Thursday, October 22, 2020
Home Insight Riset: Selama Pandemi, Traffic Situs Kesehatan Justru Menurun

Riset: Selama Pandemi, Traffic Situs Kesehatan Justru Menurun

-

Jakarta, Selular.ID – Pandemi Covid-19 mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia maya. Hasil riset Lifepal mencatat penurunan kunjungan yang drastis ke situs-situs penyedia jasa perjalanan bersamaan dengan merebaknya virus Corona di Tanah Air. Sejak April 2020, traffic situs-situs tersebut mulai mencatatkan pertumbuhan kunjungan, namun trennya masih menurun.

Salah satu hasil riset melaporkan adanya penurunan kunjungan pada situs-situs kesehatan. Secara tidak langsung ini menggambarkan situasi yang tak sejalan dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Adapun penurunan dapat terlihat seperti pada gambar berikut.

Riset Lifepal Selama Pandemi

Puncak kunjungan terlihat pada bulan Maret, tepat pada saat ditemukannya kasus positif Covid-19 pertama di Indonesia. Namun setelah itu, kunjungan ke situs-situs tersebut terus menurun. Hal ini menunjukkan, minat dan kebutuhan masyarakat akan layanan-layanan tersebut memang cenderung stagnan di masa pandemi.

Selain itu data menunjukkan, kunjungan ke situs-situs kesehatan hanya meningkat saat awal pandemi Covid-19, dan semakin berkurang antusiasnya. Hal ini sejalan dengan volume pencarian dengan kata kunci “corona” yang hanya memuncak di bulan Maret 2020.

Baca juga: Riset: Penipuan Gaya Baru Diprediksi Meroket 68% di Indonesia

Adapun, dalam riset ini situs-situs kesehatan yang dijadikan sampel menawarkan berbagai jasa, dari jasa konsultasi dokter via online, pemesanan obat-obatan, penebusan resep dan pengiriman obat, hingga artikel-artikel berisi informasi kesehatan dan penyakit.

Penurunan kunjungan pada penyedia jasa kesehatan seperti itu, justru berbanding terbalik dengan peningkatan yang dialami oleh perusahaan penyedia jasa asuransi, seperti Lifepal. Sempat mencapai titik terendah pada bulan Mei 2020, hingga akhirnya terjadi kenaikan traffic 9% sampai Agustus 2020. Tentunya pertumbuhan ini menunjukkan meningkatnya minat pengguna internet terhadap produk asuransi di masa pandemi. Dengan kata lain, orang lebih memilih “mencegah” ketimbang “mengobati”.

Sebagai tambahan, walau telah mengalami penurunan cukup drastis di awal 2020, pendapatan premi asuransi jiwa di bulan Juni 2020 menjadi yang tertinggi dibanding Januari hingga Juni baik pada tahun 2019 maupun 2020. Hasil riset Lifepal lainnya menunjukkan bahwa kinerja bulan Juni 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 23,7% dibandingkan dengan pendapatan di bulan Juni 2019.

Latest