Tuesday, October 27, 2020
Home Apps Lindungi Keamanan Akun, Google Kirimkan Notifikasi Langsung Ke Pengguna

Lindungi Keamanan Akun, Google Kirimkan Notifikasi Langsung Ke Pengguna

-

Jakarta, Selular.ID – Untuk menjaga keamanan akun pengguna, Google berencana akan melaporkan jika ada masalah pada akun melalui notifikasi ke pengguna. Ini karena potensi keamanan kian rawan pemalsuan jika dilaporkan pada email.

“Ketika kami mendeteksi masalah keamanan serius pada Akun Google, kami akan secara otomatis menampilkan tanda menggunakan aplikasi Google yang dipakai dan membantu pengguna menanganinya,” kata Google, seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (9/10).

Dengan notifikasi ini, Google akan mendorong notifikasi langsung ke pengguna, dan diklaim lebih aman ketimbang harus memberitahukan melalui email. “Pemberitahuan baru ini bebas dari pemalsuan, sehingga Anda yakin ini berasal dari kami,” kata perwakilan Google.

Notifikasi ini akan berupa pemberitahunan soal keamanan akun Anda, seperti biasanya. Dan juga memberi langkah untuk menangulangi informasi tersebut.

Kecepatan respon jika laporan berupa notifikasi Google menilai akan lebih responsive, karena sebelumnya perusahaan raksasa mesin pencarian itu pada tahun 2015 silam, saat pertama kali mengeluarkan notifikasi melalui email ke ponsel Android, responya pengguna dinilai sangat lambat, bahkan satu jam setelah mereka memperoleh notifikasi tersebut.

Jadi, dengan menggunakan notifikasi kemungkinan besar pengguna cenderung lebih banyak menangani masalah ini ketimbang dengan metode lain seperti email.

Google menyebut, mereka akan meluncurkan fitur tersebut ke sekelompok kecil pengguna terlebih dahulu. Selanjutnya akan memperluas ketersediaannya awal tahun depan.

Latest