Sunday, September 20, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Huawei MatePad: Teman Digital Keluarga

Review Huawei MatePad: Teman Digital Keluarga

-

Jakarta, selular.ID – Akhir Juli 2020 lalu Huawei menghadirkan tablet barunya yakni Huawei MatePad yang dibanderol seharga Rp4.299.000

Huawei MatePad menjadi perangkat penunjang dalam ekosistem Huawei yang dapat terhubung dengan smartphone sebagai portal utamanya.

Kehadiran tablet Huawei ini buat penulis konten seperti saya sangat membantu melakukan atktivitas harian untuk menemani Nova 7 sebagai daily driver.

Tablet Huawei ini juga menurut Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia, bisa jadi teman terpercaya anak-anak untuk menavigasi dunia digital.

Langsung saja kita review tablet Huawei MatePad ini

Review Huawei MatePad

Desain

review huawei matepad

Huawei MatePad hadir dengan desain yang modern berkat bezel berukuran 7,9 milimeter yang memiliki rasio layar ke bodi 84 persen. Desainnya pun juga kekinian, terlihat melengkung di tiap ujungnya, mirip seperti iPad.

Sementara untuk bagian display, memiliki bentang 10,4 inci dengan panel IPS beresolusi 2000×1200 piksel.

Dengan rasio layar tersebut, berbagai konten yang dinikmati melalui tablet ini akan terasa sangat nyaman untuk dilihat.

Huawei MatePad memiliki panel Full HD+ yang mendukung resolusi hingga 2000×1200 pada 224ppi dan 70,8% gamut warna NTSC.

Di atas layar beresolusi tinggi, Huawei MatePad juga mendukung Teknologi Peningkatan Display Huawei ClariVu milik Huawei.

Sebuah solusi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar dan video, itu memanfaatkan algoritma canggih untuk meningkatkan detail, kontras, dan banyak lagi secara real time.

Pada bagian frame tengah, tablet ini menggunakan micro-arc dan memiliki bobot hanya 450 gram yang membuatnya nyaman ketika dipegang.

Performa

Tablet terbaru besutan Huawei ini ditenagai dengan chipset Kirin HiSilicon 810 yang menjanjikan kelancaran kinerja. Dilengkapi juga dengan RAM 4 GB, mampu memberikan pengalaman multitasking yang lancar.

Untuk pengolahan grafisnya, Huawei menyematkan GPU Mali-G52 kustom yang kuat mendukung GPU Turbo 3.0.

Sedangkan untuk keperluan penyimpanan, Huawei MatePad ini hadir dengan ruang penyimpanan internal seluas 64 GB.

Dengan dukungan batere 7250 mAh, tablet ini mampu bertahan hingga 12 jam untuk menonton video, 65 jam mendengarkan music, dan 7 jam bermain game 3D.

Kamera

Huawei MatePad memiliki konfigurasi satu kamera depan, yang memiliki resolusi 8 megapiksel wide angle 108 derajat. Kamera tersebut dibekali dengan fitur FollowCam yang dapat menempatkan objek selalu berada di tengah frame selama panggilan video.

Fitur ini akan sangat bermanfaat digunakan ketika melakukan teleconference untuk pengguna yang masih bekerja dari rumah (WFH) ataupun Pelajar yang masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untuk kamera utamanya, MatePad memiliki resolusi 8 megapiksel yang dibekali dengan autofocus dan flash, serta kemampuan untuk merekam video Full HD.

Tanpa Google Services

Absennya Google services di perangkat terbaru Hauwei kini bukan agi menjadi persoalan yang penting. Pasalnya, Huawei memiliki layanan mobile services (HMS) yang mampu menghadirkan banyak aplikasi popular di Android.

Lewat took aplikasi AppGallery, pengguna Huawei MatePad bisa mengunduh aplikasi yang diinginkan untuk ada di perangkatnya.

Sudah banyak aplikasi top local hadir di sini. Mulai dari kategori perbankan seperti BCA Mobile, Permata X Mobile, Akulaku, GoMobile CIMB Niaga, Digibank by DBS, DANA, PinjamYuk, Kredinesia, TunaiKita, dan AdaKami;

Sedangkan aplikasi e-commerce ada BliBli, JD ID, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, Matahari Mall, Mitra Tokopedia, Tokopedia Seller App, iLotte, dan Jakartanotebook.com. Selain itu juga ada Ruang Guru, My Blue Bird.

Selama menggunakan tablet milik Huawei ini saya sendiri tidak menemui kendala berarti walaupun MatePad tidak dilengkapi dengan layanan Google.

Untuk akun Gmail, saya bisa mengaksesnya lewat browser bawaan dari tablet Huawei ini dan berjalan dengan normal.

Tidak hanya itu, kini hadir Petal Search Widget – Find Apps, untuk mencari dan mengunduh beragam aplikasi yang diinginkan.

Pengguna matePad bisa memanfaatkan mesin pencari besutan Huawei ini untuk mencari aplikasi yang diinginkan jika belum tersedia di AppGallery.

Petal search sangat aman untuk digunakan dan akan mengarahkan pencarian aplikasi ke situs-situs penyedia aplikasi.

Fitur pendukung

Seperti disampaikan petinggi Huawei, MatePad bisa jadi teman terpercaya anak-anak untuk menavigasi dunia digital.

Untuk mendukung hal itu, Huawei MatePad telah dilengkapi dengan aplikasi Kids Corner, sebagai ruang aman bagi anak-anak untuk merasakan keunggulan dan seru-nya menggunakan sebuah tablet. Secara keseluruhan, terdapat empat fungsi yang tersedia di Huawei MatePad Kids Corner: recorder, kamera, melukis (kids painting), dan multimedia.

Dengan aplikasi ini, anak-anak bisa menuangkan kreatifitasnya dalam bentuk karya lukis yang bisa dengan mudah disimpan dan ditinjau kembali dengan multimedia folder khusus. Juga bisa menyimpan hasil rekaman suara maupun foto, juga multimedia lainnya yang orang tua bagikan untuk mereka.

Di Huawei MatePad, orang tua bisa menetapkan batasan berapa lama anak dapat menggunakan tablet, serta lama istirahat yang dibutuhkan di antara sesi penggunaan.

Orang tua juga bisa menyesuaikan halaman Kids Corner dengan menambahkan aplikasi yang bisa digunakan anak-anak ke layar. Hal ini bisa memperkaya pengalaman anak dalam menggunakan tablet secara maksimal, namun tetap terkendali.

Untuk melindungi kesehatan mata penggunanya, Huawei MatePad memiliki filter cahaya biru yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland Low Blue Light. Berkat fitur tersebut penggunaan layar tidak akan mengganggu siklus tidur penggunanya di malam hari.

Dengan sensor cahaya sekitar, tablet dapat menganalisa apabila pengguna memakai tablet dalam kondisi cahaya yang tidak optimal.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review yang dilakukan redaksi, tablet Huawei MatePad dapat menjadi teman digital keluarga yang sangat baik

Latest