Sunday, September 27, 2020
Home Apps Instagram Resmi Gulirkan Reels, Pesaing TikTok

Instagram Resmi Gulirkan Reels, Pesaing TikTok

-

Jakarta, Selular.ID – Usai mengkonfirmasi bakal meluncurkan pesaing TikTok, Reels, Instagram secara resmi menggulirkan fitur tersebut. Kini, Reels hadir secara global di 50 negara.

“Hari ini kami mengumumkan Instagram Reels, cara baru untuk membuat dan menemukan video pendek dan menghibur di Instagram,” tulis Instagram dalam blog resminya, Jumat (7/8).

Reels sendiri diperkenalkan sebagai fitur perekaman sekaligus penyunting video pendek berdurasi 15 detik. Fitur ini terintegrasi dalam aplikasi Instagram, tepatnya pada Camera.

Pengguna dapat menyunting video dengan menambahkan beragam musik, efek AR, serta mengatur kecepatan video yang diinginkan langsung dari kamera di Instagram.

Nantinya, video yang sudah selesai dibuat dapat dibagikan di Instagram Stories, Feed ataupun secara pribadi melalui Direct Message. Itu akan hilang setelah 24 jam jika mengunggahnya di Stories, sedangkan Feeds Instagram akan tetap memajang video Reels.

Baca juga: Instagram Kepergok Mengakses Kamera di iOS 14

Serupa TikTok, Reels juga memiliki laman khusus di Explore Instagram yang memuat konten-konten. Pengguna dapat menjelajah semua konten Reels yang bersifat publik di tab tersebut.

Robby Stein, Product Drector Instagram, tak setuju bila Reels disebut mirip TikTok. Dirinya mengatakan bahwa TikTok memang menjadi pioneer aplikasi video pendek, tetapi Reels tetap tampil berbeda.

“Menurut saya TikTok lebih dihargai, karena telah mempopulerkan format video pendek.” ujar Stein, dikutip dari Theverge, Jumat (7/8).

“Tetapi pada akhirnya, tidak ada dua produk yang sama persis, begitu juga dengan produk kami (Reels)” imbuhnya.

Latest