Saturday, September 19, 2020
Home News Market Update Produksi iPhone 12 'Made in India', Wistron Gelontorkan Rs2.900 Crore

Produksi iPhone 12 ‘Made in India’, Wistron Gelontorkan Rs2.900 Crore

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen kontrak asal Taiwan, Wistron, telah merencanakan investasi lebih dari Rs2.900 crore di negara itu untuk meningkatkan upaya pembuatan iPhone 12 yang akan datang di India. 

Mengutip laporan Business Standard, pemasok Apple itu telah memulai uji coba proyek iPhone 12 di fasilitas barunya di dekat Bengaluru. Vendor yang berbasis di Taipe itu juga telah memulai proses perekrutan pekerja untuk hal yang sama, yang bertujuan untuk meluncurkan perangkat Apple terbaru pada pertengahan tahun depan, tambah laporan itu.

Wistron menargetkan untuk mempekerjakan 10.000 di fasilitas baru tersebut. Saat ini sekitar 1.000 pekerja telah bekerja di fasilitas tersebut.

IPhone 12 akan menjadi model iPhone ketujuh yang diproduksi di India, memberikan dorongan pada program yang dicanangkan oleh PM Modi yang menargetkan India sebagai basis produksi smartphone dunia setelah China. Apple sejauh ini melokalkan produksi lima model di India, termasuk iPhone SE (generasi pertama), iPhone 6S, iPhone 7, iPhone XR, dan iPhone 11.

Selain iPhone 12, vendor juga akan produksi iPhone SE (generasi kedua) diharapkan segera dimulai di India. Hingga saat ini, produksi iPhone yang dilokalkan hanya terbatas pada model lama dengan harga lebih murah.

Pegatron, pembuat iPhone terbesar kedua Apple, juga telah mengajukan skema pembangunan pabrik baru ke pemerintah India dan telah mendaftarkan anak perusahaannya di India untuk mendukung pembuat iPhone tersebut. Foxconn, di sisi lain, juga menginvestasikan $1 miliar di India, meskipun tidak secara eksklusif untuk Apple.

Latest