Beranda Buyer's Guide 15 Smartphone yang Rilis di Indonesia Oktober 2020

15 Smartphone yang Rilis di Indonesia Oktober 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Di tengah pandemi, kebutuhan akan perangkat teknologi tetap tinggi, tidak terkecuali smartphone. Guna mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan belanja dari rumah, masyarakat membutuhkan perangkat yang ramah di kantong. Tak ayal, perangkat dengan harga terjangkau keluaran berbagai vendor pun tetap diburu konsumen.

Menurut pantauan Selular.ID, selama Oktober 2020, terdapat 15 smartphone baru yang rilis di Indonesia. Mulai dari Oppo, Nokia, Realme, Samsung, iPhone, Advan, sampai Wiko.

Berikut 15 smartphone yang rilis di Indonesia selama Oktober 2020:

  1. Advan Nasa Plus
  2. Oppo Reno4 F
  3. Nokia C3
  4. Poco X3 NFC
  5. Realme 7 Pro
  6. Realme C17
  7. Oppo A92 RAM 6GB
  8. Samsung Galaxy M51
  9. iPhone SE 2020
  10. Infinix Hot 10
  11. Oppo Reno4 Nebula Purple
  12. Redmi Note 9 Onyx
  13. Wiko View4
  14. Wiko View4 Lite
  15. Wiko Y61

Advan Nasa Plus

Produk terbaru Advan ini bisa menjadi alternatif siswa dan memudahkan para orang tua mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena memberikan solusi belajar jarak jauh dengan smartphone 4G LTE dengan harga terjangkau.

Dengan harga Rp899,000 (2GB/16GB+microSD), Nasa Plus dibekali layar luas 5.5 Inchi dan dirancang dengan speaker yang menggunakan teknologi kelas K Power Amplifier.

Tidak hanya itu, guna mendukung PJJ, Advan juga memberikan paket bundling gratis Kuota dan paket Kelas Pintar. Advan Nasa Plus juga menyediakan kuota 360GB selama 24 bulan dari Smartfren, untuk mendukung kegiatan belajar, plus anak-anak mereka juga mendapatkan pelajaran dan latihan tambahan melalui bundling dari Kelas Pintar.

Advan Nasa Plus, didukung dengan prosesor Quad Core 1.4GHz dan baterai sebesar 3000mAh. Smartphone ini dibekali juga dengan Face id Security, jadi pengguna dapat secara instan membuka smartphone dan nikmati layanan tanpa menunggu lama.

Sedangkan dari sisi kamera, Advan juga membenamkan kamera belakang 5MP dan 0.3MP dengan kemampuan autofocus.Sedangkan pada kamera depan tersedia kamera dengan resolusi 2MP.

Oppo Reno4 F

smartphone RAM 8GB

Tersedia dalam dua pilihan warna, Metallic White dan Matte Black, anggota terbaru Reno4 Series dijual dengan harga Rp4.299.000.

Menjadi smartphone Oppo paling tipis saat ini, perangkat mempunyai ketebalan 7.48mm dan berat hanya 164g, dan sudah menampilkan layar FHD+ 6,43 inci Super AMOLED Display, dengan Mini Dual Punch-Holes berdiameter 3.7mm.

Kamera 16MP dan 2MP di sudut kanan atas pada Reno4 F menawarkan beragam fitur, antara lain AI Color Portrait yang membuat warna latar belakang menjadi hitam dan putih, dan menjaga warna orang atau sekelompok orang di dalam foto tetap tampil alami dengan warna sesungguhnya.

AI Super Clear Portrait menjamin Reno4 F dapat menghasilkan foto dengan detail wajah terbaik seperti pada alis yang akan tampak sangat jelas, sementara AI Beautification 2.0 menghadirkan fitur kecantikan khusus yang disesuaikan dengan preferensi pengguna lokal dan secara otomatis mendeteksi riasan yang ada seperti lipstik, lalu tampilkan efek yang disesuaikan.

AI Night Flare Portrait adalah fitur eksklusif Oppo yang menggabungkan efek bokeh dan algoritma lowlight-HDR untuk menangkap foto artistik yang menambahkan efek neon artistik yang indah pada foto potret yang diambil dengan latar belakang lampu kota.

Jika pengguna ingin mengambil foto selfie di malam hari, AI Super Night Portrait memastikan bahwa swafoto menghasilkan bidikan yang cerah dan jernih, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.

Kemudian ada Ultra Steady Video generasi ketiga memungkinkan untuk merekam vlog dengan mudah saat berjalan-jalan, sekaligus memastikan perekaman video yang stabil, lebih jelas, dan lebih tajam, yang menggabungkan algoritma Stabilisasi Gambar Elektronik (EIS) dengan sensor giroskop tertanam di dalam kamera depan.

Spesifikasi lain Reno4 F termasuk empat kamera belakang terdiri dari 48MP + 8MP + 2MP + 2MP, baterai 4000mAh dengan fast charging 18W, chipset AI MediaTek Helio P95, memori 8GB dan pengimpanan internal 128GB, yang dapat diperluas hingga 512GB melalui keberadaan 3 slot kartu.

Nokia C3

Setelah Nokia C1 melenggang bulan lalu, Nokia C3 mulai unjuk gigi bulan ini. Ponsel hadir dengan pilihan warna Nordic Blue dan Sand dengan konfirgurasi 2/16GB dan harga Rp1.599.000.

Nokia C3 menampilkan layar berukuran 5,99 inci dengan kecerahan adaptif, memberikan Anda tampilan layar yang luas dan jelas, baik ketika berada di dalam maupun luar ruangan. Menghadirkan kinerja Android 10 yang menyeluruh, prosesor octa-core dan teknologi canggih seperti sensor fingerprint biometric.

Selain itu, vendor tetap menghadirkan tombol khusus Google Assistant, yang akan memutar musik, mendapatkan berita terbaru dan masih banyak lagi, hanya dengan menekan tombol atau menggunakan suara Anda.

Layar HD+ berukuran 5,99 inci mampu menangkap setiap detail dan menyesuaikan kecerahannya secara otomatis. Baterai 3.040mAh, yang dipadukan dengan teknologi baterai adaptif, membuat Anda dapat terus beraktivitas secara online sepanjang hari. Selain itu, dengan dukungan prosesor octa-core, Nokia C3 menghadirkan kecepatan dan efisiensi diperlukan untuk bekerja sepanjang hari.

Mengabadikan foto dan video dengan kamera belakang 8MP dan flash LED, bisa menghasilkan fotografi HDR dan video Full HD. Ditambah dengan kamera depan 5MP, pengguna bisa melakukan video call dengan siapa saja.

Poco X3 NFC

Sesuai dengan namanya, ponsel ini hadir dengan fitur NFC yang diklaim memiliki waktu respons 33 persen lebih cepat dibanding teknologi NFC pada ponsel kebanyakan.

Di Indonesia, ponsel hadir dalam dua varian warna, yakni Shadow Gray dan Cobalt Blue. Harga resmi Poco X3 NFC di Indonesia adalah Rp3.099.000 untuk varian RAM 6GB/64GB dan Rp3.499.000 untuk varian RAM 8GB/128GB.

Poco X3 NFC menggunakan chipset Snapdragon 732G, yang dikhususkan untuk kebutuhan gaming dengan kombinasi RAM berjenis LPDDR4X dan media penyimpanan (UFS 2.1). Kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256 GB dengan kartu microSD.

Guna memberikan pengalaman gaming yang sempurna, Poco X3 NFC memiliki sistem pendingin LiquidCool 1.0 yang disebut dapat menjaga suhu ponsel tetap stabil dan mencegah overheat. Selain itu, ada pula teknologi Game Turbo 3.0, yang dapat meningkatkan performa ponsel ketika digunakan untuk bermain game.

Kombinasi refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz dari layar 6,67 FHD+ DotDisplay juga menjamin latensi visual yang rendah dan permainan yang sangat mulus.

Dari sektor kamera, Di bagian tengah atas layar bertengger satu kamera selfie beresolusi 20MP (f/2.2). lalu bagian punggung Poco X3 NFC dilengkapi empat kamera yang disusun secara simetris dalam modul berbentuk lingkaran. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64MP (f/1.89) dengan sensor Sony IMX 682, kamera ultra-wide angle 13MP (f/2.2), kamera makro 2MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2MP (f/2.4).

Kapasitas baterai 5.160 mAh sudah mendukung fast charging 33 Watt. Dari kondisi kosong, baterai Poco X3 NFC diklaim dapat terisi penuh dalam waktu 65 menit. Spesifikasi lainnya mencakup sistem operasi Android 10 yang dilapisi dengan sistem antarmuka MIUI 12, dan pemindai sidik jari yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar.

Realme 7 Pro

Harga Realme 7 Pro, Realme 7 Pro

Versi Pro dari keluarga Realme 7 ini tiba dengan membawa pengisian daya 65W ke segmen menengah. Ponsel dapat mengisi daya 100% hanya dalam waktu 34 menit dengan kapasitas baterai 4500mAh.

Di Indonesia, Realme 7 Pro hanya memiliki satu kapasitas memori, yakni RAM 8GB dengan 128GB penyimpanan internal yang dibanderol dengan harga Rp4.999.000. Perangkat menjalankan Android 10 berlapis Realme UI 2.0.

Untuk urusan performa, Realme 7 Pro mengandalkan chip pintar Snapdragon 720G milik Qualcomm. Performanya diklaim meningkat sebanyak 10% dalam kinerja CPU serta 75% pada GPU serta tampilan grafis dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Beranjak dari itu, desain Realme 7 Pro tak jauh berbeda dengan versi reguler, yakni sama-sama terinspirasi dari kaca yang memberikan sedikit pantulan holografik. Layarnya sendiri sudah Super AMOLED Display 6,4 inci dengan in-display Fingerprint dan In-display Selfie Camera.

Kamera depan beresolusi tertinggi 32MP hadir dengan AI beautification, dan sensor Sony IMX682 kembali disematkan ke kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, 8MP lensa sudut ultra-lebar 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W masing-masing 2MP. realme 7 Pro juga memiliki tiga filter malam paling populer di dalamnya, Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

Menariknya, realme kembali menghadirkan NFC di seri Pro yang diminati oleh para realme Fans dan hanya hadir untuk pasar Indonesia. Fitur ini disematkan lantaran banyaknya peminat NFC di Tanah Air. Teknologi ini sangat membantu untuk bertransaksi secara digital, terutama untuk mengisi saldo uang elektronik. Realme 7 Pro tersedia dalam dua opsi warna, yakni Mirror Blue dan Mirror Silver.

Realme C17

Unboxing Realme C17

Dibandingkan model-model di seri C sebelumnya, C17 ini membawa banyak peningkatan mulai dari desain, performa dan layar. Realme C17 menjadi tipe paling tertinggi di Realme C Series.

Di Indonesia, Realme C17 dijual dengan harga Rp2.799.000 dengan RAM 6GB dan memori internal 256GB (dan microSD) dengan layar 90Hz pertama di kelasnya.

Perangkat tampil dengan mengusung efek dual visual, berupa reflektif pada biru gelap dan Anti-Glare pada biru terang. Secara fisik, terpampang layar 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz dan sampling rate 120Hz.

Layarnya juga membawa punch hole yang menjadi wadah bagi kamera 8MP yang dilengkapi dengan AI Beauty. Di sektor kamera, realme juga memiliki pengaturan quad-camera dengan kamera utama beresolusi 13MP, lensa ultrawide, lensa makro serta lensa B&W.

Untuk urusan performa, C17 mengandalkan prosesor Snapdragon 460 octa-core. Ini merupakan kali pertamaya lini seri C Realme mengusung prosesor milik Qualcomm. Perangkat sudah menjalankan sistem antarmuka terbaru, Realme UI 2.0 yang berlapis Android 10.

Daya tahannya didukung dengan baterai masif 5000mAh dan 18W Quick Charge. Berkat dua teknologi ini, Realme C17 diklaim dapat bertahan selama 34 hari dalam mode standby dan melakukan panggilan 35,7 jam.

Oppo A92 RAM 6GB

Oppo menambah varian baru A92 dengan memori RAM 6GB. Lebih terjangkau, perangkat eksklusif di Tokopedia seharga Rp3.599.000 dalam pilihan warna Twilight Black dan Aurora Purple.

Sebelumnya, Oppo A92 edar Mei 2020 di Indonesia dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB seharga Rp4.199.000.

Oppo A92 6GB sudah mengadopsi sistem operasi ColorOS 7.1 dengan memori RAM LPDDR4X 6GB dan internal storage 128GB. Dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 sudah dilengkapi fitur Hyper Boost yang meningkatkan kinerja handset secara efisien dalam menghadirkan pengalaman gaming yang lancar dengan frame rate tinggi.

Dengan baterai berkapasitas daya 5000mAh, yang dipadukan dengan pengisian cepat 18W, perangkat mampu memberikan daya tahan pemakaian saat digunakan di aktivitas online seperti video conference call atau belajar daring.

Selain daya tahan baterai yang kuat, Oppo juga menghadirkan layar Neo-Display 1080P dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi 2400 x1080 pixel. Tidak lupa, perusahaan melengkapi A92 6GB dengan sertifikasi perlindungan mata dari TüV Rheinland. Layar akan secara efektif menyaring cahaya biru, sehingga secara signifikan akan mengurangi bahaya kelelahan dan akibat buruk pada mata pengguna.

Oppo A92 6GB dilengkapi dengan kamera utama 48MP dengan AI Quad Camera, yang menghadirkan sensor Ultra HD sehingga mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Selain itu, Oppo A92 6GB juga memiliki lensa sudut lebar 8MP yang dapat memaksimalkan pengambilan gambar dari berbagai sudut tanpa memotong objek foto.

Di sisi depan, kamera selfie A92 6GB memiliki resolusi 16MP dengan aperture besar f2.0 dan didukung dengan fitur AI Beautification yang telah ditingkatkan.

Oppo A92 6GB memiliki fitur penguncian unik, Side Fingerprint Unlock, tombol daya dan pengenalan sidik jari terintegrasi di satu sisi, terletak pada bagian samping perangkat sehingga memudahkan pengguna saat membuka layar.

Samsung Galaxy M51

Setelah pre-order awal Oktober, Samsung Galaxy M51 mulai dijual akhir bulan. Ditawarkan dalam dua pilihan warna yaitu black dan white, ponsel dapat dibeli dengan harga Rp5.499.000.

Sesuai DNA M Series, Galaxy M51 juga mengusung baterai super besar 7.000mAh. Tanpa harus mengisi ulang baterai, ponsel bisa menemani streaming film selama 34 jam nonstop.

Untuk yang hobi mendengarkan musik kamu bisa menikmati musik favorit hingga 182 jam, atau bisa teleponan hingga 64 jam tanpa perlu mencari colokan.

Di dapur pacu, ponsel hadir dengan dukungan prosesor Octa-Core Snapdragon 730G dengan memori 8/ 128GB jadi pengguna nggak perlu khawatir mengalami lag ketika bermain game dengan tampilan grafis yang tinggi.

Semakin nyaman untuk bermain game atau menikmati streaming film favorit karena Galaxy M51 hadir dengan layar Super AMOLED Plus 6,7 inci dan speaker berteknologi Dolby Atmos.

Samsung Galaxy M51 juga hadir dengan teknologi Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Ultrawide 12MP, kamera Depth 5MP, kamera Macro 5MP yang serba guna untuk memenuhi segala kebutuhan pengguna.

Terlebih lagi, dengan kamera selfie 32MP, dijamin tampilan kalian saat video call makin jernih dan selfie makin mempesona.

iPhone SE Generasi 2

iPhone minimalis nan murah terbaru akhirnya dijual resmi di Indonesia. Mulai hari ini iPhone SE generasi 2 sudah bisa didapatkan konsumen di seluruh nusantara.

Adalah Erajaya Group yang menjadi distributor utama, dan memulai penjualan perdana iPhone SE (Generasi ke-2) pada tanggal 2 Oktober 2020 melalui tiga channel utama, yakni melalui website Eraspace dan iBox.

Pada jalur marketplace, konsumen bisa menuju official shop iBox di Shopee. Dan jika ingin menatap langsung perangkat, bisa melalui jaringan ritel iBox, Erafone, dan Urban Republic.

Tersedia dalam tiga pilihan warna dan tiga opsi penyimpanan, harga resmi Apple iPhone SE di Indonesia adalah Rp7.999.000 (64GB), Rp8.999.000 (128GB), dan Rp10.999.000 (256GB).

Spesifikasi iPhone SE terbaru di antaranya layar 4,7 inci dilengkapi chip A13 Bionic. Berkat chip dengan Neural Engine generasi ketiga ini, ponsel mampu mengisi daya cepat dan pengisian daya nirkabel (pengisi daya nirkabel Qi dijual terpisah).

Kamera Wide 12MP di panel belakang sudah mendukung mode Potret, Pencahayaan Potret, Depth Control, Smart HDR generasi berikutnya, dan video 4K. Sementra kamera depan 7MP dibekali mode Potret, Pencahayaan Potret, dan Depth Control

Sama seperti perangkat iPhone laiinya, SE juga dibekali Touch ID untuk autentikasi aman dan Apple Pay.

Apple mengklaim kekuatan baterai lebih tahan lama dan lebih kecil ukurannya. Tidak lupa perangkat juga tahan air dan debu (hingga 1 meter selama 30 menit, IP67).

Dari sisi software, iPhone SE sudah mengadopsi iOS 13 dengan Mode Gelap, alat baru untuk pengeditan foto dan video, dan fitur privasi baru.

Infinix Hot 10

Usai menghadirkan flagship Zero8 bulan lalu, Infinix Hot 10 akhirnya resmi mendarat di Indonesia. Eksklusif di Lazada, ponsel tersedia dalam dua varian storage yang berbeda. Untuk varian 4/64GB dijual seharga Rp1.749.000 sedangkan varian 4/128GB dijual Rp1.949.000.

Infinix Hot 10 memiliki chipset khusus untuk gaming yakni Helio G70. Tidak hanya itu, spesifikasi lain yang mendukung pengalaman gaming makin seru adalah layar dengan luas 6.78 Inch Punch Hole Display. Dan juga baterai dengan kapasitas 5200mAh dan dibekali dengan Power Marathon Technology, dimana daya akan terasa lebih lambat untuk habis saat penggunaan.

Tak kalah penting, Infinix Hot 10 juga ingin memberikan pengalaman lebih nyata lewat DTS Sound untuk petarungan game yang semakin seru. Dimana suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan lebih menggelegar di setiap detil efek maupun musiknya.

Selain itu, Infinix Hot 10 juga sudah dibekali dengan resolusi kamera hingga 16MP Quad AI Camera, dimana pengguna mampu menghasilkan foto lebih detil dan tangkapan yang lebih cepat meski dalam keadaan minim cahaya. Dan juga kamera depan yang sudah didukung dengan 8MP wide angle, dimana pengguna dapat memotret pemandangan lebih luas.

Oppo Reno4 Nebula Purple

Melengkapi dua warna yang hadir bulan lalu, Galactic Blue dan Space Black, Oppo Reno4 kini tampil dengan warna anyar, Nebula Purple. Warna ini menggunakan teknik sama dan gradasi warna yang memadukan warna ungu dan silver yang dibuat dengan teknik Reno Glow, yang menimbulkan efek berkilau pada bagian belakang perangkat.

Menampilkan layar AMOLED 6,4 inci yang sudah dilindungi Gorilla Glass di bagian depan dan belakang, perangkat dapat dibeli dengan harga resmi Rp4.999.000.

Kehadiran empat kamera belakang yang terdiri dari 48MP kamera utama, 8MP kamera sudut lebar, 2MP kamera makro dan 2MP kamera mono memberikan keleluasaan bagi anak muda untuk menyajikan konten dari berbagai sudut pandang.

Apalagi kamera Reno4 ini didukung dengan fitur pencitraan inovatif seperti AI Color Potrait dan Night Flare Portrait yang akan menyajikan hasil gambar lebih menarik di media sosial.

Untuk pembuatan konten video kreatif, Oppo Reno4 memberikan kekebasan pengguna untuk merekam dalam berbagai mode yang menarik termasuk diantaranya 960fps AI Slow Motion Video, Ultra Steady Video 3.0, AI Monochrome Video, dan AI Color Portrait Video.

Perangkat juga dilengkapi dengan AI-Enhanced Smart Sensor yang mengubah interaksi ponsel bebas sentuhan seperti pada fitur Smart Spying Prevention, Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always-on Display.

Chipset Snapdragon 720G dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB yang bisa diperluas hingga 256GB melalui kartu microSD. Kapsitas baterai 4.015mAh sudah disematkan pengisian kilat 30W VOOC 4.0, yang bisa mnegisi penuh baterai sekitar 57 menit.

Redmi Note 9 Onyx Black

Xiaomi resmi menjual varian warna baru untuk Redmi Note 9 yakni Onyx Black, melengkapi empat warna sebelumnya, Midnight Grey, Forest Green, Polar White, dan Sunset Red. Warna hitam yang digunakan pada varian Onyx Black menghasilkan refleksi saat disorot cahaya dan menjadikannya tampak premium.

Sama dengan sebelumnya, Redmi Note 9 dijual dengan harga Rp2.399.000 (4GB + 64GB) dan Rp2.799.000 (6GB + 128GB).

Redmi Note 9 ditenagai Helio G85, baterai 5.020 mAh disertai pengisian cepat 18W serta layar 6,53 inchi FHD+ dengan DotDisplay dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Wiko View4 dan View4 Lite

Brand Wiko pernah aktif menghadirkan smartphone di Indonesia. Namun sejak dua tahun terakhir, perusahaan vakum merilis produk baru. Sekarang, Wiko kembali meramaikan pasar smartphone di Indonesia dengan meluncurkan tiga smartphone baru.

Wiko View 4 dan Wiko View 4 Lite adalah dua smartphone generasi ke-4 dari seri View, dengan keunggulan utama pada sektor layar, baterai, dan memori penyimpanan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Wiko View 4 untuk varian 3/64 dibandrol dengan harga Rp1.399.000, sementara View 4 Lite varian 2/64 dibandrol dengan harga Rp1.199.000.

Wiko View 4 disematkan baterai berkapasitas 5.000mAh yang dapat bertahan hingga 3 hari penggunaan untuk 1 kali pengisian daya sedangkan Wiko View 4 Lite memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil yaitu 4.000mAh.

Pada sektor fotografi, Wiko View 4 dibekali tiga kamera, dengan kamera utama beresolusi 13MP, satu kamera bokeh resolusi 2MP, dan satu kamera super wide angle resolusi 5MP

Sedangkan Wiko View 4 Lite dibekali dua kamera, dengan kamera utama beresolusi 13MP dan satu kamera bokeh resolusi 2MP.

Bentang layar keduanya sama, berdimensi 6,52 inci beresolusi HD+ dengan rasio 20:9, dengan layar V-shape yang minimalis.

Dari segi hardware, Wiko View 4 dan View 4 Lite mengusung chip MediaTek Helio A25 dengan CPU octa-core 1.8 GHz fabrikasi 12nm dan OS Android 10. Fitur lain yang disematkan mencakup slot kartu Dual Nano-SIM serta slot MicroSD hingga 256GB.

Wiko Y61

Sedangkan untuk Wiko Y61 adalah smartphone entry level dengan layar dan baterai besar serta harga yang tiada tanding, di bawah Rp1 juta.

Wiko Y61 ditenagai oleh Chipset besutan dari Mediatek yaitu Helio A20 Quad-core 1.8 GHz dengan fabrikasi 12 nm yang hemat daya. Selain itu Wiko Y61 memiliki layar luas yaitu 6 inci dengan Panel layar IPS dan baterai besar 3000mAh.

Ketiga smartphone terbaru dari Wiko ini memiliki keunikan tersediri dimana terdapat tombol akses khusus untuk mengakses Google Assistant secara langsung.

Soal harga, Wiko Y61 varian 2/32 dibanderol dengan harga Rp975.000.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait