Beranda Apps Bulan Depan Google Meet Gratis Hanya 1 Jam

Bulan Depan Google Meet Gratis Hanya 1 Jam

-

Jakarta, Selular.ID – Pengguna Google Meet saat ini masih bisa menikmati layanan video conferencing group secara cuma-cuma dengan waktu yang tidak terbatas alias unlimited hingga 24 jam.

Google masih memberikan waktu bagi pengguna Google Meet, sebelumnya Google menginformasikan jika durasi versi gratis dibatasi hingga 60 menit, hal ini menyambung dari kabar yang mengatakan kalau layanan versi gratis hanya sampai 1 Oktober 2020.

Kemudian Google memperpanjang durasi tak terbatas untuk layanan Google Meet versi gratis hingga akhir Maret 2021. Selanjutnya, per 1 April 2021 penggunaan aplikasi tersebut secara gratis akan dibatasi hanya sampai 60 menit (1 jam) pertama.

Artinya, mulai 1 April 2021, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan panggilan video grup berdurasi satu jam (60 menit) per sesi, dengan peserta maksimum hingga 100 orang.

Kendati durasinya dibatasi, Google masih tidak memberikan batasan pada jumlah sesi video conferencing yang dapat dilakukan pengguna gratisan dalam sehari. Dengan kata lain, pengguna gratisan masih bisa membuat sesi telekonferensi video lagi jika durasinya habis, sebanyak maksimal 24 kali dalam satu hari.

Selain itu perlu dicatat juga bahwa durasi video teleconferencing one-on-one atau dengan peserta maksimum dua orang, masih dapat menikmati layanan panggilan video unlimited hingga 24 jam.

Sebelumnya, penggunaan gratis tak terbatas dimulai pada April 2020,ketika Zoom begitu berakhir pada 30 September 2020. Namun, Google memperpanjang periodenya hingga 31 Maret 2021.

Baca Juga:Saat Membuat Rapat, Google Meet Akan Beri Pilihan

Samir Pradhan, Group Product Manager of Google pada saat itu beralasan kalau Google menantikan musim liburan yang dibatasi karena pandemi Covid-19, termasuk juga berkumpul dengan keluarga dan teman.Namun kini Google tidak berencana untuk memperpanjang promosinya. Oleh karena itu, Meet akan kembali seperti semula, seperti sebelum pandemi.

Google juga telah menghentikan berbagai fitur G Suite, termasuk untuk Pendidikan pada 30 September 2020. Untuk selanjutnya, rapat dengan maksimal 250 peserta, streaming langsung termasuk hingga 100.000 peserta di satu domain, dan kemampuan menyimpan rekaman rapat ke Google Drive tidak lagi tersedia untuk pengguna gratis. Jika merujuk kebiasaan sebelumnya, layanan akan berbayar US$ 25 (Rp359 ribu) per bulan.

Artikel Terbaru