggan memberikan update yang tentunya merugikan konsumenya. Pilih juga smartphone dengan sistem Android yang stabil, contohnya ColorOS (Oppo) dan masih banyak lagi.

Masing-masing vendor mungkin berbeda secara tampilan dan fitur, tetapi sistemnya tetap sama. Jangan pilih Smartphone dengan spesifikasi tinggi namun maksimalisasi OS nya buruk. Hal itu dapat berpengaruh ke user experience dan performa yang buruk.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6...

Jakarta, Selular.ID – Sepanjang 2020, cukup banyak vendor yang merilis smartphone kelas menengah, misalnya...

Selular Editor’s Choice 2020: Most Valuable Smartphone

Jakarta, Selular.ID - Pangsa pasar segmen kelas menengah di Indonesia masih cukup menarik bagi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Notebook

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan memiliki notebook terbaik tahun 2020 merupakan hal yang sangat wajib...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone for Education

Jakarta, Selular.ID – Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi semua kalangan masyarakat termasuk...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartwatch

Jakarta, Selular.ID – Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan menjadi focus utama...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait