Beranda News Policy Tokopedia Respon Aturan Blokir IMEI Produk HKT Ilegal

Tokopedia Respon Aturan Blokir IMEI Produk HKT Ilegal

-

Jakarta, Selular.ID – Mulai tanggal 15 September 2020 kemarin, Pemerintah Indonesia memberlakukan pemblokiran ponsel black market (BM) melalui identifikasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT) tidak resmi dipastikan bakal di ‘suntik mati’.

Yang menjadi persoalan bagaimana masyarakat ketika membeli produk HKT online? Menggigat e-commerce menjadi salah satu tujuan berbelanja produk elektronik andalan.

Merespon hal itu, Ekhel Chandra Wijaya External Communications Senior Lead Tokopedia menjelaskan peraturan pemerintah terkait IMEI, pihaknya mengaku merespon baik atas inisiatif itu.

“Tokopedia secara aktif terus mengimbau seluruh penjual untuk memastikan bahwa produk yang dijual dalam hal ini HKT sudah sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya, dalam keterangan yang diterima oleh Selular.ID, (18/8) siang.

Inisiatif yang dilakukan, Tokopedia mendorong untuk semua penjual dalam platformnya memberikan deskripsi produk yang jelas, dan melakukan pengecekan IMEI perangkat yang akan dijualnya melalui situs resmi Kementerian Perindustrian untuk mengantisipasi kendala penggunaan ke depannya.

“Kami juga mengarahkan penjual yang ingin mendaftarkan IMEI perangkat yang dijual ke situs resmi Direktorat Jenderal Bea Cukai. Kami dalam hal ini juga berupaya terus melarang tayang produk atau toko yang melanggar, serta melakukan aksi proaktif untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku,” terangnya.

Sebagai platform teknologi, Tokopedia memang selalu mempermudah para penjual di Indonesia menciptakan peluang daring.

“Marketplace kami bersifat user generated content (UGC), dimana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri. Jadi jika masih menemukan produk yang melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku di Indoneisa, masyarakat bisa melaporkan melalui fitur ‘laporkan’ di pojok kanan atas setiap halaman produk,” pesan Ekhel.

Apabila masih menemui kendala, pengguna bisa menghubungi Tokopedia melalui Pusat Resolusi yang tersedia 24/7. Tokopedia di sisi lain juga mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek deskripsi dan ulasan produk sebelum melakukan pembelian, termasuk memastikan bahwa IMEI dari perangkat yang akan dibelinya terdaftar secara resmi agar pengguna dapat tersambung ke jaringan seluler.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Most Innovative Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Inovasi menjadi kunci bagi vendor untuk bisa bersaing di industri smartphone....

Selular Editor’s Choice 2020: Best Tablet  

Jakarta, Selular.ID – Perangkat tablet secara fungsi memang tidak tergantikan, terlebih di era pandemi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp2-3...

Jakarta, Selular.ID - Jajaran produk yang memiliki berbagai spesifikasi unggul ini memberikan beragam pilihan...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband

Jakarta, Selular.ID – Pasar wearable device kian menggeliat di tanah air. Sejak tahun lalu...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp3-4...

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan harga Rp3-4 juta memang paling menarik untuk kita miliki,...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait